4 Aplikasi Android Terbaik Untuk Mengembangkan Ide Konten Blog Anda

4 Aplikasi Android Terbaik Untuk Mengembangkan Ide Konten Blog Anda

Untuk menjadi seorang blogger yang efektif, Anda perlu memperbaiki proses Anda dalam menghasilkan ide-ide untuk membuat konten blog Anda. Sementara tulisan yang bagus biasanya bisa didapat dengan membangun strategi konten yang kuat dan juga menggunakan kalender editorial, di saat yang sama Anda bisa bermasalah dengan ide-ide baru yang sangat bagus tapi terlupa begitu saja karena Anda tidak bisa mengingatnya pada saat ingin menulis.

Sayangnya, ide-ide ini datang ketika Anda tidak mengharapkannya yaitu saat naik transportasi umum, berolahraga di gym, atau ketika Anda jauh dari komputer Anda. Akhirnya, Anda tidak akan dapat mencatat ide-ide brilian tersebut dan kemungkinan besar Anda akan melupakannya begitu saja.

Nah inilah saat di mana smartphone android yang Anda miliki bisa digunakan secara optimal. Karena ada banyak aplikasi yang dapat Anda download pada smartphone Anda, selain itu Anda bisa menggunakan beberapa dari aplikasi tersebut tidak hanya untuk merekam, tapi juga untuk riset dan merancangan postingan Anda.

Di bawah ini adalah aplikasi Android terbaik yang dinilai sangat bagus oleh blog-blog teknologi terkenal di luar sana yang dapat Anda gunakan secara efektif untuk menghasilkan ide-ide tulisan di blog. Perhatikan bahwa aplikasi di bawah ini memiliki versi desktop sehingga Anda bisa mengakses ide-ide yang disimpan di smartphone Anda dengan men-download aplikasinya di komputer.

1. Mencari berita dan tren
Aplikasi yang digunakan: Feedly

Ketika menggabungkan teknik newsjacking dan pengkurasian konten ke dalam strategi konten Anda, Anda akan perlu untuk selalu update dengan konten dan berita terbaru yang berkaitan dengan industri dan niche blog Anda dengan mengikuti media lain yang relevan dan memberikan berita terbaik. Namun, mengingat jumlah situs sesuai nantinya sangat banyak, hal tersebut mungkin menjadi sulit bagi Anda untuk mengikuti semuanya.
Apa yang dapat Anda lakukan adalah menyimpan semua berita di satu tempat untuk memudahkan untuk mencari referensi. Feedly dapat melakukan hal ini di ponsel Android Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan dan mengatur RSS feed dari situs berita ke aplikasi Feedly sehingga Anda dapat melihat semua update hanya dari aplikasi dan tidak perlu mengunjungi situs yang berbeda-beda.

2. Mengumpulkan posting untuk digunakan nanti
Aplikasi yang digunakan: Pocket

Setelah Anda menemukan ide baru yang dapat Anda gunakan untuk membuat posting blog baru Anda, Anda mungkin perlu menyimpannya pada smartphone. Anda memang bisa melihat artikel berita langsung pada Feedly, tapi apps tersebut mengharuskan Anda online untuk melihat mereka.

Jika Anda ternyata akan offline dalam waktu dekat atau hanya ingin melihat artikel pada media yang berbeda, Anda bisa menyimpannya ke pocket. Kabar baiknya, Feedly memiliki integrasi dengan pocket sehingga Anda dengan mudah dapat menyimpan artikel Anda di pocket untuk kemudian dilihat lagi. Pun, dengan mengikuti tips menggunakan pocket dalam posting ini, Anda dapat menyimpan artikel berdasarkan batch dan tag artikel untuk lebih mudah dilihat lagi nanti.

3. Merekam catatan dalam bentuk suara
Aplikasi yang digunakan: Tape-a-Talk Voice Recorder

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan mengetikide-ide Anda menggunakan keypads kecil smartphone atau jika fungsi perekam suara di Evernote tidak bisa melakukannya untuk Anda, maka Anda harus mencoba perekam suara Tape-a-Talk sehingga Anda dapat menuangkan ide-ide Anda dalam format suara.
Yang pasti dari kehebatan aplikasi ini adalah bahwa lebih cepat menuangkan ide-ide Anda menjadi suara daripada dengan mengetiknya. Hal ini sangat menguntungkan jika Anda sibuk untuk menjelaskan ide-ide Anda dan berencana untuk menuliskan dan merangkainya kembali dalam bentuk tulisan setelah Anda memiliki waktu.

4. Menata ide-ide yang berdasarkan penelitian dan menyusun tulisan Anda
Aplikasi yang digunakan: Evernote

Selalu menjadi Editor’s Pick di Google Play dan menjadi aplikasi favorit di blog-blog teknologi ternama, Evernote adalah aplikasi yang powerfull dan menjadi “penjaga” produktivitas di ponsel Android Anda. Untuk tujuan menghasilkan ide-ide blog, Anda dapat menyusun isi berita/referensi yang Anda simpan dalam format teks. referensi tersebut dapat disimpan sebagai catatan yang ditaruh dalam notebook yang berbeda-beda supaya lebih mudah dalam mengelompokkan referensi dengan tema yang sama ke dalam satu notebook, sehingga Anda juga dengan mudah bisa mencarinya kembali. Anda juga dapat mengedit file teks seperti menggunakan aplikasi office, yaitu bisa menambahkan gambar, membuat kesimpulan, anotasi, dll.

Selain hal di atas, Anda bahkan dapat membuat rancangan dan garis besar postingan blog Anda secara langsung dengan menggunakan aplikasi ini untuk mempercepat pembuatan konten untuk blog Anda!

Hal yang hebat tentang Evernote adalah bahwa Anda dapat melanjutkan ide-ide Anda pada komputer desktop (jika Anda sudah mendownload-nya di komputer) sehingga Anda tidak harus copy dan paste ide-ide Anda dari satu file ke file lainnya. Dengan cara ini, Anda tidak akan melewatkan apapun dalam pembuatan konten saat menggunakan PC Anda.

Pertanyaan untuk Anda: aplikasi Android apa yang sering Anda gunakan untuk membuat dan menyusun ide-ide konten untuk blog Anda?

One thought on “4 Aplikasi Android Terbaik Untuk Mengembangkan Ide Konten Blog Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *