5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Punya Blog

Apakah bisnis Anda memiliki blog? Lalu apakah Anda tahu apa kebaikan yang bisa Anda buat dan dapatkan dari blog untuk bisnis yang sedang Anda jalani saat ini?

alasan memiliki blog bisnis

image credits: cieradesign.com

Blog bagi beberapa pebisnis merupakan hal yang cukup mengerikan, pasalnya blog ini identik dengan tulisan panjang yang menuntut para pebisnis untuk meluangkan waktunya yang sebenarnya sangat sedikit ia miliki di tiap harinya. Namun sebenarnya belum banyak pebisnis yang mengetahui seberapa hebat efek kebaikan yang bisa diciptakan melalui blog untuk bisnis yang sedang dilakoninya.

Saya akan mencoba menjabarkan paling tidak 5 hal kebaikan yang berguna bagi bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini, yang membuat Anda merasa layak untuk meluangkan sedikit waktu untuk mengerjakannya, yuk kita mulai bahas satu persatu.

1. Ngeblog dapat menajamkan kata-kata

Bagaimana bisa, hanya menulis, lalu kita bisa meningkatkan efektifitas dalam berkomunikasi?

menajamkan kata

menajamkan kata

Yang perlu Anda sadari adalah bahwa ngeblog adalah soal bagaimana Anda memberikan informasi yang akurat dan manfaat, tentunya Anda akan terpacu untuk lebih banyak membaca sebelum Anda berbagi lewat tulisan di blog, Anda akan terpacu untuk terus update dengan berita-berita terbaru tentang segala hal yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Dengan tidak sadar pula dengan ngeblog Anda akan terlatih bagaimana menjelaskan atau menyampaikan ide yang ada di dalam kepala Anda ke orang lain melalui tulisan yang Anda buat di blog. Kalau sudah begitu maka kemampuan presentasi bisnis Anda pun akan naik dengan sendirinya.

 

2. Dunia menjadi tahu fokus dan keahlian Anda

Menulis blog yang berhubungan dengan bisnis Anda juga bisa menguatkan kesan bahwa Anda sangat memahami apa yang sedang Anda kerjakan, hal itu membuat calon konsumen maupun calon investor merasa yakin bahwa Anda lah orang yang tepat dan dengan baik bisa menyediakan solusi lewat bisnis Anda.

Kepercayaan orang terhadap bisnis Anda akan meningkat seiring dengan banyaknya tulisan yang Anda hasilkan, dengan begitu Anda akan berhasil menanamkan kesan di alam bawah sadar para pembaca bahwa Anda-lah solusi yang patut mereka perhitungkan saat membutuhkan hal yang berhubungan dengan bisnis Anda.

 

3. Anda akan menjadi orang yang dipercaya

Apakah Anda ingat seperti apa guru TK Anda dulu? hehe, sudah lama sekali ya, tapi cobalah diingat.

Apa yang Anda rasakan tentang beliau? Apakah Anda mencurigai beliau?

Mungkin banyak hal yang membuat kita begitu sayang kepada guru-guru favorit kita, tapi saya yakin yang paling membuat kita sayang dan ingat kepada mereka adalah karena kesabaran mereka dalam mengajarkan hal-hal baru sampai kita mengerti.

Dan perhatikan bahwa yang dilakukan guru kita itu bukanlah untuk membuat orangtua kita senang, melainkan karena beliau benar-benar ingin kita mengerti apa yang seharusnya kita pahami.

Nah saat Anda melakukan hal yang sama dengan guru yang saya coba gambarkan di atas melalui blog (bahwa blog yang Anda buat bukan sekedar agar google menaruh web Anda di halaman 1) tapi Anda dengan tulus menulis, dan selalu mencoba menjelaskan apapun dari sudut pandang pembaca, maka Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari pembaca layaknya murid TK yang mempercayai gurunya.

 

4. Konten blog Anda sebagai filter calon konsumen

Sebagai pebisnis yang harus Anda pahami adalah bahwa ada dua jenis pembeli, yaitu:

  1. Pembeli harga, di mana fokusnya adalah harga terendah yang ia bisa dapatkan. (kurang peduli dengan nilai dan kualitas produk).
  2. Pembeli nilai, di mana fokusnya merupakan kombinasi dari kualitas produk, layanan, dan harga yang pantas.

Lalu diantara dua jenis pembeli di atas, yang mana yang Anda inginkan? kebanyakan teman pengusaha yang saya tanyakan kemudian menjawab “pembeli nilai”. Nah hal ini saya coba bahas karena di era digital seperti sekarang ini kita sudah bisa dengan mudah memilih dan memilah calon pembeli berdasarkan kebiasaannya.

Sebagai contoh, menurut Anda dari dua orang pengunjung blog Anda mana yang lebih berpeluang untuk closing dan lebih mudah diarahkan untuk closing, Orang yang sudah membaca puluhan artikel di blog bisnis Anda, atau orang yang hanya baru baca 2 artikel di blog bisnis Anda?

Tentu saja orang yang sudah bolak-balik keluar masuk blog bisnis kita bukan? karena orang ini sudah lebih banyak mengetahui tentang nilai yang kita tawarkan dalam produk ketimbang pengunjung lainnya yang hanya membaca 2 artikel saja. Kita akan lebih mudah mempengaruhi orang yang sudah tahu betul siapa dan apa bisnis yang kita jalankan, dan semua itu hanya bisa terjadi bila Anda aktif menulis artikel di blog bisnis Anda.

 

5. Kekuatan Tim

Berapa banyak orang yang bekerja di bisnis Anda? Apakah mereka bisa melakukan baca dan tulis?

Banyak yang meragukan bahwa blog bisa berjalan dalam sebuah bisnis, kalaupun aktif dijalankan maka harus mempekerjakan staff khusus untuk mengurusi konten blog. Namun banyak pula yang lupa bahwa karyawan juga memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis, berikan mereka kesempatan untuk maju, dorong mereka untuk terus membaca dan menuliskan apa yang ada di dalam kepalanya sesuai dengan bidang bisnis yang dijalankan.

Saat semua pekerja termasuk Anda sebagai pemilik bisnis mulai meluangkan waktu minimal sebulan sekali untuk menuliskan pengetahuan yang dimiliki, maka bukan hal yang tidak mungkin blog bisnis Anda bisa berjalan dengan baik bahkan secara rutin bisa menghasilkan tulisan yang menginspirasi orang lain dan membuat bisnis Anda semakin memiliki posisi yang terpercaya dalam industri yang Anda geluti.

 

Sekarang tergantung keputusan Anda

Saya sudah memberikan 5 hal yang bisa Anda renungkan dan pikirkan sejenak mengenai keunggulan yang akan Anda dapatkan bila bisnis Anda memiliki sebuah blog dengan artikel yang baik dan mencerahkan. Sekarang lah waktu yang tepat bagi Anda untuk memutuskan apakah 5 kebaikan di atas ingin Anda raih melalui bisnis Anda atau tidak? Anda tidak akan pernah mengetahui hasilnya sebelum mencoba.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *