WordPress Themes
Marketing Online Web WordPress

7 Keunggulan WordPress yang Membantu Bisnis Saya Hampir 10 Tahun Terakhir Ini

2008 adalah tahun pertama saya bertemu dengan platform publikasi digital yang bernama WordPress.

Sebelum mengenal WordPress saya menggunakan Joomla, sekitar setahun saya menggunakan Joomla sebagai platform (lebih sering disebut dengan CMS – Content Management System) publikasi digital, website pertama saya saat itu adalah perawatonline.com (syedih, domainnya sempet lupa perpanjang dan akhirnya dibeli orang lain)…
iya dulu saya masih mahasiswa keperawatan saat mulai belajar membuat web, dan sangat bangga dengan calon profesi masa depannya,. *walau takdir berkata lain yaa.. ๐Ÿ˜€

Nah sejak berkenalan dengan WordPress inilah petualangan hidup saya dimulai.

Salah satu website yang pertama kali saya buat menggunakan WordPress adalah blog ramadoni.com ini, awalnya saya gunakan untuk latihan membuat website sekaligus wahana curhat jaman jomblo dulu #eeaa

Tidak lama dari saya membuat blog ini, saya bergabung ke dalam sebuah komunitas blog di Depok, namanya deBlogger.

Dalam interaksi saya di dalam komunitas blogger ini, saya berkenalan dengan beberapa orang yang berikutnya menjadi rekan bisnis, sebut saja Kakatomi, Shandyisme, dan Maula.

Sejak punya blog dan membuat bisnis, saya juga ikutan komunitas bisnis, yaitu TDA Depok. Di komunitas ini saya banyak sekali mempelajari hal-hal baru seputar bisnis, termasuk bagaimana menggunakan blog sebagai personal branding, agar kita lebih mudah dikenali di tengah hiruk pikuknya dunia bisnis dan digital.

Buat saya blog ramadoni.com ini bukan sekedar platform publikasi digital yang memuat hal-hal yang ada di kepala dan hati saya, namun juga sebagai teman yang selama hampir 10 tahun ini menemani perjalanan hidup saya.

Termasuk dalam berbisnis, blog ini punya peranan yang tidak kalah penting, ia adalah saksi bagaimana saya memulai perjalanan bisnis hingga hari ini. Juga sebagai perantara saya bertemu dengan banyak orang-orang hebat dalam dunia bisnis.

Jika Anda adalah seorang pebisnis dan membaca tulisan ini, namun belum memiliki blog, saya sangat sarankan untuk mulai lah berkenalan dengan WordPress, karena menurut saya WordPress adalah platform publikasi digital termudah yang bisa Anda pelajari untuk mulai memiliki blog Anda sendiri. Walau sebetulnya jika Anda mau belajar lebih dalam lagi, atau diserahkan ke ahlinya, WordPress ini bisa sangat membantu Anda untuk membuat e-commerce produk Anda sendiri.

Berdasarkan pengalaman yang saya rasakan hampir 10 tahun belakangan, paling tidak ada 7 keunggulan menggunakan WordPress sebagai “mesin” blog pribadi, atau bahkan sebagai “mesin” utama bisnis Anda.

1. Mudah Dipelajari

mudah dipelajari
Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Bagi Anda yang tidak memiliki background IT sama sekali, saya jamin tidak akan terlalu sulit untuk memahami fungsi-fungsi dasar WordPress.

Saya yang notabene-nya “cuma” berlatar belakang ilmu kesehatan pun bisa dengan mudah menguasai dasar-dasar dari WordPress, dan dengan pengetahuan dasar saja menurut saya sudah cukup untuk keperluan blogging sederhana.

Yang penting Anda masih memiliki semangat belajar yang cukup, karena yakinlah tanpa ada semangat belajar, hal-hal yang paling mudah dan sederhana sekalipun akan tampak sulit dan rumit bagi Anda.

2. Banyak Pilihan Themes Menarik bin Ciamik

WordPress Themes

Themes atau template ini adalah unsur dalam sebuah website berbasis WordPress yang bertanggung jawab atas tampilan visual yang akan dinikmati oleh pengunjung web. Selain tampilan visual, themes juga merupakan salah satu dari sekian faktor yang menentukan seberapa cepat website Anda saat diakses pengunjung.

Nah beruntungnya WordPress punya ribuan themes yang bisa ditemukan baik yang gratis maupun yang berbayar, biasanya themes yang berbayar lebih mudah pengaturannya dan lengkap dokumentasinya, serta ada layanan aftersales nya yang sangat berguna saat Anda memiliki masalah ketika menggunakan themes tersebut.

Selanjutnya, silahkan selera Anda yang menentukan, mau pilih themes yang seperti apa.

kalau saya boleh memberikan saran, Anda bisa menggunakan themes yang dibuat oleh:

GeneratePress

StudioPress

ElegantThemes

WPExplorer

3. Update Otomatis

santai update otomatis

Para tim dan komunitas pengembang WordPress ini sangat aktif melakukan development dalam sistemnya, sehingga akan terus mengikuti perkembangan teknologi dan semakin baik fitur yang dimilikinya.

Dan Anda tidak perlu khawatir akan selalu direpotkan dalam proses updatenya..

Karena WordPress memiliki fitur yang membuat dirinya akan mengupdate secara otomatis saat ada tambahan fitur ataupun perbaikan keamanan, tanpa kita harus repot-repot melakukan update secara manual dengan menekan tombol tertentu setiap ada update-an.

4. Scalable

scalable
Photo by Lucas Clara on Unsplash

Poin ini agak teknis sebetulnya, jadi izinkan saya untuk lebih menyederhanakannya ya…

WordPress adalah plaform publikasi digital yang paling banyak digunakan di planet bumi, yaitu sekitar 30,7% dari seluruh website yang ada di bumi menggunakan WordPress, dan beberapa di antaranya adalah web-web yang trafiknya sangat tinggi.

Jadi bila saatnya nanti bisnis Anda menjadi raksasa di negeri ini, atau bahkan regional Asia, atau justru dunia, kemudian blog atau web bisnis jualan Anda diserbu oleh ratusan ribu atau bahkan jutaan orang perbulan, Anda tidak perlu repot-repot beranjak dari WordPress, triknya adalah, pada saatnya nanti temukanlah developer yang tepat untuk mengerjakan itu.

5. Sangat Ramah SEO

SEO friendly
Photo by Caio Resende from Pexels

Struktur permalink yang dimiliki oleh WordPress sangatlah bersahabat dengan robot mesin pencarinya google.

Oleh karena nya, website Anda akan dengan mudah ditemukan oleh google, dan dengan beberapa teknik optimasi onpage yang tepat, maka website Anda bisa dengan lebih mudah tampil di halaman satu google untuk keyword-keyword tertentu yang Anda inginkan.

Selain struktur permalinknya, WordPress juga memiliki plugin cache (WP Super Cache) yang membuat website lebih ringan dan cepat saat diakses pengunjung, hal ini merupakan salah satu faktor penting yang dinilai oleh google untuk menampilkan sebuah web di halaman pertama nya. Semakin cepat waktu akses sebuah website, maka peluang untuk masuk ke halaman 1 google juga semakin tinggi.

6. Modifikasi Tampilan Tanpa Batas

kode css

Nah keunggulan ini akan sangat dirasakan bagi Anda yang mulai menyelami lebih dalam seluk beluk tampilan atau themes dari WordPress, terutama bagi Anda yang mulai tergila-gila dengan pemrograman CSS.

Bila Anda menguasai CSS pada WordPress, maka akan saya katakan bahwa batas modifikasi tampilan website Anda terletak pada ujung-ujung jari Anda yang bersentuhan dengan mouse dan keyboard PC Anda. ๐Ÿ™‚

7. Banyak Developernya

banyak web developer
Photo by burak kostak from Pexels

Apabila Anda adalah termasuk orang yang tidak familiar dalam dunia pembuatan website dan sepertinya tidak terlalu bersemangat untuk mempelajarinya lebih jauh, maka keunggulan nomor 7 ini adalah yang paling bermanfaat untuk Anda.

WordPress dibuat memang dengan pendekatan komunitas, ya walaupun tetap ada perusahaan besar di belakangnya yang bernama automattic.

Nah karena berbasis komunitas ini lah, penyebaran platform ini di kalangan programmer terasa sangat inklusif. Semua orang yang cukup memiliki motivasi dan semangat untuk bisa menguasai WordPress dari sisi teknis pemrograman web bisa dengan mudah untuk bergabung dengan komunitas yang ada.

Hal tersebut membuat di luaran, banyak progammer yang menguasai platform ini, bahkan dalam kategori ahli. Nah dengan tersedianya supply developer yang cukup, maka Anda sebagai pengguna jasa mereka bisa lebih luasa menentukan pilihan, dan tentunya harga yang ditawarkan tidak akan terlalu mahal jika dibandingkan platform lain yang jumlah developernya cukup terbatas dan sulit ditemukan.

Ketujuh keunggulan WordPress itulah yang sangat bermanfaat bagi saya pribadi, baik dalam hal membangun personal branding maupun dalam hal membangun bisnis.

Nah ada yang ingin diketahui lebih lanjut tentang WordPress? silahkan tinggalkan pertanyaannya di kolom komentar, kalau ilmu saya nyampe dan bisa jawab pertanyaannya, insyaAllah pasti saya jawab… kalaupun saya gak tau, tetep saya jawab kok, dengan jawaban “wah kurang tau, saya coba cari dulu ya…” ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *