Windows 7, ringan dan sedap dipandang

windows 7Hari ini adalah hari ke-2 saya menggunakan Operation System terbaru besutan Microsoft yaitu Windows 7. Berbeda dengan versi-versi windows sebelumnya yang pernah saya gunakan, kali ini Windows yang saya gunakan adalah windows aseli alias Genuine… (banana_rock) hehe, ya memang baru kali ini saya menggunakan Windows yang asli, lalu selama ini?? seperti yang sudah Anda duga saya selalu menggunakan yang -sory to say- bajakan, upppsss…

Saya cukup menyadari kesalahan saya, namun gimana lagi berhubung harga windows Asli tidak murah dan saya benar-benar membutuhkannya¬† akhirnya saya “terpaksa” memakai yang versi bajakan tersebut. Tapi Alhamdulillah saya yang memang berniat untuk melepaskan diri dari belenggu software bajakan dipertemukan oleh kawan yang punya lisensi Aseli OS ini dan kebetulan gak terpakai sama dia kemudian saya minta dan dikasih hehehe, lalu ini lah awalnya saya lepas dari belenggu OS bajakan (lebay) dengan memakai Genuine Windows 7.

Cukup sekian pengakuannya menggunakan software bajakan, dan doakan kedepannya samasekali tidak menggunakan yang bajakan (smile). Berikutnya saya kepingin berbagi pengalaman saya selama beberapa hari ini menggunakan Windows teranyar ini, kesan pertama yang saya tangkap ketika menginstall OS ini adalah kemudahan dan kesederhanaan dalam instalasi tidak seperti Windows XP yang sedikit lebih panjang rangkaian instalasinya.

Oh iya saya lupa mengatakan bahwa saya tidak menggunakan Windows Vista, karena setelah saya mencoba menggunakan laptop dan PC teman saya yang menggunakan Vista, saya tidak tertarik sama sekali untuk menggunakan vista baik di laptop maupun PC saya karena luammbaattt-nya minta ampun (karena butuh spesifikasi hardware yang relatif tinggi) dan kompatibilitasnya yang menurut saya cukup menyedihkan.

Oke, lanjut membahas Windows 7. Berhubung saya menginstall Windows 7 ini di dalam PC saya dengan spesifikasi sebagai berikut

  • Prosesor AMD Athlon X2 4400+ dengan kecepatan clock sebesar 2,30 GHz
  • RAM 3Gb
  • Graphic card GeForce 7300GT 512Mb
  • Onboard Sound
  • Dual HDD: WDC 500Gb dan Seagate Barracuda 160Gb

Saya pikir PC saya cukup kuat untuk menjalankan full fitur grafis yang tersedia di Windows 7, dan memang hasilnya..wawww… saya sangat suka dengan themes aero-nya, sangat halus dan begitu nyaman di mata.

Selain fitur grafis yang menjadi perhatian saya adalah Windows Media Center, fitur ini sebetulnya sangat bagus karena mengintegarasikan semua format multimedia mulai dari video, musik, radio dan hiburan lainnya. Namun yang agak aneh adalah ketika saya mencoba memainkan file film yang di dalam foldernya lengkap terdapat file .avi dan .srt (untuk subtitle-nya), ternyata filmnya berjalan dengan baik namun subtitle-nya gak mau keluar dan saya tidak menemukan pengaturan untuk subtitle-nya. Untuk memainkan file musik saya tidak menemukan masalah yang berarti.

Berhubung saya menggunakan Windows 7 versi 64 bit, maka gak semua software bisa masuk walaupun secara teori harusnya software 32bit tetap bisa jalan di 64bit.¬† Oleh karena itu ada beberapa program/games yang tidak bisa dijalankan, namun ketika saya mencoba menginstall game Counter Strike dan ternyata gak bisa dijalankan, kemudian saya mencoba fitur “program compatibility” dan saya set compatibility to Windows XP SP2 akhirnya game CS saya pun bisa dimainkan tanpa ada masalah.

Untuk masalah security tenang aja, walaupun Windows 7 gak secerewet Windows Vista namun level sekuritasnya bahkan lebih baik dari sebelumnya, dan karena masalah kompatibilitas antara software 32bit dan 64bit akhirnya saya tidak bisa menggunakan Symantec Antivirus yang sebelumnya saya gunakan ketika menggunakan Windows XP karena memang dibangun khusus sistem 32bit. Solusinya adalah berpindah ke lain hati, ya saya menggunakan antivirus buatan anak negeri yang cukup tersohor namanya, SmadAV.

Selanjutnya adalah mengenai driver, hebatnya windows 7 ini adalah sejak pertama diinstall windows ini hanya meminta saya untuk mengistall driver untuk onboard sound, selebihnya sudah ada di dalam windows itu sendiri dan hingga tulisan ini dibuat tidak ada masalah apapun pada hardware yang terpasang dan semua bisa digunakan sesuai dengan fungsinya.

Sekian ulasan singkat mengenai Windows 7, semoga bermanfaat dan kalo ada yang mau ditanya silahkan aja ya via komentar… kalo pertanyaannya masih di dalam batas kemampuan saya InsyaAllah akan saya jawab sejelas dan sebisa saya. (drinking) << (temulawak isinya bukan bir(lol))

8 thoughts on “Windows 7, ringan dan sedap dipandang

  1. sayah juga udah pake windows 7 ultimate loh bos (tapi di kantor) *gak mau kalah nyombong dari bos doni – padahal bukan punyanya sendiri* (glasses) (haha)

    yang bos doni bilang bener semua, tuh. windows 7 rocks! (banana_rock)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *