Categories
Marketing Online Web WordPress

Pemula Dalam Digital Marketing? Coba Blogging Aja

Blogging sudah tidak asing lagi di dunia internet. Hampir semua orang pernah membaca blog.

Blog merupakan website atau tulisan online berisi informasi atau pengetahuan. Bentuknya bisa berupa tulisan artikel, media visual seperti foto dan video. Sedangkan istilah blogging adalah aktivitas yang berkaitan dengan blog seperti menulis, mengedit atau memperbaharui tulisan.

Orang yang menulis blog disebut blogger.

Blog tidak langsung terkenal seperti sekarang. Dulu, blog hanya ditujukan sebagai catatan pribadi yang dipublikasikan di internet. Sebelum beralih nama menjadi blog, orang-orang lebih mengenal istilah “weblog” pada tahun 1997.

Weblog berarti proses untuk masuk ke website. Namun karena kepanjangan, disingkat menjadi blog.

Blogging Bukan Hanya Sekedar Berbagi Informasi Saja

blogging tak sekedar berbagi
Photo by Pixabay on Pexels.com

Melalui weblog, seseorang bisa membagikan informasi mereka untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. Banyak orang menggunakan strategi SEO pada blog mereka. Terutama jika kamu memiliki bisnis, disarankan untuk menggunakan website demi memperkenalkan bisnismu sehingga lebih banyak pengunjung yang datang.

Tercatat bisnis B2B yang menggunakan blog mendapat lebih banyak leads dibandingkan yang tidak menggunakan blog. Ini masuk akal mengingat blog mendapat peringkat ke-5 sebagai sumber informasi terpercaya.

Selain itu, kamu bisa menciptakan kehadiranmu di dunia maya melaluinya. Dengan blogging, orang bisa mengerti bahwa kamu adalah expert di bidangnya. Hal ini tentu menarik perhatian pembaca yang berpikir bahwa kamu memiliki pengetahuan dan skill yang memadai di bidangnya.

Kamu dapat mengangkat berbagai macam topik yang berkaitan dengan marketing, jasa, dan sales, bahkan sambil berjualan produk.

Meskipun terlihat sepele, namun blog bisa menjadi sumber penghasilanmu. Contohnya kamu sedang memulai blog tentang fesyen, kamu bisa menulis blog post tentang “Model Sepatu Terbaik untuk 2022.” Posting ini hanya merupakan satu post dari tema keseluruhan yakni bertemakan fesyen.

Melalui posting, google dapat memberikan ranking atau peringkat menggunakan variasi kata kunci. Jika peringkatmu tinggi, maka website mu muncul di halaman pertama pengguna setelah ia mengetik menggunakan keyword tertentu. Setelah membaca, mereka mungkin saja mengklik produk yang berada di website mu dan membelinya.

Contoh lainnya adalah saat ada orang yang ingin memasang iklan di website. Salah satu blog yang populer adalah blog tentang travelling. Sebagai tips blogging, kamu dapat mendokumentasikan pengalaman travelling dan berbagi tips dan rekomendasi di dalamnya.

Selain itu, kamu bisa menciptakan brand pribadi. Kalau blog kamu cukup terkenal, manfaatkanlah itu untuk menambah penghasilan. Beberapa agensi sponsor dan iklan bisa membayar kamu untuk memasangkan iklan mereka.

Blog Banyak Jenisnya

Terdapat berbagai macam blog seperti blog pribadi, blog niche, blog bisnis, blog reverse, dan blog afiliasi.

Blog Pribadi

Jika kamu ingin menuangkan kehidupan pribadi berupa hobi dan minat semacamnya, maka blog kamu tergolong blog pribadi. Blog jenis ini bercerita tentang kehidupan pribadi penulisnya. Bahkan kamu bisa bercerita tentang keluarga, pekerjaan, dan refleksi pribadi di sini.

Blog Niche

blog niche khusus
Photo by lilartsy on Pexels.com

Sedangkan blog niche akan berbicara tentang minat dan pengetahuan yang terbatas pada satu topik tertentu saja. Misal, kamu tertarik dengan teknologi, maka semua blog post akan bertemakan teknologi. Jika blog nichenya adalah kesehatan dan kebugaran, maka topik akan berkaitan dengan resep makanan bergizi, latihan kebugaran tubuh, etc.

Blog Bisnis

Untuk blog bisnis, tujuan kamu membuat blog ini agar menarik perhatian pasar melalui konten tentang bisnis yang kamu post. Kamu bisa mulai dengan menjelaskan tentang organisasi dan perusahaan melalui isi konten.

Blog Afiliasi

affiliate blogging
Photo by fauxels on Pexels.com

Blog afiliasi terus berkembang. Ini adalah blog dimana kamu menggunakan teknik pemasaran untuk promosi produk dan mendapatkan uang dengannya. Tugas kamu adalah mempromosikan menggunakan platform online agar orang mengklik link yang tertera pada postingan kamu. Untuk setiap link yang diklik, akan ada komisi atau uang yang kamu dapatkan.

Blog Reverse

Sedangkan reverse blog ditulis oleh penulis tamu dan bukan pemilik websitenya sendiri. Tulisan yang terdapat di website ini sebagian besar ditulis oleh penulis freelance. Banyak penulis freelance menggunakan jenis blog ini untuk menambah koneksi dan dikenal oleh lebih banyak orang.

Kesimpulan

Jika kamu adalah pemula dalam digital marketing, maka kamu dapat mulai dengan menulis blog. Blogging sudah ada sejak lama dan popular seiring berjalannya waktu. Melaluinya kamu bisa memanfaatkan untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. Selamat mencoba.

2 replies on “Pemula Dalam Digital Marketing? Coba Blogging Aja”

Saat ini blog bisa dijadikan digital branding dan untuk berlatih marketing.
Jadi sangat bermanfaat sekali terutama jika dimanfaatkan untuk bisnis.

Dan juga di blog bisa lebih fleksibel untuk mengekspresikan diri.

Salam kenal bang Rama

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: