Keunggulan dan Kelemahan Menggunakan WordPress.com untuk Blog Bisnis

WordPress merupakan salah satu platform blogging yang paling banyak digunakan di muka bumi, ada dua jenis WordPress yang bisa Anda gunakan yaitu yang pertama WordPress sebagai engine atau software berbasis web yang harus Anda download dahulu kemudian ditaruh di sebuah layanan hosting berbayar atau yang sering disebut sebagai self-hosted WordPress. dan yang kedua WordPress sebagai layanan ngeblog yang bisa diakses melalui WordPress.com dan tidak membutuhkan layanan hosting terpisah seperti jenis WordPress yang pertama.

Nah dalam artikel ini saya akan membahas jenis WordPress yang kedua yaitu WordPress.com, sebuah layanan ngeblog yang sudah digunakan jutaan orang baik di dalam maupun di luar negeri.

WordPress.com memiliki beberapa jenis layanan mulai dari yang gratis hingga layanan premium berbayar yang menurut saya sangat membantu jika blog bisnis Anda sudah ramai pengunjung dan layanan gratis dari WordPress.com sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan blogging Anda.

WordPress.com Plans

WordPress.com Plans

Gambar di atas merupakan komparasi layanan dari WordPress.com yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, dan terlihat bahwa bagi pemula layanan gratis dari WordPress.com lah yang bisa menjadi solusi Anda dalam melakukan kegiatan ngeblog untuk bisnis Anda.

Beberapa keunggulan dari layanan gratis WordPress.com adalah:

  1. Anda tidak perlu repot dalam urusan teknis web hosting.
  2. Anda tidak perlu khawatir kebanjiran pengunjung yang membuat web Anda down.
  3. Anda bisa fokus membuat konten yang baik dan menarik.
  4. Anda tidak perlu merogoh kocek lebih untuk sewa server hosting.
  5. Anda tidak perlu khawatir keamanan blog Anda dari serangan cracker.
  6. Anda bisa melakukan riset karena sudah termasuk fitur Analytic dan Statistics di dalamnya.

Sedangkan kelemahannya adalah:

  1. Anda tidak bisa mengkustomisasi tampilan lebih jauh, terima yang ada saja.
  2. Anda tidak bisa menambah fitur/upload (plugin) yang Anda butuhkan.
  3. Anda tidak bisa me-moneytize blog Anda dengan Adsense.
  4. Anda terlihat kurang profesional karena belum memakai nama domain sendiri (fitur ini bisa didapat dgn upgrade ke layanan berbayar)

Dari beberapa keunggulan dan kelemahan layanan WordPress.com di atas, menurut saya bagi pembaca yang masih dalam tahap belajar menulis dan baru dalam dunia blogging, layanan gratis dari WordPress.com ini sangat bagus untuk dimanfaatkan. Nanti bila dirasa sudah lebih mahir dalam menulis dan memiliki pengetahuan yang lebih banyak dalam membuat blog, tidak ada salahnya mencoba pindah ke self-hosted WordPress.

Sekian yang bisa saya informasikan mengenai layanan blogging gratis dari WordPress.com , semoga bisa membantu bagi Anda yang sedang mencoba belajar menulis untuk menarik trafik ke bisnis Anda.

2 thoughts on “Keunggulan dan Kelemahan Menggunakan WordPress.com untuk Blog Bisnis

  1. Saya baru buat blog di wordpress.. tapi dahulu pernah juga buat, tapi hilang. Btw, Om Don masih kenal sama aku? maaf baru bisa aktif kembali.. hehehe

    Tapi fitur wordpress sepertinya lebih enak dibanding dengan blogspot ya om ? haha

    • ini om Harry sang rider beken dari depok itu ya? hehehe, inget-inget lupa nih… 😀
      iya buat saya sih tetep lebih kece WordPress ketimbang blogspot untuk urusan blogging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *