Senang Melihat yang Lain Senang

Tidak mudah memang menjadi orang yang bisa merasa senang ketika orang lain mendapat kesenangan, dan di saat yang sama kita sendiri “hanya” bisa melihatnya tanpa ikut mendapatkan kesenangan tersebut. Tapi tidak ada yang tidak bisa dilakukan oleh manusia bila kita berusaha keras dan mengembalikan semuanya kepada Allah SWT, termasuk bila kita ingin menjadi orang yang bisa ikut merasa senang di saat orang lain mendapat kesenangan.

Dulu saya juga termasuk orang yang sulit merasa senang ketika orang lain mendapat kesenangan, ketika duduk di sekolah menengah pertama saya dikenal sebagai anak yang cukup pintar hampir di semua pelajaran, hal itulah yang membuat diri saya merasa lebih hebat dari yang lain dan sekaligus membuat saya merasa hanya diri saya lah yang pantas mendapat kesenangan atas semua hasil kerja keras saya. Saya tidak pernah terima ketika ada anak lain yang mendapat nilai lebih bagus dari saya, dan selalu ber-suudzon atas pencapaian anak lain. Namun seiring perjalanan waktu dan proses pendewasaan, saya sadar bahwa yang membuat saya sulit merasa senang ketika orang lain mendapat kesenangan adalah sifat SOMBONG dan merasa PALING BENAR, oleh karena itu sejak menyadarinya saya berusaha keras menghilangkan sifat yang sangat buruk tersebut, dan Voilaa..!! Meski belum tuntas proses perbaikan diri saya untuk menjadi lebih baik, saya mulai bisa merasa senang di saat orang-orang di sekitar saya mendapat kesenangan. Saya mulai berpikir bahwa dengan ikut senang berarti kita membuka diri kita sendiri untuk mendapat kesenangan, karena kesenangan ternyata akan datang ke dalam jiwa dan pikiran yang positif dan begitu pula sebaliknya, jiwa dan pikiran yang negatif akan semakin jauh dari kesenangan.

So.. Buat pembaca yang merasa masih susah untuk merasa senang ketika orang lain mendapat kesenangan, yuk kita berusaha perbaiki diri dengan menghilangkan sifat-sifat buruk kita terutama sifat sombong dan perasaan paling benar, lalu perhatikan apa yang akan terjadi… #pakegayamarioteguh 😛
Selamat libur di hari Ahad yang cerah ini dan semoga bermanfaat. 🙂

4 thoughts on “Senang Melihat yang Lain Senang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *