Mengapa Entrepreneur Butuh Branding Bisnis dan Personal?

Apakah Anda pengusaha yang masih bingung dengan konsep branding? tenang saja, karena Anda tidak sendiri. Banyak pengusaha yang masih belum yakin bagaimana mem-branding bisnis dan dirinya sendiri, dan seringnya membuat mereka menghabiskan waktu dan tenaga yang seharusnya bisa digunakan untuk mengembangkan bisnisnya.

branding bisnis dan personal

sumber gambar: clevermarketer.com

Nah yang jarang sekali dikatakan oleh para ahli branding adalah “Saat Anda memiliki bisnis, sangatlah penting untuk mengikuti dua jalur branding“. Seorang entrepreneur memerlukan jalur branding bisnis di mana Anda membranding perusahaan Anda, dan juga memerlukan jalur branding pribadi di mana Anda membranding diri Anda sendiri. Menggunakan kedua jalur branding tersebut bisa melipatgandakan peluang dan keuntungan bisnis Anda.

Yuk kita bahas pertanyaan-pertanyaan terbesar seputar branding, dan bagaimana branding bisnis dan personal bisa membantu Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Apa itu branding bisnis dan personal?

Branding bisnis adalah upaya untuk membedakan bisnis Anda dengan yang lain supaya lebih mudah dikenali dan diingat. Branding bisnis juga merupakan jawaban atas pertanyaan “Bagaimana perasaan orang-orang terhadap bisnis saya, bisa sesuai dengan yang saya inginkan?”

Branding personal adalah upaya mendiferensiasikan diri Anda pada bidang-bidang tertentu dengan cara menunjukkan keahlian Anda. Branding personal juga merupakan jawaban atas pertanyaan “Bagaimana orang lain mengenali saya sebagai ahli di bidang tertentu?”

Mengapa seorang entrepreneur memerlukan branding bisnis dan personal?

Entrepreneur memerlukan branding bisnis karena bisa membantu bisnisnya untuk memposisikan diri di pasar, dan membuat bisnisnya yang pertama kali berada di pikiran orang-orang. Branding bisnis memastikan bahwa seluruh visi dan misi perusahaan tercermin dalam semua aktifitas yang dilakukan oleh perusahaan Anda.

Setali tiga uang, branding personal membuat posisi seorang entrepreneur tetap berada di depan sebuah kompetisi. Orang-orang akan membeli dari seseorang yang mereka percayai, dan saat Anda menunjukkan sisi personal dari branding Anda maka akan tercipta hubungan kepercayaan yang lebih kuat dan bertahan lama.

Bagaimana branding bisnis dan personal bisa benar-benar berguna untuk bisnis saya?

Ketika Anda menggunakan branding bisnis dan personal sekaligus, berarti Anda sedang menggunakan tenaga turbo dalam menjalankan bisnis Anda karena bisa mencapai tujuan-tujuan berikut ini dengan lebih cepat:

  • Branding bisnis dan personal fokusnya untuk membangun hubungan, memungkinkan Anda untuk menyelesaikan permalasahan bahkan yang terbesar dialami oleh klien Anda.
  • Branding bisnis dan personal membantu Anda untuk menjaga konsistensi karena Anda akan selalu memiliki rencana bagaimana harus menampilkan diri di depan umum.
  • Saat Anda menggunakan strategi branding bisnis dan personal, Anda menjadi ada di mana-mana. Kedua strategi ini membutuhkan pendekatan segala arah, termasuk media sosial, jaringan pribadi, blog, dan lain-lain. Nah saat Anda tampil di mana-mana sebagai entrepreneur, maka Anda akan menarik perhatian orang lebih banyak lagi.
  • Branding bisnis dan personal meningkatkan status Anda sebagai ahli/rujukan dalam bidang tertentu. Semakin banyak konten dan informasi yang Anda sampaikan sesuai dengan keahlian yang Anda miliki, maka orang-orang akan semakin respect terhadap keahlian Anda, maka yakinlah bila saatnya datang mereka akan datang kepada Anda untuk membeli barang atau jasa yang Anda sediakan.
  • Kedua tipe branding ini mengharuskan Anda untuk mengukur hasil yang sudah dicapai, selanjutnya Anda akan bisa menentukan hal-hal apa yang palingn efektif untuk menarik perhatian calon pelanggan Anda, selain itu Anda juga bisa mengetahui hal-hal apa yang tidak perlu Anda lakukan. Nah proses pengukuran hasil di atas secara tidak sadar akan membuat Anda secara teratur memperbaiki proses bisnis yang sedang Anda jalani yang juga berarti meningkatkan kualitas branding bisnis dan personal Anda sendiri.

Dengan menggunakan branding bisnis dan personal secara tepat, berarti Anda telah menggunakan energi baru dalam menjalankan perusahaan Anda, menempatkannya pada jalur cepat untuk menarik calon pembeli yang tepat, menumbuhkan reputasi yang positif, dan menjadi rujukan yang terpercaya dalam lingkup industri yang Anda jalani.

3 thoughts on “Mengapa Entrepreneur Butuh Branding Bisnis dan Personal?

  1. Yang butuh Branding bisa menghubungi perusahaan Kami PT Label Branding, untuk info lebih lanjut bisa menghubungi saya Meta di 085716154288

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *