Marketing Online Web

Yakin Website Usaha Anda Sudah Efektif ?

Semakin ke sini dunia perekonomian makin dekat dengan dunia IT, tidak hanya pengusaha-pengsuaha dari perusahaan besar yang menggunakan media internet sebagai salah satu sarana promosi mereka akan tetapi para pengusaha kategori UKM pun tak kalah melihat peluang media internet sebagai sarana untuk mempromosikan produk-produk mereka.

Namun pertanyaannya adalah sejauh mana efektifitas sebuah website bagi para pelaku UKM dalam mendongkrak angka penjualan mereka? sudahkah mereka rajin mengupdate websitenya? atau bahkan apakah ada yang kepikiran bahwa setelah punya website maka lengkap sudah usaha promosi, tanpa harus rajin-rajin nengokin lagi websitenya di kemudian hari?

kali ini saya akan mencoba untuk membahas sejauh mana tindakan yang diperlukan oleh para pengusaha UKM yang sudah mempunyai website atau bahkan yang baru ingin memilikinya untuk meningkatkan efektifitas media online tersebut, karena seperti halnya media online yang lain website pun perlu di maintain dan diupdate secara berkala dan konsisten selama usahanya memang masih berjalan.

Entah kenapa saya sekarang lebih suka memberikan pembahasan berupa poin-poin bukan berupa narasi yang terdiri dari banyak kata dalam satu paragraf yang cukup membuat jenuh, bahkan sebelum membacanya, hehe.. berikut ini poin-poin yang saya maksud:

  • Senantiasa ceritakan pengalaman Anda, pengalaman di sini adalah pengalaman Anda dalam menjalankan usaha Anda tentunya. Dan biasanya cerita pengalaman menarik ini ada di dalam sesi “blog” pada website usaha Anda, mengapa begitu penting? karena dengan cara ini akan terbangun suasana saling terbuka dan lebih mendekatkan usaha Anda kepada klien.
  • Sering-sering berikan info bermanfaat, karena tidak sedikit orang yang awalnya hanya mencari informasi eh ternyata tertarik untuk membeli di tempat kita, karena mereka merasa bahwa usaha/produk kita bermanfaat untuk hidup mereka.
  • Bangun komunikasi 2 arah, dengan cara mengaktifkan fitur komentar di dalam website usaha Anda. Karena unsur terpenting dari marketing adalah komunikasi yang terjalin antara produsen dan konsumen sehingga pesan yang ingin disampaikan pun tidak meleset dan tepat sasaran.
  • Mempromosikan website kita dimanapun berada, tapi jangan disalah artikan dengan nyepam ya, karena yang saya maksud di sini adalah mempromosikan di saat dan di tempat yang wajar, contohnya bila ikut dalam diskusi online apa salahnya meninggalkan URL website kita di akhir pendapat kita dalam forum tersebut (ingat ya URL hanya sebagai pelengkap, intinya adalah peran aktif kita dalam diskusi online-nya).
  • Jangan takut dengan cibiran online, dalam dunia usaha tentunya ada kompetitor yang kadang kala ada di antara mereka yang tidak bisa senang melihat kita sukses dan biasanya akan menyerang kita melalui media komunikasi 2 arah yang kita bangun, namun kita tak perlu takut karena itulah poin penting dalam strategi marketing terkini, yaitu kita bisa menunjukkan kepada pengunjung lain bagaimana kesungguhan kita dalam menanggapi komentar atau bahkan cemoohan yang dialamatkan kepada usaha/bisnis kita. Yang terpenting adalah hadapi dan jawab sesuai fakta yang ada dengan cara-cara yang baik dan terpelajar (jangan memakai emosi dalam menjawab cemoohan pihak lain).

Mudah-mudahan sedikit informasi di atas dapat bermanfaat bagi para pengusaha yang sebenarnya sudah mengambil keputusan yang tepat dengan memanfaatkan media online dalam mempromosikan produknya masing-masing.

4 thoughts on “Yakin Website Usaha Anda Sudah Efektif ?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *