5 Fakta Inovatif dari Si Oranye Belanda

Pernah Anda bertanya-tanya, kenapa sih Belanda menggunakan warna oranye dalam mengidentifikasi dirinya?

Ditilik dari sejarahnya ternyata warna oranye yang digunakan oleh Belanda di jaman modern ini lahir karena warna oranye ternyata merupakan warna simbol dari kerajaan Belanda dan bisa terlihat dari nama pusat kerajaan Belanda yaitu House of Orange Nassau. Bila kita melihat dari berbagai sumber menganai arti warna, oranye merupakan warna yang mewakili sifat dinamis, cemerlang, enerjik, dan inovatif tentunya.

Lebih dalam lagi bila kita lihat perkembangan salah satu negara maju di Eropa yang sekitar 60% dari wilayah daratannya berada di bawah permukaan laut ini terlihat bahwa makna warna oranye yang dibangga-banggakan oleh masyarakat Belanda benar adanya dan memang menggambarkan karakter negara Belanda yang dinamis dan tidak mau kalah dengan kondisi geografis yang boleh dibilang kurang beruntung bila dibandingkan negara Indonesia, bahkan bandar udara utama Belanda yaitu Schiphol berada pada 3 m dibawah permukaan air laut dan hingga sekarang masih berdiri tegak dan berfungsi sebagai mana mestinya sebagai bandara Internasional Belanda.

Banyak sebetulnya aspek positif terutama inovasi-inovasi yang sudah dilakukan negara ini yang perlu kita tiru, selain proyek antibanjir deltaworks yang sangat termahsyur itu. Berikut adalah inovasi-inovasi yang saya bisa tangkap, yang jelas pasti lebih dari 5 buah inovasi yang akan saya sebutkan di bawah ini:

1. Koran Vertikal

Salah satu inovasi unik dan sederhana yang sangat mungkin kita tiru adalah inovasi koran vertikal, ingin tahu apa itu koran vertikal? silahkan simak video berikut ini

httpv://www.youtube.com/watch?v=lPtK89Id3W8

Inovasi sederhana ini membuat membaca koran di tempat umum tidak lagi mengganggu orang lain, karena desain koran konvensional yang membutuhkan ruang lebih lebar dari tubuh pembacanya sudah tidak menjadi masalah lagi bila kita menggunakan desain koran vertikal ini. Inovatif bukan? tidak perlu ide yang terlalu rumit, cukup sesuatu yang sederhana namun memiliki daya guna yang tinggi dan sering bersentuhan dengan kegiatan manusia sehari-hari

2. Pesawat Tanpa Suara dan Gas Rumah Kaca

Sebenarnya pesawat yang tidak mengeluarkan suara dan tidak mengeluarkan zat asam arang sudah ada sebelumnya, hanya saja untuk kategori pesawat terbang komersil, kecepatan terbangnya belum terbilang cepat, karena hanya memiliki kecepatan 100-150 Km/jam. Nah Belanda memiliki obsesi untuk menjadikan pesawat jenis ini yang memiliki kecepatan sekitar 460Km/jam agar bisa menyaingi kecepatan pesawat yang sudah ada pada zaman sekarang ini. Belanda sangat terobsesi pada proyek ini sampai-sampai ini dijadikan proyek nasional dan mengikutsertakan perusahaan-perusahaan penerbangan nasional untuk ikut mensukseskan cita-cita membuat pesawat yang jauh lebih ramah lingkungan. berikut gambar miniatur dari pesawat tersebut.

sumber gambar: http://www.id.indonesia.nl/content/view/291/76/

Selain itu dikabarkan pula bahwa maskapai penerbangan yang berasal dari Belanda, KLM, sedang mengembangkan bahan bakar kerosin yang berasal dari alga/ganggang yang diklaim dapat mnegurangi efek gas rumah kaca yang dihasilkan pembakaran mesin pesawat terbang.

3. Negara dengan rasio jumlah entrepreneur (pengusaha) kedua terbanyak di dunia

Menurut Data Statistics Netherlands tahun 2008 Belanda memilik 11,5 % dari total jumlah tenaga kerja yang berwirausaha, nomor 2 terbanyak sedunia setelah Kanada. dari fakta ini kita bisa simpulkan bahwa Belanda merupakan negara yang sangat inovatif, karena mustahil rasa-rasanya akan lahir banyak pengusaha bila tidak ada inovasi yang mendukung di belakangnya. Inovasi ini bisa dalam bentuk ide jenis usaha baru, ide-ide marketing baru untuk mendongkrak angka penjualan, maupun inovasi dari pembaharuan produk-produk lama yang dirasa sudah ketinggalan fungsi dan ketinggalan jaman.

Tanpa inovasi, hampir tidak mungkin hadir pengusaha baru dan tanpa pengusaha baru nampaknya angka 11,5% akan sulit tercapai.

4. Perhiasan pada Bola Mata Manusia

Bila selama ini yang Anda tahu bahwa perhiasan tubuh itu terdiri dari tatoo, anting/giwang, tindik hidung, tindik lidah, atau perhiasan emas konvensional lain seperti gelang, kalung dan cincin berarti Anda masih perlu melanjutkan membaca postingan ini.

Belanda melalui Netherlands Institute for Innovative Ocular Surgery mengembangkan bentuk perhiasan pada organ tubuh manusia yang selama ini dianggap paling penting dalam proses interaksi sosial, yaitu mata. Produk inovatif ini disebut dengan CEI (Cosmetic Extraocular Implant).

sumber gambar: http://www.niioc.nl/cei-eng.htm

CEI ditanam di bawah konjungtiva mata, dan diklaim tidak menimbulkan efek pada kemampuan penglihatan pemakainya. Selain itu produk ini terbuat dari bahan yang tidak akan mengiritasi mata dan dapat dibentuk sesuai dengan keinginan si pemakainya. Pemasangan perhiasan ini pun cukup unik, karena metode anestesi/pembiusan yang digunakan adalah menggunakan bius tetes (hanya digunakan pada organ mata). Hmmmm…. kalo produk perhiasan ini masuk ke Indonesia, kira-kira ada yang berminat gak ya untuk memakainya??

5. Perpustakaan Publik  “DOK” yang bersifat entrepreneur

Jangan salah paham dulu yah dengan kata “entrepreneur” di sini, yang dimaksud dengan entreprenur di sini adalah karena perpustakaan publik yang sejatinya gratis ini karena dibiayai oleh city council, ternyata menyimpan potensi entrepreneur, kenapa saya bilang demikian? karena dengan pilihan keanggotaan beragam, tentunya ada yang bersifat gratis ada juga yang bersifat berbayar, pihak pengelola perpustakaan dapat membuat 28% dari penduduk Delft (kota dimana perpustakaan ini berada) memilih keanggotaan berbayar yang tentunya membuat anggota tersebut dapat menikmati seluruh akses di perpustakaan ini.

secara umum perpustakaan DOK ini berbeda dengan perpustakaan pada umumnya yang kita temukan di Indonesia, di DOK tidak hanya terdapat buku, di sini terdapat akses internet yang cepat namun dengan harga yang murah, di DOK anak-anak tidak hanya bisa membaca buku tapi juga bisa mendengarkan musik, bermain games di komputer dan juga playstation.

berikut beberapa buah foto yang saya dapatkan dari seorang wartawan media digital yang secara khusus meliput perpustakaan inovatif ini dan semua fot-foto lengkapnya bisa diakses di http://www.flickr.com/photos/42836283@N02/sets/72157622329209111/

Nah sekarang tinggal kita pilih, inovasi seperti apakah yang dapat kita buat untuk mengharumkan nama Indonesia di luar sana, karena hanya dengan inovasi lah sebuah negara menjadi dikenal baik oleh dunia, dan hanya dengan ilmu lah inovasi tersebut bisa kita capai dan optimalkan kebermanfaatannya untuk khalayak ramai, jadi siapkah Anda untuk berinovasi untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik di masa mendatang? dan bila Anda memutuskan untuk ingin seperti orang-orang inovatif di atas kenapa tidak dicoba untuk menimba ilmu dari mereka langsung, dengan cara pergi ke tempat asal mereka (baca: Belanda) untuk melanjutkan studi Anda, bukankah belajar langsung dari ahlinya adalah hal terbaik supaya kita lebih pintar sekaligus mengamalkan ilmu tersebut untuk kebaikan?

referensi:

http://www.melinjo.com/koran-vertikal-ide-inovatif-dari-belanda/

http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/revolusi-belanda-dalam-dunia-penerbangan

http://www.id.indonesia.nl/content/view/291/76/

http://www.niioc.nl/cei-eng.htm

http://www.infotoday.com/searcher/mar10/Birdsong.shtml

cosmetic extraocular  implant

63 thoughts on “5 Fakta Inovatif dari Si Oranye Belanda

  1. suka perpustakaannya, waktu di kantor arsip perpustakaan dulu ada wacana untuk membuat perpustakaan daerah, berhayal bisa punya perpumda yang extraordinary.. semoga diwujudkan oleh generasi penerus.. (worship)

  2. bgs..bgs.. setju bgt sama yg no.3, dsini anak 18 thn keatas dah pada berpenghasilan sendiri n rata2 jd entrepreneur ..
    n baru tau jg info no.4… nice inpoh gan .. :p

  3. (applause)jadi pengen makan holland bakeri hehehe..
    nice info gan.. gua kira koran vertikal itu dari negara laen loh…

    klo kesono beliin atu yak buat gue (evil_grin)

    • wah kalo Jek mah kurang tau juga tuh…
      walah dianggep hukuman beneran pula ini… (doh)
      tapi makasih banyak lho kunjungannya…. sering2 ya… (drinking)

  4. Coba indonesia niru inovasi2 belanda yg positip kaya gitu…
    Pasti keren…
    Padahal dulu qt di jajah belanda…
    Knp qt g bs blj dr mrk ya??
    Oh why oh why

    • mungkin karena kelamaan kali ya?? dan pernah denger emang kita dulu waktu dijajah dikondisikan untuk gak pintar, giliran sekarang udah mulai pintar eh curiga gw jangan2 malah pada gengsi… hayooo… siapa yang gengsi untuk belajar ke orang yang dulu pernah nyakitin kita? mudah2an gak ada ya, wong itu masa lalu, dan sekrang udah waktunya Indonesia bangkit nih…

    • wohohohoh jelas itu brader Dodi, Merah dan Putih gak bisa lepas dari badan kita… tapi yang oranye perlu dilirik juga biar merah dan putih kita semakin bermakna dan berjaya ke depannya… (drinking)

  5. Identik dengan Jakarta *The jak*, mungkin karena Indonesia terlalu lama dijajah belanda.. Smpai2 warna pun tertinggal di jakarta..(goodluck)

    ~Relawan Orange (banana_rock)

    • hohoho, kalo oranye-nya the jak ane kagak tau deh bang artinye apa… tapi betul juga kali ya, karena kelamaan di batavia, jadi ketularan… (drinking)

    • iyah, kreatif banget ya,,, harusnya kita juga bisa sih sekreatif itu… masa sih Indonesia gak bisa bikin inovasi se-sederhana itu.. tul gak?? toss dulu ah… (drinking) <<—– Temulawak

  6. quote “Perhiasan pada Bola Mata Manusia Hmmmm…. kalo produk perhiasan ini masuk ke Indonesia, kira-kira ada yang berminat gak ya untuk memakainya??”

    kayaknya saya ga akan pakai deh, karena mata saya udah indah tanpa pakai perhiasan sekalipun 🙂

    • woh, BUnda komentar juga di sini, hehehe…. iyah kalo udah yakin menarik sih ya gak perlu dimacem-macemin lagi deh ya…. (drinking)<<<— kopi tubruk

  7. Hal-hal kecil yang tidak dibayangkan menjadi besar.. Ayo cari ide disekitar kita.. Ciptakan Indonesia Raya 2020!

  8. Ah.. tetep ajah bagi kita, mereka itu adalah pencuri.. Tukang peras.. Selama 3,5 abad jadi preman di bumi kita… (thinking)

    Gud lak ya kontesnya! (goodluck)

    • ada betulnya juga kang Asep ini, namun kalo kita terus terpuruk di jurang dendam seperti ini, kapan donk kita bangkit dan menjadi bangsa yang bahkan lebih hebat dari si oranye ini… (drinking)

  9. thanks yaahh buat kunjungannya…
    salam kenal juga sesama peserta kompetiblog2010…
    artikelnya sangat informatif, trutama yg koran vertikal (worship)
    semoga aja, summer schoolnya ke belanda buat rame2… semuanya pada pgn ke Belanda soalnyaaa…. (woot)

  10. Halo Ramadonii..trimakasih udah main-main ke blog ku yaa..
    salam kenal juga untuk sesama peserta kompetiblog
    iya nihh..pasti sekarang ada 15 orang di Indonesia yang detak jantungnya mendadak berbunyi sama…be-lan-da…be-lan-da…be-lan-da (glasses)

    Selamat juga udah masuk 15 besar ya,
    aku suka tentang perpustakaan publik yang kamu tulis..berharap suatu saat indonesia punya yang seperti itu..

    Sukses yaaa..kalau menang jangan lupa Oleh-olehnya lhoo… (smile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *