ASUS X45U : Notebook Murah Meriah, Membuat Senyum Membuncah

Setelah sukses membuat review abal-abal mengenai ASUS X43U yang sudah saya lengserkan ke adik saya -bahkan dia udah beli lagi notebook baru, sangking hinanya itu notebook-, kali ini saya akan coba me-review sebuah produk yang saya gunakan juga selama kurang lebih dua tahun belakangan ini.

Dia adalah ASUS X45U, tapi sebelum saya memulai menceritakan lebih lanjut saya ingin menjelaskan bahwa produk yang saya beli satu tahun lebih lalu ini merupakan varian VX057D. Jadi nanti gak usah ada yang komentar “ah yang bener ni gan, spek ane blablabla kok, jangan nipu gan”  ya… :p

Performa ASUS X45U

Oke, kembali ke laptop. Yuk kita coba mulai dari prosesornya, berikut tampilan skrinsyut dari CPU-z:

spesifikasi prosesor asus x43u

spesifikasi prosesor asus x43u

Dari skrinsyut di atas sudah bisa dilihat bahwa ASUS ini sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan aplikasi office hingga desain/olah foto sederhana yang menggunakan photoshop. Ingat ya yang saya katakan adalah kebutuhan desain sederhana, jadi jangan coba gunakan notebook ini untuk mengerjakan desain rumit dengan resolusi gaban yang biasa digunakan untuk mendesain baliho kampanye seukuran gaban juga, dijamin berat dan nge-save nya butuh waktu yang cukup lama untuk menghabiskan seporsi soto betawi di pondok pinang *jadi laper*.

Saya sendiri menggunakan notebook ini hanya untuk keperluan administrasi dan sistem POS sederhana yang dipakai sehari-hari untuk mengurus pendaftaran agen baru, pemesanan, dan pencatatan penjualan di Afrakids. Baterai yang digunakan juga cukup tahan lama, yaitu sekitar 3-4 jam dengan beban kerja yang saya sebutkan tadi.

Kalau dari sisi entertainment, notebook ini cukup bisa mengeluarkan suara yang baik saat saya mendengarkan lagu-lagu cadas murottal dari syeikh Al-Afasy kesukaan saya, berkat speaker besutan dari Altec Gembrot Lansing yang terpasang di bagian atas keyboard. Selain speaker, berkat dukungan teknologi APU dari AMD (googling aja kalau belum tahu), tampilan grafis notebook ini sudah lebih dari cukup buat saya untuk menjalankan file film yang memiliki resolusi 1080p tanpa nge-lag (gak ketemu pengganti isitilah “nge-lag”) dengan catatan menggunakan aplikasi player yang tepat, saya menggunakan Media Player Classic .

Tidak seperti pendahulunya (ASUS X43U), notebook ini cukup nyaman saat membuka file-file foto dengan resolusi besar namun untuk performa editingnya belum bisa dikatakan istimewa.

Bagi Anda yang ingin mencari notebook dengan fitur cukup lengkap dan bisa mengakomodasi kebutuhan kreatif sederhana Anda, maka notebook ini bisa menjadi pilihan yang tepat dengan harga yang tidak mencekam urat. Seperti yang saya bilang di judul tulisan ini, ASUS X45U merupakan notebook murah meriah yang bisa membuat senyum Anda membuncah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *