Tentang Asa Bersama Suzuki Karimun Wagon R

Kemarin saat berbincang mengenai masa depan bersama istri, ada topik menarik yang kami bicarakan, yaitu tentang kendaraan roda empat yang selama ini belum menjadi prioritas bagi keluarga kecil kami.

Selama ini kami sudah cukup nyaman dengan hanya memiliki satu kendaraan roda dua yang saya beli saat usia pernikahan kami baru menginjak 3 bulan. Namun di usia pernikahan kami yang sudah menjelang dua tahun kebutuhan untuk memiliki kendaraan roda empat semakin terasa, terutama saat salah satu orang tua kami membutuhkan kendaraan yang cukup nyaman untuk pergi ke dokter/rumah sakit.

Akhirnya saya dan istri mencoba mencari informasi tentang kendaraan roda empat yang menurut kami pas dengan kondisi keuangan dan kondisi jalan di kota tempat tinggal kami dan orangtua yaitu Depok dan Jakarta yang macetnya sudah menjadi cerita di mana-mana.

Hadirnya LCGC cukup membuat kami dilema pada mulanya, karena kebijakan tersebut hampir pasti membuat jalanan tambah macet saja dari hari ke hari, namun apa mau dikata kebutuhan keluarga kami akan kendaraan roda empat semakin tinggi. Akhirnya LCGC berubah menjadi angin segar bagi kebutuhan keluarga kami.

Setelah mencari informasi mengenai beberapa kendaraan roda empat yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kami, pilihannya jatuh kepada Suzuki Wagon R. Beberapa kelebihan Suzuki Karimun Wagon R yang membuat kami kepincut adalah:

Lebih lega dibanding kendaraan lain di kelasnya

Kalau dilihat Suzuki Karimun Wagon R ini cukup antimainstream karena menggunakan format yang berbeda dengan LCGC yang lain, Suzuki Wagon R berbentuk lebih kotak yang memanjang ke atas sehingga lebih lega ruang kabinnya.

karimun wagon r lebih lega

Selain itu posisi pengemudinya juga lebih tinggi, sehingga pandangan sang supir pun menjadi lebih lega ke segala arah membuat keamanan lebih terjaga bagi penumpangnya. Belum lagi pintunya yang bisa terbuka selebar 77 derajat membuat lebih mudah bagi orangtua kami yang berusia cukup lanjut untuk menaikinya.

Penyimpanan di bawah tempat duduk

Sepanjang pengetahuan saya, tidak banyak mobil yang mempunyai fitur ini, kecuali mobil-mobil kelas menengah ke atas seperti Mitsubishi Grandis contohnya. Tapi rupanya Suzuki Karimun Wagon R yang harganya sangat bersahabat dengan kantong keluarga kami ini mempunyai fitur cerdas tersebut.

Penyimpanan yang berada di bawah tempat duduk ini menjadi salah satu solusi bagi mobil yang ukuran bagasinya tidak terlalu besar seperti Suzuki Wagon R ini, satu lagi langkah cerdas antimainstream dari suzuki yang patut kita apresiasi.

penyimpanan bawah kursi karimun wagon r

Plat Bodinya Lebih Tebal

Suzuki merupakan salah satu pabrikan mobil terbaik dari Jepang yang terkenal dengan kualitas plat bodinya, terbukti karena dulu kakek saya pernah mempunyai Suzuki Carry yang dijadikan angkot di wilayah Jakarta olehnya, dari tahun delapan puluhan hingga 2004 akhir beliau pensiun dan kemudian mobilnya dijual belum ada tanda-tanda plat mobilnya berkarat. Padahal mobil tersebut sudah berulang kali keluar masuk bengkel ketok magic akibat penggunaannya sebagai angkot yang kita tahu cukup “asal-asalan” supirnya.

Begitu pun dengan Suzuki Karimun Wagon R ini yang menggunakan plat lebih tebal untuk memperkuat bodinya, saya rasa akan sekuat mobil kakek saya dulu, akan tetapi dengan penggunaan plat yang lebih tebal ini menjadikan bobot Suzuki Wagon R  lebih berat ketimbang LCGC lain yang bobotnya tidak lebih dari 800 kg, Suzuki Wagon R memiliki bobot 835Kg.

Mesin yang terbuat dari Alumunium dan beremisi rendah

Suzuki Karimun Wagon R menggunakan mesin K10B generasi terbaru berkapasitas 998cc, mesin ini terbuat dari alumunium untuk mengurangi bobot kendaraan akibat penggunaan plat bodi yang lebih tebal. Mesin 3 silinder yang sudah menggunakan teknologi injeksi ini  menghasilkan tenaga sebesar 80 Ps dengan torsi 90 Nm dan menggunakan Metal Timing Chain dimana mesin digerakkan dengan rantai besi sehingga biaya perawatan menjadi lebih murah dan tahan lama dibanding menggunakan bahan belt karet.

Emisi gas buangnya juga sangat rendah di angka 109 g/km, hampir mendekati mobil yang cukup jauh lebih mahal yaitu Mitsubishi Mirage yang memiliki emisi gas buang dibawah 100 g/km. Jadi siapa bilang mobil yang ramah lingkungan adalah selalu mobil yang harganya lebih mahal.

mesin karimun wagon r

Lebih aman dari pencurian dengan Immobilizer

Kasus curanmor di perkotaan, khususnya di tempat keluarga saya tinggal yaitu Jakarta dan Depok sudah semakin mengkhawatirkan. Namun dengan adanya fitur pengaman baru yang disebut dengan Immobilizer milik Suzuki Karimun Wagon R ini, resiko pencurian terhadap mobil ini menjadi semakin kecil.

Immobilizer adalah teknologi pengaman kendaraan yang memiliki kode elektrikal, kode ini langsung terhubung dengan ECU, sehingga jika ada yang melakukan duplikasi kunci tanpa chip khusus di dalamnya, maka dapat dipastikan kunci tersebut tidak dapat digunakan sama sekali untuk menghidupkan mobil kecuali dengan kunci bawaan pabrik.

Pengingat untuk mengganti gigi/oper persneling

Masih ingat dengan game balapan berjudul Need For Speed Underground dalam setiap drag race di game tersebut akan muncul pengingat atau indikator untuk mengganti gigi agar mesin tidak terlalu panas dan kecepatan plus akselerasi yang didapat bisa maksimum untuk memenangkan lomba di game tersebut. 😀

Walaupun Suzuki Karimun Wagon R ini bukan mobil balapan, namun mobil ini juga memiliki fitur cerdas seperti yang ada di game balapan tadi, biasa disebut dengan Gear Shift Indicator. Fitur ini berfungsi untuk membantu pengemudi menentukan waktu yang tepat untuk mengganti gigi/oper persneling agar kinerja mesin lebih efisien dan lebih irit bahan bakar.

gear shift indicator karimun wagon r

 

Kualitas audio yang di atas standar

Saya memang belum mendengarnya sendiri melalui telinga saya, namun dari apa yang saya baca dari salah satu majalah otomotif online milik teman saya ini, Suzuki Karimun Wagon R khusus untuk tipe GX ini memiliki kualitas audio yang di atas rata-rata kompetitornya karena sudah dibekali dengan head unit double din dengan koneksi USB dan Aux.

 

lomba blog suzuki karimun wagon r

Bagi saya pribadi, kelebihan-kelebihan Suzuki Karimun Wagon R yang saya sebutkan tadi sudah lebih dari cukup. Saya membayangkan keluarga kecil saya kelak akan semakin bertambah kebahagiaannya saat ditemani mobil ini, bahagia karena menggunakan mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kami, juga bahagia karena sudah ikut menjaga kelestarian alam dengan menggunakan mobil yang sangat efisien dan beremisi rendah ini.

Ah semakin ingin saya meminang kendaraan roda empat ini untuk menemani aktifitas keluarga saya. Apakah Anda juga tertarik dengan kendaraan ini? atau punya komentar dan penilaian khusus tentangnya? Silahkan gunakan kotak komentar di bawah ini dengan bijak ya… 🙂

 

 

4 thoughts on “Tentang Asa Bersama Suzuki Karimun Wagon R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *