Categories
Marketing Online Sales Web

Landing Page: Pengertian, Keunggulan, dan Cara Membuatnya

Ada banyak cara untuk menghasilkan cuan dalam bisnis online. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan landing page website. Namun, banyak orang belum memahami istilah ini. Ingin tahu apa itu landing page? Apa saja keunggulan dan cara membuatnya? Yuk, simak penjelasannya di artikel ini.

Apa itu Landing Page?

landing page
Photo by Tara Winstead on Pexels.com

Landing page atau yang dikenal juga sebagai halaman website merupakan tempat yang dibuat secara khusus untuk melakukan marketing, iklan, dan campaign. Tujuannya adalah untuk mengajak atau menarik pengunjung untuk membeli berbagai produk yang ditawarkan. Dengan adanya halaman ini, pengunjung website akan diarahkan ke kontak atau e-commerce tertentu untuk melakukan proses transaksi.

Apa saja Keunggulannya?

Banyak pebisnis online menyadari banyak keuntungan yang bisa dinikmati ketika memanfaatkan landing page situs web. Berikut ini adalah beberapa keunggulannya.

1. Meningkatkan keuntungan

landing page meningkatkan keuntungan
Photo by Ahsanjaya on Pexels.com

Salah satu keunggulan memanfaatkan halaman khusus website ini adalah keuntungan mengalami peningkatan. Di halaman ini Anda bisa meletakkan berbagai produk yang menarik dengan harga yang telah ditentukan. Dengan begitu, pengunjung menjadi tertarik untuk bertransaksi.

2. Menaikkan konversi penjualan

landing page meningkatkan konversi penjualan
Photo by fauxels on Pexels.com

Mereka yang terjun ke bisnis online menyadari bahwa menggunakan landing page website cukup efektif dalam meningkatkan konversi penjualan. Hal ini dikarenakan halaman khusus ini mudah digunakan untuk mengoptimalisasi konversi penjualan. Di halaman ini jugalah trafik pengunjung saat memulai berinteraksi dengan website dapat dipantau.

3. Mendapatkan data calon konsumen dengan mudah

memudahkan dapat data calon klien
Photo by Pixabay on Pexels.com

Halaman khusus website biasanya dilengkapi dengan fitur email. Anda bisa memanfaatkan fitur email ini untuk mencari tahu data pengunjung. Dengan mengetahui data pengunjung Anda bisa melihat gambaran umum tipe-tipe calon pembeli yang akan membeli produk.

4. Mempromosikan produk lebih efektif dengan landing page

Mempromosikan produk baru bisa dengan mudah dilakukan lewat halaman khusus di website. Di halaman ini Anda bisa mengatur letak produk bahkan jenis promosi dengan bebas. Tingkat konversi pengunjung akan naik dan konversi penjualan dapat meningkat.

5. Landing page bisa mengurangi kemungkinan calon pembeli beralih ke penjual lain

mengurangi kemungkinan calon pembeli beralih
Photo by burak kostak on Pexels.com

Adanya halaman khusus di website membantu calon konsumen untuk fokus melihat produk Anda. Perhatian mereka tidak akan teralihkan dengan produk dari kompetitor. Selain itu, kesempatan calon konsumen bertransaksi semakin besar jika halaman ini dilengkapi dengan tampilan navigasi yang sederhana.

Cara Membuat Landing Page

landing page dengan WordPress
Photo by Justin Morgan on Unsplash

Jika website Anda menggunakan WordPress, coba bisa memanfaatkan plugin gratis, seperti Beaver Builder, Elementor, dan SeedProd. Anda bisa membuat plugin halaman khusus website dengan menggunakan ketiga plugin tersebut. Berikut ini merupakan beberapa cara membuat landing page berdasarkan plugin.

Dengan Beaver Builder

  1. Instal plugin Beaver Builder dari menu Plugin di dashboard website dengan mengeklik fitur Instal Now dan Activate untuk mengaktifkan plugin.
  2. Setelah selesai, klik menu Pages dan Add New. Lalu pilih tombol Launch Beaver Builder untuk membuat halaman.
  3. Pilih desain di menu Template dan tambahkan berbagai elemen sesuai dengan kebutuhan.
  4. Kustomisasi tampilan halaman berdasarkan desain Template yang dipilih. Ubah tampilan dengan mengatur susunan, teks, atau warna jika dirasa masih kurang.
  5. Publikasi tampilan desain dengan mengeklik tombol Done.

● Dengan Elementor

  1. Pilih menu Plugin dan Add New di dashboard WordPress.
  2. Pilih Elementor Website Builder, instal dengan mengeklik tombol Install dan Activate.
  3. Setelah terinstal, pilih menu Elementor dan General. Centang pilihan menu Landing Pagespada menu Post Types dan tekan tombol Save Changes.
  4. Masuk ke menu Theme Library Elementor untuk memilih template gratis. Pilih sesuai dengan kebutuhan.
  5. Setelah memutuskan template yang akan digunakan, tekan menu Insert Now.
  6. Lakukan kustomisasi template dan klik menu Preview untuk melihat tampilan secara keseluruhan. Jangan lupa sisipkan Call To Action (CTA) yang keren dan menarik.
  7. Setelah menyelesaikan semua, publikasi halaman.

● Dengan SeedProd

  1. Instal plugin Coming Soon Page dan Maintenance Mode & Landing Pages by SeedProd dan klik tombol Activate.
  2. Pilih menu SeedProd dan Pages.
  3. Klik menu Create New Landing Page untuk masuk ke halaman template.
  4. Pilih desain template yang dibutuhkan.
  5. Setelah memilih desain template, buat judul halaman serta URL. Pastikan informasi tersebut sesuai dengan produk yang akan ditampilkan.
  6. Kustomisasi halaman sesuai dengan kebutuhan, lalu cek preview untuk melihat tampilan keseluruhan.
  7. Setelah selesai, klik tombol Publish.

Inilah informasi seputar pengertian landing page, keunggulan, serta cara membuatnya. Jangan lupa praktikkan untuk membuat tampilan halaman lebih keren dan menarik. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: