Cara Cerdas Melayani Pelanggan dalam Bisnis Anda (Part 1)

Assalamu’alaykum… semangat pagi…

Apakah selama ini Anda sudah memberikan yang terbaik bagi pelanggan Anda?

cara melayani pelanggan

melayani pelanggan via hexagonconsulting.co

Kali ini saya ingin membahas mengenai layanan pelanggan secara umum, apakah Anda sudah memahami apa itu melayani/service dalam makna yang sebenarnya?

Menurut saya inti dari melayani adalah interaksi, tanpa interaksi mustahil Anda bisa melayani. Lalu pertanyaannya interaksi seperti apa yang diharapkan oleh pelanggan Anda?

Interaksi juga memiliki inti, yaitu komunikasi. Komunikasi adalah sebuah proses perpindahan informasi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok atau sebaliknya, juga antara kelompok dengan kelompok yang bertujuan untuk saling terhubung satu dengan yang lainnya.

Coba Anda baca lagi kalimat di atas, ada satu kata yang bisa kita garis bawahi sebagai inti dari inti yang akan saya bahas dalam tulisan ini, yaitu “terhubung” atau bahasa bule-nya connected.

Untuk menciptakan sebuah hubungan, apapun jenisnya, ada satu syarat mutlak yang tidak bisa ditawar-tawar yaitu saling menguntungkan. Yang berarti juga bahwa dari salah satu pihak harus ada yang mulai menawarkan keuntungan terlebih dahulu kepada pihak lainnya supaya terjadi interaksi di awal sebuah hubungan.

Keuntungan yang saya maksud di atas bukan keuntungan secara finansial, melainkan keuntungan yang dirasakan oleh hati dalam bentuk penghormatan, keramah-tamahan, atau bisa juga berupa kenyamanan dalam berkomunikasi itu sendiri.

Contoh,
Posisikan diri Anda sebagai seorang calon pembeli yang baru saja nge-add pinBBM salah satu olshop.
Mana yang akan lebih membuat Anda nyaman, senang dan penasaran ingin berinteraksi lebih jauh dengan olshop tersebut:

  1. Si admin olshop menerima request Anda, kemudian langsung memberikan list produk-produk promo olshopnya, tanpa menyapa Anda terlebih dahulu.
  2. Si admin olshop menerima request Anda, kemudian tidak ada tindakan apa-apa, seolah tidak ada yang terjadi.
  3. Si admin olshop menerima request Anda, kemudian menyapa Anda secara personal seperti ini “Salam mbak/bu/mas/pak (menyebut nama Anda), terimakasih sudah add BBM olshop kami, saya siap membantu keperluan mbak di olshop kami, kira-kira apa yang bisa saya bantu untuk mbak/bu/mas/pak (nama Anda disebut kembali) ?”

Saya yakin no.3 adalah respon terbaik yang akan membuat Anda nyaman dan ingin melanjutkan interaksi dengan olshop tersebut.

Contoh di atas hanyalah sedikit dari sekian banyak bentuk layanan yang bisa Anda berikan secara maksimal kepada para pelanggan maupun calon pelanggan Anda. Masih ada beberapa contoh layanan lain yang akan saya coba bahas di postingan blog ini selanjutnya. Jangan sampai ketinggalan ya… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *