Pentingnya Memiliki Prosedur Layanan dalam Berbisnis Online

prosedur layanan

Tulisan kali ini masih seputar membangun sistem dalam berbisnis, khususnya bisnis online.

Salah satu bagian terpenting dalam sebuah sistem berbisnis adalah prosedur, ketentuan, dan atau panduan dalam melayani pelanggan. Mengapa prosedur layanan menjadi begitu penting dalam bisnis kita? Paling tidak ada 5 poin penting yang bisa kita dapatkan ketika prosedur layanan serius kita buat dan jalankan di dalam bisnis kita.

1. Kecepatan melayani
Dalam melayani pelanggan apalagi bisnis online, kecepatan layanan merupakan salah satu poin terpenting yang akan menentukan kesuksesan Anda. Dengan menggunakan prosedur layanan yang tepat maka kecepatan layanan bisa ditingkatkan cukup signifikan.
Coba bayangkan, bila Anda tidak memiliki prosedur layanan yang jelas kemungkinan besar Anda akan kebingungan saat ada dua atau tiga orang yang dalam waktu hampir bersamaan melakukan order, yang mana dulu yang harus dilayani, apalagi jika jenis barang yang Anda sediakan cukup banyak sehingga memakan waktu yang cukup lama saat menyiapkan barang yang diinginkan pembeli.

2. Ketelitian melayani
Dengan prosedur layanan yang jelas, setiap order yang masuk biasanya tidak akan ada yang terlewat, begitu juga jenis barang yang ada dalam pesanannya semua bisa tercatat dan diproses sesuai urutan dan aturan tertentu yang terdapat di dalam prosedur layanan.
Oleh karena itu prosedur layanan menjadi sangat penting untuk menjaga ketelitian dalam melayani orderan pembeli, dan dengan pelayanan order yg teliti otomatis pembeli akan betah dan tidak ragu untuk membeli lagi di kesempatan berikutnya.

3. Perkiraan kebutuhan SDMĀ 
Manusia menurut saya merupakan aset yang paling bernilai dalam sebuah perusahaan. Salah sedikit saja dalam mengatur SDM, hampir bisa dipastikan bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Nah di sinilah peran prosedur layanan dalam membentuk dan mempertahankan SDM yang sudah kita miliki.
Dengan adanya prosedur layanan, karyawan menjadi lebih paham apa yang harus mereka kerjakan saat ada order masuk.
Kita sebagai pemilik bisnis pun jadi bisa mengukur dengan jelas seberapa efektif pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan, dan ketika nanti bisnis semakin besar dan semakin ramai, kita dengan mudah bisa menentukan jumlah penambahan karyawan dan posisi mana yang perlu diisi, karena semua pekerjaan yang perlu dilakukan sudah jelas terdeskripsi di prosedur layanan yang ada.

4. Mendelegasikan tugas
Sebagai pemilik bisnis tentu tanggung jawab terbesar kita adalah mengembangkan bisnis, dan dengan berkembangnya bisnis otomatis akan ada pekerjaan-pekerjaan baru yang akan kita lakukan sehingga kita perlu mendelegasikan pekerjaan lama kita.
Setelah menentukan jumlah dan posisi pekerjaan yang tepat untuk para karyawan yang membantu kita dalam menjalani bisnis, maka selanjutnya kita juga bisa mulai mendelegasikan tugas atau pekerjaan yang semula kita kerjakan ke orang lain sesuai dengan prosedur layanan yang sudah dibuat.

5. Evaluasi perkembangan bisnis.
Seperti yang sudah saya sebutkan di poin sebelumnya bahwa tanggung jawab pemilik bisnis adalah mengembangkan bisnisnya, maka prosedur layanan bisa menjadi salah satu parameter perkembangan bisnis yang selama ini dilakukan.
Pemilik bisnis harus bisa melihat apakah semua prosedur layanan sudah dijalankan dengan baik, dan apakah prosedur layanan yang dibuat sudah semakin memudahkan pelanggan saat melakukan order dan bagaimana feedback pelanggan tersebut? Selain itu pemilik bisnis juga harus bisa menemukan solusinya apabila prosedur layanan yang digunakan saat ini ternyata masih memiliki kelemahan.
Dengan begitu, bisnis yang dilakukan selama ini menjadi lebih mudah untuk dievaluasi, sehingga solusi-solusi yang dibutuhkan juga akan lebih mudah ditemukan dan direncanakan untuk perbaikan selanjutnya.

Itulah beberapa poin yang bisa kita dapatkan setelah memiliki prosedur layanan yang jelas dalam bisnis online yang kita jalankan saat ini. Sudahkah Anda membangun prosedur layanan dalam bisnis Anda?

Ramadoni – Tukang bersih-bersih Afrakids
Cilandak, 7 Januari 2015

One thought on “Pentingnya Memiliki Prosedur Layanan dalam Berbisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *