Perubahan Itu Ada di Tangan Kita, Para Pemuda

Teruntuk Seluruh Sahabat Saya, Pemuda Indonesia…

Alhamdulillah, puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena hanya dengan izin dan hidayah-Nya akhirnya di akhir tahun 2009 ini salah satu pencapaian pribadi saya bisa saya tunaikan, yaitu untuk bisa keluar negeri, entah itu hanya untuk perjalanan wisata atau menghadiri acara-acara internasional yang berhubungan dengan entrepreneur atau pun seputar dunia IT (bidang yang saya geluti sekarang ini).

Kali pertama ini saya berkesempatan untuk menghadiri acara konferensi pemuda se-Asia Tenggara yang diselenggarakan di Kuala Lumpur Malaysia tanggal 16-17 November 2009. Acara ini mengundang 500 pemuda dari seluruh wilayah Asia Tenggara untuk bisa menjadi katakanlah penyampai pesan yang diharapkan dapat membagikan pengalaman dan manfaat yang didapat dari acara ini.

Bersama yang lainAcara ini sendiri bernama YES (Youth Engagement Summit) 2009, yang mendatangkan pembicara-pembicara inspirasional dari berbagai bidang, mulai dari sosial, entrepreneur, musik, hingga olah raga. Seluruh pembicara yang dijanjikan datang di acara ini hampir semuanya datang, kecuali Amitabh Bachan yang ternyata berhalangan hadir di acara ini. Tidak hanya pembicara inspirasional yang hadir dalam acara ini, namun juga ada semacam laporan mengenai perubahan apa yan diinginkan oleh pemuda-pemuda di masing-masing negara di Seluruh Asia Tenggara.

Perubahan dan berubah, adalah dua hal yang telah dibuktikan oleh sejarah adalah dua hal yang paling dibenci oleh manusia. Sejarah mengatakan bahwa tidak ada perubahan yang terjadi dengan mudah, semua perubahan dicapai dengan kerja keras bahkan harus dibayar darah dan nyawa seperti perubahan status negara kita dari negara terjajah menjadi negara yang berdaulat atas tanah dan airnya seperti sekarang ini. Namun ketika kondisi negara menjadi sangat rapuh seperti sekarang ini, akibat maraknya praktek korupsi; akibat bergesernya nilai-nilai budaya di kalangan pemuda Indonesia; dan sekali tiga uang dengan makin sulitnya akses pendidikan berkualitas bagi rakyat Indonesia kebanyakan yang sebagian besar berada dalam atau bahkan di bawah garis kemiskinan; Hanya satu kata yang diperlukan oleh bangsa kita yaitu “PERUBAHAN”.

Tentunya perubahan konkrit dan menuju ke arah yang lebih baik lah yang sangat diperlukan oleh Indonesia sekarang ini. Lalu pertanyaannya adalah perubahan konkrit seperti apakah yang kita butuhkan sekarang ini, atau perubahan untuk menjadi seperti apakah yang akan kita lakukan untuk mengatasi masalah-masalah bangsa yang akan terus berlarut-lartu apabila kita pemuda Indonesia sebagai generasi penerus hanya menonton fenomena-fenomena negatif tersebut tanpa mau berbuat apa-apa.

Uppss.. saya tidak akan terlalu panjang beretorika dalam postingan kali ini, karena saya akan mencoba untuk menceritakan apa yang saya telah dapatkan selama 2 hari mengikuti acara YES 2009 ini :

Pembicara pertama yang sangat menarik bagi saya adalah Biz Stone, beliau adalah salah satu founder dari Twitter.com yang sekarang sedang booming di ranah daring ini. Biz Stone mengatakan “opportunity can be manufactured” yaitu dia yakin bahwa kesempatan bukan lagi hal yang hanya bisa ditunggu kedatangannya, karena kesempatan bisa kita produksi sendiri, tentunya dengan kerja keras, kreatifitas dan kelihaian melihat peluangan usaha yang didapatkan dari pengalaman dan kegagalan yang juga tidak sedikit. Selain itu dia juga mengatakan bahwa creativity is a renewable resource, karena dia percaya bahwa tidak ada satu kreatifitas yang benar-benar baru, dan pada dasarnya dengan menggabungkan kreatifitas orang lain lalu kita membuat sesuatu yang baru merupakan sebuah kreatifitas, kemudian kreatifitas kita dalam menggabungkan itu suatu saat akan digunakan dan digabungkan juga oleh orang lain untuk membuat sesuatu yang baru, dan seterusnya. Itulah mengapa dikatakan kreatifitas merupakan sumber daya yang dapat diperbaharui.

Selanjutnya adalah Sir Bob Geldof, beliau merupakan musisi legendaris yang sekarang sukses dengan ide dan usahanya dalam mengadakan konser amal terbesar di dunia, yap.. terkenal dengan Live Aid dan Live 8-nya. Orang inilah yang menginspirasi saya untuk tetap bisa melihat keuntungan dari kekurangan yang saya punya, bukannya melihat kerugian atau kekurangan di atas kelebihan yang selama ini kita miliki. Bob menceritakan masa kecilnya yang hidup di salah satu pulau terpencil di wilayah eropa, dia merupakan salah satu keluarga yang tercatat sebagai keluarga termiskin di wilayah Eropa. tidak ada akses televisi yang masuk, hanya radio yang menggunakan gelombang pendek yang hanya bisa menangkap satu radio yang kebetulan sebuah stasiun radio rock n roll kala itu. Namun dengan segala kekurangannya itu tidak menjadikan beliau patah arang, malah sebaliknya hanya dengan akses siaran radio dan buku Bob menjadi tahu bahwa dunia (khususnya di negara berkembang atau bahkan terbelakang) sedang dihadapi oleh masalah yang sudah mengakar dan sangat perlu pertolongan, yaitu masalah kemiskinan dan kelaparan.

Kekurangan malah membuat Bob begitu bersemangat untuk bisa menggapai mimpinya sebagai musisi sukses dan suatu saat bertekad akan menolong orang-orang yang kelaparan lewat musiknya, rock n roll. Dan Bob membuktikannya di tahun 1985 dengan membuat acara konser amal yang bernama Live Aid, yang merupakan konser berskala besar pertama yang memang ditujukan untuk membantu kegiatan sosial yang bertujuan untuk mengusir bencana kelaparan di Ethiopia. Live Aid ini dilakukan secara rutin untuk selanjutnya bisa membangun negara-negara terbelakang lain yang dilupakan okeh masyarakat dunia kebanyakan saat ini. dan pada Tahun 2005 Bob berhasil menyelenggarakan acara sejenis yang bernama Live8 yang bertujuan mengajak negara-negara yang tergabung dalam G8 untuk membantu negara-negara di Afrika dengan menghapuskan hutang-hutang dan batasan-batasan perdagangan atas mereka. Dan hasilnya adalah negara-negara G8 sudah sepakat untuk melepaskan hutang negara-negara di Afrika dan mengalokasikan dana sebanyak 55 Milyar Dollar untuk membantu membangun negara-negara terbelakang di Afrika.

Selain kedua pembicara di atas ada satu lagi pembicara yang secara pribadi saya berikan standing applause di akhir penampilan mereka, yaitu Donald Trump sang entrepreneur sukses dari negeri paman sam. Donald telah membuktikan bahwa dengan kemauan yang keras dan disiplin yang tinggi kita bisa menghadapi kesulitan apapun yang mungkin akan menghadang, terbukti Donald dengan seluruh bisnisnya masih mampu bertahan ketika menghadapi krisis ekonomi global yang menyerang dunia barat beberapa kali. Donald memberikan saya 7 kunci sukses untuk menjadi seorang entrepreneur:

  1. Love what you’re doing, Donald bilang kalau kita gak mencintai apa yang kita kerjakan jangan harap kita akan mendapatkan sesuatu yang lebih dari apa yang kita lakukan sekarang ini karena tanpa cinta tidak akan ada kesabaran dan tanpa kesabaran tidak akan ada perjuangan, dan tanpa perjuangan tidaka ada usaha yang sukses.
  2. Picking good people, karena dalam mengembangkan usaha kita tidak bisa sendirian dan selalu butuh orang lain oleh karena itu pilih lah orang-orang baik (baik skill-nya, maupun karakternya) untuk diajak kerjasama dalam berbisnis
  3. Being around good people, Donald mengatakan hanya dengan cara inilah kita akan lebih mudah (bukannya mudah loh ya) dalam menemukan orang-orang baik yang bisa dijadikan rekan bisnis, dan dengan cara ini lah kita sendiri bisa menjadi seorang pebisnis yang baik.
  4. Don’t necessary trust people, watch them carefully, jadi walaupun kita sudah merasa yakin bahwa rekan/bawahan kita dalam bekerja itu baik namun tetaplah memantau setiap kegiatannya dalam bekerja dan jangan pernah biarkan orang lain mengambil keuntungan dari usaha kita dengan cara-cara yang buruk dan bertentangan dengan nilai-nilai usaha yang kita bangun.
  5. Enthusiastic, Passionate, and Never quit, yap karena menurut Donald kegagalan yang sebenarnya adalah kegagalan untuk memulai lagi setelah kita mengalami kegagalan.
  6. Be focused and Highly disciplined, yang ini susah nih jelasin ulangnya lagi… pokoknya yang saya tangkap itu segala sesuatu yang diseriuskan dan difokuskan akan lebih baik dan lebih cepat maju.
  7. Trust and believe yourself, yap inilah salah satu kunci untuk menjadi pengusaha yang sukses, kita harus percaya kepada diri kita sendiri karena tidak ada lagi yang patut dipercaya 100% selain Tuhan dan diri kita sendiri, karena bila sama ide/diri sendiri aja tidak yakin, bagaimana mungkin usaha kita bisa melaju dengan kecepatan penuh dalam perkembangannya.

dari ketiga pembicara tersebut ada satu pesan yang bisa saya tangkap, yaitu perubahan adalah sesuatu yang dibutuhkan bagi kita semua karena dengan perubahan bangsa ini bisa menjadi lebih baik, dan perubahan ini sangat memerlukan kita pemuda dengan segala kreatifitas dan ide-ide brilian serta semangat perjuangan yang dalam sejarah telah membuktikan bahwa pemuda lah yang selama ini memegang peranan penting dalam perubahan bangsa ini untuk menjadi lebih baik.

Sebenarnya masih ada beberapa pembicara lain yang juga tidak kalah menginspirasi saya dalam acara YES 2009 ini, namun akan terasa sangat membosankan apabila saya satukan dalam satu postingan ini. Oleh karena itu saya berniat akan ada tulisan-tulisan lain yang meembahas insight yang saya dapatkan, nantikan saja yah.

11 thoughts on “Perubahan Itu Ada di Tangan Kita, Para Pemuda

  1. Terima kasih oleh-olehnya Don, ulasan ini sungguh memberikan pencerahan bagi siapa pun yang membacanya.

    Habis dicharge di negeri jiran tambah semangat dong (rock)

    Oleh-oleh yang bisa di makan tetep ditunggu lho (evil_grin)(haha)

  2. mantap bro. nanti gw taruh di depan lapak, but I’ll send the corrections and have you apply them first here before I put the link up front.

  3. great !!!!!!!!!!!!!
    lo menyimpulkan semua yg lo denger..itu artinya lo nyimak !!
    ok, SD lo lulus.. thx don, for a resume ^^

  4. @mataharisenja : halah, komen pasca-mambaca nya mana nih?? (evilsmirk)

    @lukman : makasih banyak bro, cuma ini yang bisa saya berikan untuk teman-teman

    @Iman : you’re welcome, yah sayangnya gak bawa oleh2 yang bisa dimakan #sangatyakinbahwagantungankunciitubukanmakanan (lmao)

    @Baiquni : yoi gan, si om Donald inspiring banget

    @Orthanc : hayuk ditunggu koreksinya…

    @Ria_Lihay : ebuseng masih gak yakin kalo SD gw lulus apah?? (haha)

    thanks buat yang udah komen disini, semoga bermanfaat buat teman-teman…

  5. The summit was really good! and the speakers were really inspiring! like Donald Trump said There is nothing in the world without youth.

    If we want to be a successful person like him we have to Focus all the time! =)

  6. nih gwa tinggalin jejak (idiot)
    gw ga ngambil smuanya kok, cuma butuh inspirasi aja, tapi ntar ttep gwa kasih referencenya deh..(taser)(taser)(ngoding)(ngoding)(puisi)(puisi)(muhaha)(muhaha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *