ASUS X43U : Tampang NoteBook, Otak NetBook

Cukup sedih bila mengingat asal-usul hadirnya notebook ASUS X43U ini di dalam tas ransel saya. Bagaimana tidak, karena dengan hadirnya si-ASUS berarti selesai sudah kisah yang sekian tahun telah saya rajut bersama si-ACER tercinta *emot nangis guling-guling*.

Ah, terlalu perih bila harus mengingat si-ACER, lebih baik kita telusuri saja siapa itu ASUS X43U.

Ya, laptop yang murah meriah ini memang cukup menggiurkan bila dinilai dari harganya. coba deh pembaca ngecek di toko-toko komputer online, maka pembaca akan tau betapa miringnya harga laptop ini, ya, cuma sekitar 3 juta-an, biasanya yang harga segini ya cuma netbook bukannya notebook. Keheranan pembaca juga mungkin akan bertambah setelah berulang kali melihat mereknya, yap pembaca gak salah lihat kok, ini salah satu laptop teranyar keluarannya ASUS.

“Kok bisa ya ASUS punya produk semurah ini? jangan-jangan barang blackmarket nih?” itu yang pertama kali terpintas di benak saya, saat adik saya telepon dari pusat perbelanjaan komputer di mangga dua Jakarta. Kontan saja saya bilang “Bungkus dek…!!!”

Akhirnya sampai lah notebook ini ke tangan saya, kesan pertamanya sangat-sangat menggoda, modelnya begitu elegan dengan warna cokelat gelap dan dimensi yang relatif tipis bagi saya (dibandingin sama body ACER saya yang lama). Wah beruntung sekali saya pikir bisa mendapatkan produk ASUS dengan harga yang menarik begini.

Tapi kemudian kecurigaan saya datang, dan kembali melihat buku petunjuk dari produk yang baru sampai ini, dahi saya cukup mengerenyit karena membaca spek prosesor yang digunakan oleh produk ini yaitu clock speednya cuma 1GHz karena tertulis “AMD Dual-Core Processor C-50 (1.0 GHz, Cache 1 MB) “, saya belum ambil pusing karena saya pikir kalo ini dualcore ya lumayanlah kinerjanya gak bikin makan hati di kemudian hari.

Lalu keesokan harinya setelah saya bisa mendapatkan akses internet dan melihat ke website ASUS , kembali jiwa saya terguncang #halah karena rupanya prosesor c-50 tersebut selalu dipakai di jajaran netbooknya ASUS yang sangat eksis itu (eee PC), ah akhirnya terjawab sudah rahasia dibalik harga yang sangat menarik itu, rupanya laptop ini dibuat untuk entry-level class. Berikut beberapa catatan saya mengenai kinerja laptop ini (masih bingung harus manggil doi netbook atau notebook):

  1. untuk booting win 7 memang terasa agak lama (maklum otak netbook)
  2. nyaman digunakan untuk menonton koleksi film-film hasil unduhan dari indowebster  😛
  3. suara yang dihasilkan juga bagus, volume suaranya juga cukup besar (altec lansing gituloh)
  4. masih nyaman digunakan untuk ketik-mengetik sambil dengerin music, gak ada masalah dengan kinerja harddisk-nya (bukan SSD soalnya)
  5. untuk membuka file-file foto ukuran besar (hasil dari DSLR 10MP ke atas) kurang nyaman, lambat
  6. ketika membuka adobe photoshop,…. (gak usah ditanya lah ya lamanya kayak apa… zzzzz)
  7. nah yamg terakhir saat shutting down-nya, sama aja kayak waktu booting, lamaaa

 

Pada intinya laptop ini cukup mumpuni untuk sekedar melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan seperti pengetikan dengan office dan juga masih nyaman digunakan untuk menonton film dan mendengarkan musik, namun bagi pembaca yang punya hobi fotografi atau photo editing saya sarankan untuk beli notebook beneran (jangan yg banci begini, rempong cyyiinnn buat edit2 foto :D)

sekian review yang amat sangat tidak propesional (pake P), semoga manfaat dan ingat, waspadalah…waspadalah…!!! 🙂

*update:

Review terbaru saya untuk produk ASUS, kali ini notebook ASUS X45U yang saya bongkar hingga ke akar-akarnya, bisa dibaca di sini.

105 thoughts on “ASUS X43U : Tampang NoteBook, Otak NetBook

  1. kalau buat maen game bagus banget gua cobak buat main Call Of Duty Modern Warfare 2 masih kuat kok masih lancar cuman agak lama pas loading……
    NB:masih belum upgrade-an

  2. Lptop gua asus x43U. Ram 1 gb.
    Gua pakek maen pes 2012, GTA SA, NFS Most wanted, ama Underground 2.. Lancar2 aja tuh.. Kcuali untuk pes kadang lancar kadang nge-lag.. Pdahal gua udah pakai game booster

  3. siapa bilang asus x43u kinerjax nga bagus…
    buktinya laptop saya seperti it spekx procesor e350.ram 4gb vga radeon…
    kinerja bgs wktu shot down n booting kecptnya sktr 15detik prosesx selesai,padahl ada banyak aplikasi yang saya psang ct pes2013,need for speed terbaru,resident evil 5 ,apliksi2 multimedia ct coral video studio pro x6 ,sony vegas pro,pinacle video spin,n photoshop c6 dan masih byk lgi software2 yg sya instal…tapi laptop saya kinerjax nga jelek lancr2 aja….
    tpi itu semua wlauopn laptop qt spekx renda tpi klu qt mempunyai skil dlm mengotak atik sistem dri laptop pasti itu akn berhasil…
    kbtl jga saya kulia di jurusan teknologi informasi dan komunikasi jdi sya bsa mengotak atik sistem2 tersbt..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *