Gambar/Foto ASUSPRO P450L
Opini

ASUSPRO P450LDV-WO209D: Notebook Entry Level ASUS Perkasa untuk Bisnis Anda

Notebook atau yang sering kita sebut sebagai laptop, bagi saya adalah salah satu alat kerja sekaligus alat komunikasi terpenting yang mendukung kehidupan dan bisnis saya supaya berjalan lancar dan sesuai rencana.

Oleh karenanya saya selalu memilih notebook/laptop yang berada ditengah antara kebutuhan dasar dan kenyamanan pakai, jadi tidak terlalu basic pun tidak terlalu mewah, yang pas-pas saja.

Sejak Mei 2015 lalu, setelah saya menggunakan Toshiba C55D-A5108, saya kembali menggunakan notebook keluaran ASUS. Kali ini yang saya gunakan merupakan salah satu varian dari seri ASUSPRO, dengan kode produk P450LDV-WO209D.

ASUSPRO merupakan seri notebook khusus keluaran Asus yang menyasar segmen pengguna bisnis dan profesional, di setiap variannya notebook ASUSPRO ini dilengkapi dengan pelindung Harddisk dari getaran dan guncangan untuk melindungi data-data penting yang sangat berharga bagi seorang pebisnis dan profesional.

Pertama kali notebook ini sampai di tangan saya, terus terang saya sempat tercengang, karena jujur saja ini adalah notebook dengan spek terbaik yang pernah saya punya hingga saat ini, plus yang paling mahal juga :p

Buat saya, mahal tidaknya notebook itu relatif, dan untuk kebutuhan saya notebook seharga 7 juta-an (harga bulan Mei 2015) ini sudah lebih dari cukup membantu pekerjaan dan aktifitas saya di internet.

Spesifikasi ASUS P450LDV-WO209D

Spesifikasi ASUSPRO P450L
Spesifikasi ASUSPRO P450L

Spesifikasi yang dimiliki oleh ASUS P450LDV-WO209D ini adalah:

Tipe Prosesor

Intel Core i5

Processor Onboard

Intel Ci5-4210U 1.7-2.7GHz

Memori Standar

4GB

Tipe Grafis

Nvidia G820M 2GB

Layar

14” WXGA (1366 x 768)LED Backlit

Kapasitas Penyimpanan

1TB

Wireless

IntegratedBluetooth 4.0Wifi

Antarmuka / Interface

CameraHeadphone-out/Microphone-in Combo Jack1x RJ45 LAN Jack for LAN insert1x VGA port1x USB 2.02x USB 3.0

Sistem Operasi

DOS

Optical Drive

DVD-RW

Dimensions

34.8 x 2.48 x 24.1 cm (WxHxD)

Berat

2.1 Kg

Baterai

4 Cell

Garansi

Resmi Asus 2 Tahun

Prosesor Intel ASUSPRO P450LDV-WO209D

Ini kali pertama saya membeli komputer entah itu notebook maupun desktop, menggunakan prosesor dari intel, biasanya saya akan memilih prosesor AMD yang terhitung lebih murah, namun performanya tidak kalah dengan intel, bahkan di beberapa kesempatan saya sering menemukan performa yang lebih baik dalam kelas harga yang sama.

Jadi tidak ada alasan khusus buat saya mengapa kali ini menggunakan intel.

Performa intel core i5 yang ada dalam notebook ini saya akui sangat handal memenuhi tugas-tugas komputasi yang saya berikan kepadanya.

Performa ASUSPRO P450LDV-WO209D

Bagi saya, sejauh ini ASUSPRO P450L ini sangat memuaskan kinerjanya. Dengan RAM sebesar 4GB, membuat saya bebas membuka aplikasi apapun secara bersamaan.

Program-program rekayasa foto seperti Photoshop juga sangat lancar digunakan, membuka foto-foto dengan resolusi tinggi pun tidak ada masalah dan relatif sangat cepat loadingnya, selain itu notebook ini juga tidak kalah kencang untuk me-render video-video tutorial melalui aplikasi Camtasia Studio 8 yang saya gunakan.

Kecepatan booting notebook Asus ini juga cepat, tidak lebih dari 5 detik untuk mencapai halaman desktop Windows sejak Anda menekan tombol power di sebelah kiri atas dari dock keyboardnya.

Dari sisi hiburan, menonton video HD 1080P di notebook ini begitu nyaman dan jernih gambarnya, suaranya pun sangat bagus dengan dentuman bass yang menurut telinga saya jauh lebih baik dari notebook-notebook yang pernah saya beli selama ini.

Harddisknya pun terbilang cukup baik, sangat cepat membuka maupun mencari file yang sedang dibutuhkan. Selain kecepatannya yang patut diacungi jempol adalah kapasitasnya, yaitu sebesar 1TB, sangat lega dan membuat saya tidak perlu repot-repot membawa harddisk external lagi ke mana-mana.

Untuk pembaca yang suka bermain game, notebook ini juga terbukti sangat mumpuni digunakan untuk bermain game yang memiliki requirement menengah hingga tinggi, hal ini dimungkinkan karena notebook ini didukung oleh pengolah grafis Nvidia G820M 2GB yang bersifat dedicated alias tidak dibagi-bagi dengan kebutuhan komputasi yang lain.

Gambar dan Foto ASUS P450LDV-WO209D

Berikut adalah galeri foto dari ASUS P450LDV-WO209D yang saya miliki:

Gambar/Foto ASUSPRO P450L
Gambar/Foto ASUSPRO P450L
Gambar/Foto ASUSPRO P450L
Gambar/Foto ASUSPRO P450L
Spesifikasi ASUSPRO P450L
Spesifikasi ASUSPRO P450L
Gambar/Foto ASUSPRO P450L
Gambar/Foto ASUSPRO P450L

 

Keunggulan ASUS P450LDV-WO209D

Beberapa keunggulan notebook ini ada pada kapasitas memori dan penyimpanannya yang besar, selain itu pengolah grafis yang dimiliki juga lumayan perkasa, dan yang tidak kalah penting adalah Garansi resmi yang disediakan oleh Asus Indonesia selama 2 tahun.

Kelemahan ASUS P450LDV-WO209D

Adapun kelemahannya adalah tidak adanya variasi warna, hanya tersedia warna hitam. Selain itu Anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk membeli Sistem Operasi jika Anda membutuhkan Windows dalam pekerjaan dan kebutuhan online Anda sehari-hari.

2 thoughts on “ASUSPRO P450LDV-WO209D: Notebook Entry Level ASUS Perkasa untuk Bisnis Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *