Meningkatkan Conversion Rate Website Melalui Gambar/Foto (bagian 1)

Apakah Anda pernah mendengar istilah “satu gambar lebih bermakna daripada ribuan kata-kata” ?

Rupanya memang benar istilah di atas, apalagi bila berbicara dalam dunia penjualan. Hampir tidak ada orang yang memutuskan untuk membeli sesuatu tanpa terlebih dahulu melihat produk yang akan dibelinya, paling tidak melihat sample-nya terlebih dulu. Begitu pun yang terjadi di belantika penjualan online, Gambar/Foto memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan conversion rate website Anda.

Apa itu conversion rate? perhatikan gambar berikut:

 

conversion rate

 

 

dari persamaan di atas dapat kita ketahui bahwa conversion rate atau biasa disingkat dengan CR adalah angka persentase jumlah visitor/pengunjung pada website kita yang kemudian benar-benar “melakukan sesuatu” yang lebih dari sekedar mengunjungi dan membaca konten website kita. Definisi “melakukan sesuatu” ini berbeda-beda bagi setiap pelaku bisnis, bagi penjual retail online “melakukan sesuatu” didefinisikan dengan membeli produk yang dijualnya, sedangkan bagi para pembuat konten online “melakukan sesuatu” didefinisikan dengan berlangganan newsletter, mendaftarkan diri menjadi anggota, mendownload software, atau aktifitas lain.

Lalu bagaimana gambar/foto bisa meningkatkan CR? berikut penjelasannya:

 

Gambar Berkualitas Tinggi

Seharusnya poin ini tak perlu lagi dibahas, namun kenyataannya begitu banyak website yang menggunakan gambar/foto berkualitas rendah sehingga kurang menarik bagi calon pembeli.

Akhir-akhir ini ada beberapa website yang begitu menarik perhatian saya, salah satunya adalah website asal Inggris made.com.

madecom

Klik gambar untuk memperbesar

Coba perhatikan bagaimana kualitas gambar-gambar yang ada di website tersebut, semua foto produk digarap dengan serius dan pencahayaan yang cukup saat dipotret sehingga kualitas gambar yang ditampilkan menjadi luar biasa bagus dan pada akhirnya akan meningkatkan conversion rate.

Gambar Alternatif untuk Produk yang Sama

Coba Anda klik satu produk yang ada di website made.com tadi, akan terlihat satu foto besar dan beberapa foto kecil di bawahnya yang apabila diklik maka akan tampil foto-foto detil untuk produk yang sama namun dari sudut pandang dan bagian-bagian yang berbeda. Perhatikan gambar di bawah ini:

alternatif

Klik gambar untuk memperbesar

dipan 1

1

dipan3

2

dipan2

3

dipan4

4  

Mari posisikan diri Anda sebagai pembeli dan bandingkan dengan hanya foto produk tunggal, sudah hampir pasti Anda akan memilih produk yang memiliki informasi visual lebih banyak ketimbang produk yang hanya memiliki sebuah informasi visual.

 

Gambar/Foto Kontekstual

Sangat saya sarankan untuk tidak hanya menampilkan foto produk semata, tapi juga gunakan konteks untuk menyampaikan pesan keunggulan atau karakter produk yang kita jual lewat website.

Coba perhatikan foto produk tempat tidur di bawah ini:

dipan6

Klik gambar untuk memperbesar

Foto produk akan semakin berbicara ketika kita tambahkan unsur manusia yang sedang menggunakan produk tersebut.

Pesan “sangat mudah digunakan, bahkan anak-anak pun bisa melakukannya” juga bisa disampaikan melalui gambar/foto kontekstual berikut ini

kindlefire

Klik gambar untuk memperbesar

Itulah beberapa poin tentang gambar/foto seperti apa yang mampu meningkatkan conversion rate website Anda, nantikan bagian kedua dari tulisan ini yang akan membahas beberapa poin penting lainnya agar gambar/foto di dalam website Anda bisa meningkatkan conversion rate secara signifikan.

 

4 thoughts on “Meningkatkan Conversion Rate Website Melalui Gambar/Foto (bagian 1)

  1. mas, mau tanya gambar tersebut kan bikin buka web jadi lemot, gimana caranya biar konsumen yg masuk gak keburu kabur sebelum produknya keliatan.

    sy bisa ngerti kalo gambar sangat membantu penjualan.

    thanks,

    • tergantung strategi menaruh gambarnya… gunakan meotode lazy load untuk menampilkan foto/gambar di website Pak Surya. dan gunakan server lokal untuk mempercepat waktu loadnya. semoga menjawab.
      Terima kasih sudah mampir ke sini pak. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *