Hampir Ketipu Modus Baru Penipuan SMS, hati-hati!!!

penipuanBaru saja semalam saya mendapatkan SMS yang berisi

Anda mempunyai PESAN SUARA 1 dr +6285656542646 untuk m’dengarkan ketik: TP (spasi) 085656542646 (spasi) 12345 kirim ke: 151 (GRATIS)

sengaja saya publish nomornya sekalian, karena bila kita perhatikan baik-baik ini merupakan sms penipuan. Bodohnya saya yang hampir tertipu adalah tidak tahunya saya mengenai kode “TP” yang berarti “Transfer Pulsa”. SMS di atas datang dari nomor yang sama dengan nomor hape yang tertera dalam pesannya yaitu 085656542646. Intinya adalah bila pembaca mengikuti instruksi pesan di atas yang semula ingin mengetahui “Pesan Suara” yang didapat, padahal perintah tersebut berarti mentransfer pulsa Anda sebesar Rp.12345 ke nomor tujuan.

Saya pun sempat megikuti instruksinya (karena gak ngerti arti TP-nya itu), namun Alhamdulillah Allah SWT masih melindungi saya, karena ternyata pulsa saya hanya 3rbu-an saat sms penipuan ini datang, alhasil setelah insturksi ini saya ikuti, maka IM3 (provider hape saya) membalas dengan pesan berikut ini

Perintah salah, Ketik TP<spasi>no_tujuan<spasi>nominal. Contoh….

dari situlah saya bahwa sadar ini merupakan penipuan, karena saya tidak berniat sama sekali mengirim sesuatu, apalagi ada nilai nominal segala. Intinya adalah perhatikan baik-baik format penulisan sms yang datang, bila resmi biasanya jarang disingkat apalagi memakai singkatan seperti isi penipuan sms tadi yaitu “m’dengarkan”.

Modus seperti ini harusnya bisa ditanggulangi Indosat sebagai provider dengan meambahkan konfirmasi terhadap fitur transfer pulsa ini, jadi setelah kita mengirimkan sms permintaan transfer akan dibalas Indosat dengan sms konfirmasi yang berisi “Anda yakin ingin mengirimkan pulsa sebesar Rp…. ke nomor……” maka penipuan seperti ini tidak akan sampai menipu pelanggan-pelanggan Indosat.

Waspadalah… Waspadalah…. !!!

6 thoughts on “Hampir Ketipu Modus Baru Penipuan SMS, hati-hati!!!

  1. saya juga tadinya gak ditanggepi, namun dikirain ada pesan penting, dan kebetulan baru bangun tidur jadi setengah sadar ditambah gak pernah transfer pulsa pula… terjadilah kebodohan itu, tapi Alhamdulillah masih terlindungi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *