Pentingnya Galeri Foto Online Bagi Fotografer

doni fotoMajunya teknologi informasi saat ini semakin memungkinkan bagi seorang fotografer untuk unjuk gigi kepada khalayak ramai mengenai kemampuannya menangkap cahaya dengan senjata andalannya yaitu kamera. Senang atau tidak para fotografer sangat perlu menyesuaikan dirinya dengan perkembangan teknologi terbaru, lihat saja perkembangan persenjataan mereka (a.k.a kamera) yang semakin kesini semakin canggih dan jauh dari yang namanya film negatif. Namun masih saja ada fotografer yang bermodal “pas-pasan” baik secara finansial maupun secara ilmu per-kamera-an (kayaknya bukan ini deh istilah yang tepat) bertahan dengan kamera SLR analognya yang masih harus membeli film baru sebagai “amunisi” senjatanya.

lalu bagaimana dengan fotografer yang “katanya” sudah modern dan telah lihai menggunakan kamera digital?? apakah mereka sudah mampu “menjual” hasil-hasil karya mereka melalui internet?? saya rasa belum banyak fotografer yang dengan semangat dan konsisten mengisi blog mereka (bila punya) dengan hasil-hasil karya mereka, tentunya dengan diproteksi dengan teknologi watermark agar tidak disalahgunakan oleh oknum tertentu.

Peran Komunitas fotografer di ranah daring seperti fotografer.net sangatlah strategis untuk “mencerdasakan” para fotografer yang belum paham betul pentingnya media unjuk gigi yang lebih bebas bagi para fotografer seperti blog. karena berbeda dengan layanan di fotografer.net sendiri, blog hampir tanpa batas mengijinkan sang empunya (dalam hal ini adalah para fotografer) untuk bisa mengupload fotonya, tanpa ada aturan ukuran maksimal, tanpa aturan pixel, yang saya pribadi pikir dapat memperkaya kreatifitas para fotografer. Namun tanpa menghindar dari kenyataan bahwa situs seperti fotografer.net juga sangat bermanfaat bagi fotografer pemula seperti saya untuk bisa belajar dari komentar fotografer lain yang lebih jago dengan mengirimkan hasil jepretan saya walau harus bolak-balik upload karena tidak sesuai dengan aturan di FN (namanya juga pemula, jadi belon biasa, hehehe…)

beberapa manfaat membuat Galeri Foto Online bagi fotografer yang saya tangkap selama ini adalah:

  1. kesempatan hasil karya dan keahlian kita dikenal orang lain menjadi semakin luas, yang InsyaAllah juga akan menambah pemasukan bial ada calon klien yang tertarik dengan hasil karya kita setelah melihat Galeri Online kita tersebut.
  2. Dengan adanya Galeri Foto Online, kita dapat daling memberi sekaligus menimba ilmu dari komentar-komentar yang nyangkut di postingan/galeri kita.
  3. Boleh jadi foto-foto yang kita taruh (a.k.a upload) menjadi inspirasi bagi fotografer lain yang sedang membutuhkan, berarti kita sudah membantu sesama manusia, dan InsyaAllah akan dibalas karena Tuhan tidaklah buta.

Maksud saya menulis postingan ini adalah tidak lain dan tidak bukan untuk mengajak para fotografer untuk bisa memajang hasil karya mereka di ranah daring ini dan jadikan perkembangan teknologi informasi ini sebagai media pembelajaran dan ajang berbagi sesama fotografer baik yang masih pemula seperti saya maupun fotografer pro yang terkenal di luar sana.

14 thoughts on “Pentingnya Galeri Foto Online Bagi Fotografer

  1. Sangat tertarik dunia fotografi, sayang belum ada “sarana”(doh) dan kesempatan untuk menekuni ini.

    Salut deh yang dari awal udah nyebur di dunia fotografi (applause), tetap tekun (gym) dan tetap berbagi(cozy)

    Sukses terus bro (drinking)

  2. Bener jga tuh.ad galeri photo.buat ajang pamer karya biar di coment.tentu hrus siap di kritik ama senior dong.
    aq jga hoby fotografi . tapi camera ku msih sdrhana banget Olympus E.410 SLR.maklum baru blajar coy. asli nya aq kameramen
    video shoting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *