Pentingnya Networking Bagi Perawat

Siapa yang bilang kalo perawat cuma bisa eksis di rumah sakit? kalau dulu perawat dikenal hanya bisa bekerja di rumah sakit, fakta masa kini sudah berbicara lain. Sudah banyak perawat yang eksis di luar profesi utamanya sebagai perawat, entah sebagai pedagang MLM, menjadi trainer, sampai menjadi konsultan di bidang Teknologi Informasi yang tentu saja semuanya masih berhubungan dengan dunia keperawatan.

Namun pencapaian tersebut tidak cukup hanya dengan meningkatkan kemampuan individu di bidang-bidang lain yang kita minati, selain itu perawat juga perlu meningkatkan kualitas jaringan/networking baik terhadap sesama perawat maupun dengan orang-orang lain di luar lingkungan keperawatan.

Bila kita lihat ilustrasi di atas, ada berbagai macam warna yang masing-masing warna terdiri dari lebih satu orang. yang ingin digambarkan ilustrasi di samping adalah: warna yang berbeda menggambarkan keberagaman profesi yang ada di sekitar perawat baik di rumah sakit maupun di lingkungan lain seperti lingkungan rumah, pengajian, gereja, atau perkumpulan-perkumpulan lain yang masing-masing memiliki sejumlah orang di dalamnya.

dengan meningkatkan kualitas networking perawat diharapkan kemudahan dan keberagaman informasi akan didapatkan perawat untuk terus mengimprove keahliannya, dan dengan networking pula informasi mengenai keahlian diri kita akan sampai lebih cepat dan lebih banyak ke orang lain. Semakin luas jaringan yang kita bangun akan semakin luas pula area informasi yang  di dapat, demikian pula informasi mengenai diri kita akan semakin luas tersebar. Makanya jangan heran bila melihat hanya segelintir perawat yang bisa sukses di berbagai bidang dan sepintas terlihat tidak berhubungan dengan dunia keperawatan, hal itu karena memang baru sedikit perawat yang menyadari pentingnya networking bagi pengembangan diri mereka, kebanyakan dari perawat masih berpikir bahwa perawat hanya sebatas perkara bertemu klien dan memberikan obat orderan dokter.

Ayo kita mulai membangun jaringan seluas-luasnya dari sekarang…!!!

7 thoughts on “Pentingnya Networking Bagi Perawat

  1. Usul Mas Doni….
    Coba deh seluruh perawat yang memiliki blog, diinventarisir, termasuk juga spesifikasi kompetensi yang dimiliki. Sangat mungkin kita bisa membuat pembaharuan generasi perawat, memunculkan penokohan dll setelah kita bisa Kopdar seperti para bloger yg pernah mas Doni lakukan.

    • iya Pak Jason,,,emang sempet terpikir untuk kayak gitu, di PerawatNgeblog udah punya beberapa member yang mungkin diantaranya ada yang punya blog, nanti doni follow up mereka via e-mail deh….
      tapi kira2 banyak kah yg bakal dateng kalo kita ngadain KopDar Pak…???

  2. Yang penting sebenarnya bisa saling menokohkan dalam bidang masing2. Bisa saja seh lewat forum diskusi fasebook, ato yg lainnya. U lebih tahu deh.

  3. Saya setuju dengan usul Mas Jason, untuk diadakan satu kumpulan para bloger dengan background perawat. Tujuan utamanya jelas untuk mengenalkan, mamajukan, tukar ilmu, dan terpenting nilai Silaturohmi atau networking, juga nantinya bisa untuk memilih tokoh perawat di indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *