Menjadikan Hobi sebagai profesi sampingan…=p

Itu yang saya alami dalam menjalani beberapa hobi saya seperti utak-atik hardware komputer, mendesain web, dan yang terbaru adalah fotografi. Sebagai seorang mahasiswa keperawatan sudah jelas saya memiliki tujuan utama untuk menjadi perawat profesional yang menjalankan tugasnya sesuai dengan konsep profesinya sebagai care provider.

Namun sebagai manusia biasa tentu saja saya memiliki kegiatan selain di bidang keperawatan yang saya senangi dan lumayan saya seriusi hingga akhirnya mendatangkan income yang lumayan bagi saya. bagi saya menjadi perawat adalah panggilan hati yang memang diawali oleh keputusan keluarga yang membuat saya memiliki kesempatan untuk mengenal keperawatan lebih dekat seperti sekarang ini, dan sebetulnya saya tidak ingin menggantungkan hidup saya sebagai perawat tapi sebaliknya, saya ingin menghidupi profesi ini agar bisa menjadi lebih baik lagi.

aahh… kenapa malah ngelantur ke permasalahan perawat, kembali kepada hobi yang saya jadikan sebagai profesi sampingan… yup saya memiliki hobi bongkar-pasang komputer sejak duduk di bangku SMA hingga sekarang, hobi ini menjadikan saya cukup paham tentang cara kerja sebuah komputer dan sedikit banyak mengetahui permasalahan yang sering muncul dan bagaimana cara mengatasinya, dan lambat laun menjadi pemasukan yang lumayan tiap kali saya bisa membetulkan komputer teman yang rusak, dan bahkan ada juga yang membeli komputer lewat saya.

Hobi yang kedua adalah membangun website menggunakan CMS seperti Joomla dan WordPress. Awalnya saya hanya terobsesi dengan membuat blog pribadi saya sendiri, tapi akhirnya saya berpikir lagi kenapa tidak saya jadikan saja hobi ini sebagai pemasukan sampingan seperti hobi saya sebelumnya…hehe… dan lagi-lagi kemudahan rizki datang kepada saya (Alhamdulillah), saya mendapatkan order pertama saya di minyakjelantah.com dan terus berlanjut hingga sekarang order-order lainnya.

selanjutnya kita sampai pada hobi terbaru saya, yaitu fotografi. saya baru memegang kamera DSLR sekitar satu bulan yang lalu yaitu sekitar bulan Januari 2009, saya memiliki kamera Canon EOS 1000D. khusus hobi yang ini prosesnya tidak seperti dua hobi sebelumnya, kalau sebelumnya diawali dari hobi lalu menjadi profesi sampingan, kalau yang ini memang dari awal sudah diniatkan sebagai profesi sampingan selain menjadi perawat yaitu sebagai fotografer pernikahan, dan Alhamdulillah lagi tidak lama lagi saya akan mendapatkan job pertama saya seperti yang sudah saya ceritakan pada postingan saya sebelum ini.

pada intinya yang ingin saya sampaikan disini adalah, janganlah takut untuk mencari profesi sampingan/profesi alternatif apalagi bila idealisme Anda adalah bahwa Anda ingin menghidupi profesi utama Anda, bukan bergantung hidup dari dari profesi tersebut.

4 thoughts on “Menjadikan Hobi sebagai profesi sampingan…=p

  1. Siiip….sejalan dengan saya Mas Doni. Kita akan lebih merdeka untuk mampu membesarkan profesi yang kita cintai ini, manakala kita memiliki profesi sampingan yang itu kemudian diakui expert oleh orang lain.

    Bukan hanya sekedar mendatangkan uang, tapi lebih dari itu. Eksistensi….itu yang lebih penting.

    Sampai hari ini saya masih jadi trainer,dan itu sangat produktif. Aq juga lagi belajar Akuntansi. Jadi….jalan terus dan semangat!!!

    • wah…langsung di comment oleh Pak Jason, cepat betul respondnya…hehe..
      makasih banyak dukungannya…
      yuk kita tularkan semngat profesi sampingan pada teman2 perawat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *