Menjadi Pembicara di Electroscope 2010 FTUI

Alhamdulillah banget pada tanggal 24 April 2010 kemarin, saya diberi kesempatan oleh panitia acara elctroscope 2010 yang diadakan oleh mahasiswa Elektro Faktultas Teknik UI untuk menjadi pembicara di salah satu seminar yang merupakan bagian dari rangkaian acara tersebut.

Tidak banyak materi yang saya sampaikan (emang ilmunya yang belum banyak), karena memang panitia memberi TOR yang menurut saya lebih condong ke arah sharing pengalaman bagaimana saya bisa memanfaatkan internet sebagai sarana utama dalam menjalankan bisnis saya yang merupakan bagian dari industri kreatif, dimana saya bergerak di bidang webdesign, webdevelop, dan webhosting.

Saya sampai di tempat acara tepat pukul 09.00 (Alhamdulillah kebiasaan telat waktu masih ngampus, udah jauh ditinggalkan sekarang). Kebetulan sesaat sebelum saya sampai parkiran motor, salah satu panitia yang bernama Pandu nelepon saya dan dia menjemput saya di parkiran (gaya banget deh kemaren, pake dijemput segala (glasses)), sedikit pembicaraan saya mulai agar tidak terlalu kaku dan akhirnya sedikit menyinggung tentang promosi acara yang kurang “nggreget” di dunia online. “Yah nanti ini akan menjadi bahan evaluasi panitia bang” kata saudara baru saya tersebut.

Sesampainya saya di auditorium FTUI, saya berkenalan dengan ketua panitia dan ketua ikatan mahasiswa jurusan elektro UI (dan sekarang saya udah lupa nama mereka (doh)) setelah itu saya sedikit berbincang dengan mereka, dan kalimat pertama yang keluar dari sang ketua ikatan mahasiswa adalah “mulai masuk SDnya usia 4 tahun ya mas?”, lumayan kaget saya mendengarnya namun segera maklum karena sedari pagi saya sudah mengirimkan materi presentasi dan CV saya, mungkin sang ketua ikatan mahasiswa ini sudah lebih dulu membaca CV saya. Lalu saya jawab “Iya mas, saya kelahiran ’89, sama usianya dengan teman-teman di angkatan 2007” (dan faktanya adalah saya angkatan 2005 dan sudah menyelesaikan studi sarjana sejak Agustus 2009 yang lalu).

Setelah saya berbincang sedikit dengan petinggi-petinggi di acara tersebut, seperti yang biasa saya lakukan saya langsung mengeluarkan kamera tercinta dan mendokumentasikan sedikit kondisi ruangan pada saat itu, kira-kira seperti ini situasinya:

Tidak lama berselang, ketua Departemen Teknik Elektro UI yang bernama Dr. Ir. Muhamad Asvial, M.Eng. hadir ke dalam ruangan dan saya pun berjabat tangan dengan beliau dan sedikit berbincang-bincang dengan lulusan S3 dari Surrey University, Inggris. Sungguh Doktor yang kalo boleh saya tebak belumlah berumur 40-an ini menginspirasi saya untuk bisa berkarya di usia muda seperti beliau, bila beliau berkarya dan berprestasi di bidang akademis saya pun tak mau kalah untuk bisa berprestasi di bidang wirausaha atau dunia bisnis.

oh iya, tidak luput dari kamera saya yaitu kedua MC acara yang turut membawakan acara ini dengan baik, silahkan dilihat fotonya *ada yang sadar kamera pula tuh, hihihihi*

Lalu datanglah giliran saya untuk maju ke depan dan bertugas sebagai penghibur bagi para peserta melalui cerita-cerita pengalaman saya bagaimana memulai usaha di BiangWeb dan apa pula ide awalnya sehingga saya memilih berbisnis di bidang ini yang jauh dari bidang pendidikan saya 4 tahun terakhir ini yaitu bidang kesehatan.

Seminar Alhamdulillah berjalan dengan lancar, cuman ya itu berhubung saya sudah lumayan lama tidak berbicara di depan umum jadinya saya di awal presentasi agak-agak grogi dan sedikit bergetar ketika berbicara, tapi selanjutnya sudah terbiasa dan akhirnya bisa menguasai kondisi ruangan dan audience. Alhasil sesi tanya – jawab dibuka hingga 3 kali dengan masing-masing sesi terdiri dari 3 orang penanya, jadi dalam kesempatan kali ini saya mendapatkan 9 orang berbeda yang ikut berinteraksi dalam sesi tanya jawab, Alhamdulillah cukup berhasil menurut saya (goodluck).

15 thoughts on “Menjadi Pembicara di Electroscope 2010 FTUI

    • ini emang salah satu kekurangan saya nih, susah bener nginget nama, apalagi kalo cuman sekali ketemu… tapi kalo muka sih InsyaAllah susah lupa deh…

  1. orang yang oportunity costnya gedhe nih :))
    kesehatan loncat ke IT (smile)
    untung ente gak ambil paket bokis kemaren sehabis seminar (drinking)

    • ealah, ngomong opo to le… pake bahasa citayem aja biar ane paham… (haha)

      males bener ngambil yg paket bokis itu, mana dy sempet mau nyewa kamera ane…enak aja, gak ane kasih lah, kalo ada apa2 kan gak kebeli lagi itu… lagian wonk kekasih hati masa mau disewa…. (lol)

    • eheh… ada apa ini?? jangan kau siksa aku dengan pujianmu *halah* (goodluck)

      makasih mbak mim udah mau main ke mari, kapan nih blog ente apdetnya… (evil_grin)

  2. (woot) pak Asvial! dulu sempat bermimpi untuk jadi dosen pembimbing saya melihat track record beliau di FTUI.. sayang gak kesampean (tears)

    Well done bro Doni! keep it movin on!

  3. Pak, saya boleh minta bantu untuk mengisi acara seminar kantor saya ga? Perusahaan kita bergerak dibidang elektrikal. mohon bantuan info nya yah, kaerna kita mau seminar di bulan september.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *