CEO Baru Automattic

automattic-logo

Logo Automattic

Bagi Anda yang belum familiar dengan Automattic , yaitu perusahaan yang berada di balik kesuksesan WordPress.com sekaligus pihak yang paling besar berkontribusi dalam pengembangan salah satu platform publikasi digital terbesar di dunia ini.

Tidak kurang selama 8 tahun perusahaan yang terkenal dengan gaya bekerja remote nya ini dipimpin oleh seorang CEO yang bernama Toni Schneider, yang bisa dikatakan sebagai orang nomor 1 dibalik kesuksesan WordPress.com dan beberapa produk lain yang membuat publikasi digital di dunia internet menjadi lebih murah dan mudah.

Nah per hari kemarin, sesuai dengan postingan blognya kang Matt (sang founder Automattic) dan om Toni sendiri baru saya ketahui bahwa Automattic kini memiliki CEO baru. Tidak lain dan tidak bukan yang menjadi CEO baru Automattic adalah kang Matt sendiri, sang founder.

Yang menarik bagi saya adalah, rupanya Matt sejak 8 tahun lalu menunjuk orang lain sebagai CEO di Automattic,perusahaan yang didirikannya susah payah, mirip seperti ketika Steve Jobs menunjuk John Sculley sebagai CEO Apple. Yah meski kita tahu cerita selanjutnya tidaklah sama, karena tidak ada cerita Matt dipecat oleh Toni, layaknya Jobs yang sempat dipecat oleh Sculley waktu itu.

Selain itu yang menarik bagi saya adalah, bagaimana akhirnya Matt bertukar posisi sebagai CEO, dan Toni fokus untuk mengembangkan produk-produk baru untuk Automattic. Dalam blognya Matt juga sedikit menyinggung bahwa di usia nya yang ke-30 ini ia sudah merasa cukup matang menjalankan sebuah perusahaan, inilah poin yang membuat saya cukup tertampar karena orang sekaliber Matt saja merasa di usia 20-an ia belum cukup ilmu untuk menjalankan sebuah perusahaan sebagai CEO, dan juga seorang Toni dengan kemampuan memimpin dan analisis bisnisnya yang luar biasa bisa dengan lapang dada memberikan kesempatan kepada generasi selanjutnya untuk melanjutkan estafet perjuangannya dalam membangun sebuah perusahaan.

Sungguh menjadi sebuah contoh yang baik bagaimana menjalankan sebuah perusahaan yang berbasis trust dan profesionalisme dalam mengukur kemampuan diri serta dilengkapi dengan kesadaran untuk berbagi peran. Semoga kepemimpinan Matt di Automattic ini membuat WordPress menjadi semakin inovatif dan maju kebermanfaatannya untuk membuat web sebagai tempat yang lebih baik bagi peradaban manusia.

One thought on “CEO Baru Automattic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *