Categories
Marketing Online Web

Cara Memilih Hosting untuk Website Bisnis Anda di Tahun 2021

Hosting adalah tempat di mana file-file yang berisi data-data website tersimpan, data-data tersebut haruslah bisa diakses dengan cepat dan tepat oleh para pengunjung website.

Alasan Kenapa Anda Memerlukan Hosting yang Baik

Sesuai dengan penjelasan tentang apa itu hosting, kita bisa mengetahui bahwa cepat atau tidaknya sebuah website saat diakses sangat bergantung kepada kualitas layanan hosting yang ada di belakangnya.

Semua website bisnis pasti memiliki layanan hosting yang bekerja di belakangnya, hanya saja untuk website-website bisnis tertentu yang trafiknya sudah sangat besar, layanan hostingnya dikerjakan sendiri oleh tim internal perusahaan bisnis tersebut. Contohnya adalah raksasa internet seperti google dan facebook, mereka punya datacenter yang mereka miliki dan kelola sendiri.

Biaya yang dibutuhkan dalam menjalankan layanan hosting sendiri sangatlah besar, oleh karena itu tidak semua perusahaan bisa mengoperasikan sendiri datacenter/layanan hosting untuk websitenya, dan sangatlah bijak untuk menyerahkan urusan layanan hosting ke perusahaan lain yang memang fokus bisnisnya adalah melayani kebutuhan hosting.

Tugas Anda adalah memilih perusahaan penyedia layanan hosting mana yang baik dan cocok dengan website bisnis Anda.

Jenis-jenis Hosting

Hosting sendiri terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan sesuai dengan tingkatan penggunaan servernya.

Duh apa pula itu server?

Sederhananya server adalah komputer yang tugas utamanya adalah sebagai “gudang” dan “kios” nya data-data website. Jadi fungsi utama server ini adalah menyimpan data dan menampilkannya saat pengunjung datang ke sebuah website.

Shared Hosting

Hosting jenis ini merupakan yang paling murah dari semua jenis hosting yang Ada.

Karena shared hosting ini menggunakan satu fisik server yang digunakan untuk melayani puluhan bahkan ribuan website dalam waktu yang bersamaan.

Karena dipakai secara berjamaah inilah, maka biaya operasionalnya ditanggung bersama, sehingga bisa lebih murah.

Kelebihan shared hosting:

  • Lebih terjangkau harganya.
  • Tidak repot konfigurasi server, sudah dikerjakan oleh penyedia layanan.
  • Control panel nya lebih sederhana dan mudah dipahami.

Kekurangan shared hosting

  • Kecepatan akses lebih lambat.
  • Resource server dibagi-bagi ke tiap akun dengan tidak merata
  • Bila website lain dalam satu server berbuat nakal, website kita kena getahnya juga.
  • Lebih banyak dibatasi saat menggunakan resource yang ada.

Virtual Private Server (VPS Hosting)

Konsep VPS Hosting mirip-mirip dengan Shared hosting, yaitu satu fisik server digunakan bersama-sama oleh beberapa akun.

Namun secara teknis VPS Hosting jauh berbeda dengan shared hosting, karena VPS menggunakan teknologi virtualisasi, yang membuat satu fisik server dibagi-bagi menjadi beberapa server virtual yang resource nya tersedia secara dedicated atau spesial atau khusus hanya untuk satu akun saja.

Secara harga, VPS tentu lebih tinggi dari shared hosting. Namun performa layanan yang Anda dapat sepadan dengan harganya

Kelebihan VPS dibanding Shared Hosting:

  • Penggunaan resource server lebih bebas.
  • Bisa menentukan sendiri Operating System yang digunakan.
  • Kecepatan dan performa aksesnya lebih handal

Kekurangan VPS dibanding Shared Hosting:

  • Anda harus paham tentang konfigurasi server.
  • Control panelnya lebih kompleks dan relatif sulit dipahami oleh pemula.
  • Harga relatif lebih mahal daripada shared hosting.

Dedicated Server

Hosting jenis ini merupakan tingkatan paling atas dalam layanan penyewaan hosting, karena satu fisik server hanya Anda sendiri yang menggunakan.

Seluruh resource server ditujukan hanya untuk Anda seorang, dan Anda bebas menggunakan resource yang ada untuk keperluan apapun.

Kelebihan Dedicated Server dibanding VPS:

  • Performa cukup jauh melampaui VPS.
  • Kekuatan server bisa Anda gunakan sendiri, tanpa perlu berbagi dengan pengguna lain
  • Kalau ada kerusakan pada server, pihak penyedia hosting lah yang akan bertanggung jawab

Kekurangan Dedicated Server dibannding VPS:

  • Biaya sewa lebih tinggi dari VPS
  • Pengetahuan yang diperlukan untuk setting harus lebih dalam.
  • Tidak cocok bagi pemula.

Cloud Hosting

woman standing while carrying laptop
Photo by Christina Morillo on Pexels.com

Cloud hosting merupakan teknologi terbaru dalam dunia hosting, teknologi cloud memungkinkan lebih dari satu server saling terhubung membentuk server virtual yang memiliki performa gabungan dan saling menjaga satu sama lain.

Saling menjaga artiya, bila salah satu server fisik down, maka server virtual akan tetap menyala dan tugas yang dikerjaka oleh server down tersebut dialihkan ke fisik server lain yang masih ada.

Teknologi ini pada suatu titik memungkinkan SLA uptime hosting mencapai 100%, yang artinya, dijami TIDAK PERNAH down.

Saya menemukan ada dua jenis layanan cloud hosting di pasaran yaitu cloud shared hosting dan cloud VPS Hosting.

Definisi keduanya persis dengan yang sudah dijelaskan pada bagian artikel sebelumnya, Cuma yang membedakan adalah infrastruktur fisik servernya, untuk cloud hosting secara fisiknya berjalan di lebih dari satu fisik server.

Menentukan Lokasi Server yang Sebaiknya Kita Gunakan

model figure standing on map
Photo by slon_dot_pics on Pexels.com

Selain tingkatan penggunaannya, Anda juga perlu tau lokasi di mana server atau datacenter tempat layanan hosting website bisnis Anda berasal.

Lokasi server juga sangat menentukan kecepatan akses website Anda, pengunjung tidak suka dengan website yang lambat dan kurang responsif saat diakses. Tentu Anda tidak ingin mengecewakan pengunjung web bisnis Anda, bukan?

Sebelum menentukan lokasi datacenter atau server yang akan gunakan, Anda harus mengetahui mayoritas pengunjung website bisnis Anda berasal dari mana, apakah di dalam negeri atau di luar Indonesia?

Jika target market bisnis Anda mayoritas ada di dalam negeri, maka pilihan terbaik adalah menggunakan layanan hosting yang datacenter nya di dalam negeri.

Jika target market bisnis Anda justru dari luar negeri, maka Anda bisa memilih layanan hosting yang datacenter nya terletak di luar negeri seperti Amerika ataupun Eropa.

Namun bila Anda memiliki target market dengan komposisi yang hampir seimbang antara dalam maupun luar negeri, saya sarankan Anda memilih datacenter yang terletak di Singapore.

Datacenter di singapore ini cukup menjadi pilihan, karena bila diakses oleh pengunjung dari Amerika atau Eropa lumayan lebih cepat dibandingkan dengan datacenter di Indonesia.
Sebaliknya, bila diakses dari dalam Indonesia, walaupun tidak secepat datacenter Indonesia, bisa jauh lebih cepat dibandingkan dengan datacenter di Amerika dan Eropa.

Jadi dalam memilih lokasi datacenter/server layanan hosting, Anda harus lebih dulu mengetahui target market Anda ada di mana.

Cara Menentukan Layanan Hosting yang Tepat

Perusahaan penyedia layanan hosting di Indonesia sudah banyak sekali.

Mulai dari yang spesialisasinya hanya menyewakan space datacenternya saja, dan Anda harus menyediakan sendiri fisik servernya (Colocation Service). Ini bisa dibilang salah satu industri hulu nya dunia hosting.

Sampai dengan para reseller hosting, yang sebetulnya mereka tidak menjalankan server fisik apapun namun hanya menyewa server virtual, baik berupa VPS atau bahkan hanya menyewa paket reseller hosting (shared hosting yang diijinkan untuk menjual kembali), dan menyediakan seorang CS (biasanya ownernya sendiri) untuk melayani pertanyaan atau kebutuhan klien.

Lalu penyedia layanan hosting mana yang harus Anda pilih?

Perhatikan entitas bisnisnya

Jika Anda ingin mulai serius melakukan promosi online bisnis Anda melalui website, maka pilihlah penyedia hosting yang bentuknya sebuah perusahaan, sebisa mungkin jangan perorangan kecuali Anda kenal secara personal dan Anda tahu dedikasi bisnisnya sangat tinggi untuk melayani kebutuhan website bisnis Anda.

Performa CS

Customer Support merupakan harga mati di industi hosting yang menurut saya jangan pernah Anda tawar-tawar.

people working in a call center
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels.com

Maksudnya adalah, CS yang kompeten dan cekatan merupakan hal yang wajib dimiliki oleh perusahaan hosting yang Anda gunakan.

Anda bisa cek dulu sebelum membeli dengan menyapa dan bertanya-tanya melalui fitur chat yang biasanya ada di website para provider hosting ternama.

Dari situ Anda bisa melihat secepat apa CS menjawab dan sejauh mana pengetahuan atas produk yang mereka sediakan, serta apakah supportif terhadap Anda sebagai calon klien.

Karena perusahaan hosting kelas dunia sekalipun, dalam perjalanannya ada saja masalah teknis saat kita gunakan layanannya, dan peran CS membantu kebutuhan saat masalah terjadi sangatlah besar dan berguna bagi Anda.

Harga Wajar

Anda bisa membandingkan soal harga ini di banyak provider-provider ternama, dan biasanya tidak akan terpaut jauh untuk layanan yang sejenis.

Saya sarankan untuk tidak memilih harga yang sangat murah dan terpaut cukup jauh dari pasaran produk sejenis, karena pastilah ada yang dikorbankan, entah itu performa servernya sendiri atau performa layanan CS nya.

Tanyakan kepada diri Anda sendiri, apakah Anda siap mengorbankan datangnya peluang bisnis baru hanya untuk menghemat operasional yang tidak seberapa.

Baca Review Kliennya

man in blue suit holding pink folder
Photo by RODNAE Productions on Pexels.com

Memang kadang review ini bisa dibuat-buat dan tidak menunjukkan kondisi yang sebenarnya, namun Anda jangan sampai menutup mata bahwa review klien juga bisa dijadikan pertimbangan sebelum Anda memilih.

Anda bisa tanya ke teman-teman pebisnis lain yang Anda kenal, di mana mereka menaruh hosting website nya, kemudian tanyakan pengalamannya selama ini.

Anda akan mendapatkan bermacam-macam review yang bisa jadi pegangan sebelum memilih penyedia dan produk hosting yang tepat untuk website bisnis Anda.

Kesimpulan

Memilih penyedia hosting untuk website bisnis Anda memang bukan hal yang bisa dianggap sepele.

Anda harus memahami secara luas apa itu hosting dan jenis-jenisnya sehingga Anda bisa mengetahui produk hosting mana yang cocok untuk kebutuhan Anda saat ini.

Pilihlah hosting yang memiliki performa layanan dan review terbaik, dibarengi dengan harga wajar yang masih bisa Anda bayar.

Jangan terjebak dengan penawaran-penawaran hosting yang terlalu murah tanpa dibarengi dengan bukti performa server dan layanan supportnya.

Semoga artikel tentang bagaimana memilih hosting ini bisa menambah pengetahuan Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan hosting website terbaik dengan harga yang terjangkau untuk bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: