Membuat blog menggunakan wordpress dengan hostingan berbayar

Untuk beberapa kalangan memang tulisan ini akan terasa remeh dan terlalu ringan, terutama bagi para blogger senior yang telah membangun sendiri blognya menggunakan mesin wordpress pada hostingan berbayar miliknya. Namun saya yakin untuk kalangan lainnya tulisan ini mungkin menjadi salah satu referensi untuk mulai membangun blog wordpress berbayar yang baru dimilikinya, katakanlah untuk orang awam ataupun blogger-blogger junior yang baru ingin memiliki blog berbayar karena mungkin sudah bosan dengan tampilan blognya, atau menginginkan fitur-fitur lebih yang tidak didapatkan melalui blog gratisan baik di worpress.com, blogspot, dan lain-lain.

yang pertama akan saya coba sampaikan adalah mengapa harus berbayar? ada banyak jawaban yang bisa saya berikan, namun saya hanya akan menjawab satu saja yang menurut saya menjadi dasar semua jawaban-jawaban berikutnya yaitu “kebebasan lebih dalam berkreatifitas”. Karena hanya dengan hosting berbayar kita bisa mengkustomisasi blog dan mengeksplornya lebih luas lagi dan hampir tanpa batas, tentunya dengan seedikit pengetahuan tentang teknis blog itu sendiri, but trust me that’s as easy as you will (like the elder say, there is will, there is a way). Lalu ada yang tiba2 tereak, “lah kan ada hosting geratiss coba aja lu googling don, pasti ketemu” iyap memang benar ada, dan ada tapinya juga, yaitu reliabilitasnya yang akan sangat menyusahkan bila kita ingin konsisten ngeblog dan ingin juga blog kita senantiasa online 24 jam, karena pengalaman saya dulu menggunakan hosting gratis ini sangat bermasalah ketika kita ingin upload file (selalu gagal) dan kecepatan akses server yang luar biasa lluuuaammmbbbaattt…  yang hasilnya proses pembelajaran kita mengenai blog akan sama luambat-nya..

Oke mari kita mulai, bagaimana sih cara membuat blog di layanan hosting berbayar ini? simak baik2 ya kalo bisa jangan berkedip (lebay (goodluck)),well, here we go…

    1. beli domain dan hostingannya ke provider hosting dan domain yang kamu sudah survey sebelumnya (harga, reliabilitas, dan layanan supportnya), untuk pemula usahakan jangan misah beli domain dan hostingnya, jadi gak repot buat ngarahin nameserver segala, karena udah disetting sama providernya.
    2. setelah memiliki akun hosting, berarti kamu sudah bisa untuk menjamahnya lebih jauh menggunakan cPanel. masuk ke dalamnya dan cari installer script otomatis yang biasanya digunakan oleh provider lokal adalah fantastico atau ada beberapa yang juga menggunakan softaculous. kedua web based program ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menginstall script2 pembangun website, salah satunya adalah WordPress.

      contoh tampilan cPanel (klik untuk memperbesar)

    3. selanjutnya di dalam fantastico / softaculous kamu masukan judul blog, deskripsi, username, dan password untuk bisa masuk ke dalam bagian administrator blog kamu nantinya.

      masukan username dan password

tampilan fantastico auto installer

  1. setelah berhasil menginstall WordPress, maka kamu sudah bisa masuk ke dalam halaman admin dengan mengetik URL http://namadomain.com/wp-admin , lalu masukkan username dan password yang sebelumnya sudah kamu buat di awal.

    tampilan halaman admin wordpress

  2. WordPress kamu sudah terinstall dan siap untuk dieksplor lebih jauh,

Selanjutnya akan dibahas mengenai bagaimana cara mendapatkan theme gratis wordpress untuk blog dengan hostingan berbayar yang menggunakan wordpress sebagai “mesin” nya… tunggu tulisan selanjutnya ya…

semoga bermanfaat

3 thoughts on “Membuat blog menggunakan wordpress dengan hostingan berbayar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *