Tweetdeck : Ngetweet Semau Kamu

Memang gak pernah ada larangan untuk tidak ngetweet hal-hal tertentu lewat akun twitter kamu dan memang bukan pembatasan konten di twitter lah yang ingin saya tuliskan saat ini. Melainkan keleluasaan fitur dan kelengkapan fasilitas yang ditawarkan oleh tweetdeck, sebuah twitter client yang punya sedikitnya 3 versi : Desktop (untuk PC atau laptop), iPhone, dan untuk iPad.

Pembaca yang sudah terbiasa menggunakan client ini saya sarankan berhenti membaca sampai di sini karena yang akan saya tuliskan hanya merupakan info-info umum mengenai tweetdeck, yang pastinya user setia tweetdeck boleh jadi sudah “hafal” tanpa membaca tulisan ini. Namun bagi pembaca yang bahkan samasekali belum mengetahui siapa tweetdeck dan seperti apakah wujud dari tweetdeck ini, bolehlah sedikit meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini atas nama perluasan khasanah ilmu dan perluasan wawasan dunia teknologi informasi =)

TweetDeck adalah aplikasi desktop yang dibuat menggunakan teknologi Adobe Flex, dan dapat dijalankan pada setiap komputer setelah kalian menginstall Adobe Air (keliatannya repot, tapi enggak kok karena proses instalasinya cukup beberapa klik dan semua berjalan otomatis). Dari ketiga versi tweetdeck yang paling familiar bagi saya adalah tweetdeck untuk desktop, maklum belum mampu mau menggunakan iPhone ataupun saudara kandungnya yaitu iPad.

Lalu kenapa di judul tulisan ini saya bilang “Ngetweet semau kamu” ?? itu sebetulnya salah satu bentuk ekspresi saya untuk menggambarkan begitu kaya dan lengkapnya fitur tweetdeck, sebetulnya gak hanya akun twitter yang bisa diasosiasikan di tweetdeck melainkan beberapa akun sosial media lain seperti FaceBook, FourSquare, Google Buzz, LinkdeIn dan MySpace. Namun saya lebih senang mengintegrasikan akun twitter dan facebook saja di tweetdeck ini.

Di tweetdeck kamu bisa mengatur dan memasukkan lebih dari satu akun twitter, berhubung saya memiliki beberapa akun twitter yang perlu di-maintain maka tweetdeck merupakan pilihan yang sangat pas bagi saya,selain oleh karena tampilannya yang saya juga sukai. Selain itu ada juga fitur notification yang memberikan tanda bila ada tweet baru yang masuk, dan tentunya dapat kita atur apakah “alarm” tersebut berbunyi ketika ada tweet terbaru dari semua akun yang kita follow atau mungkin hanya berbunyi ketika ada tweet-tweet tertentu yang me-mention kita.

Tweetdeck tampil dalam bentuk kolom-kolom yang didalamnya terdapat tweet-tweet dari akun-akun yang kita follow, juga ada kolom yang menampilkan tweet-tweet yang me-mention akun kita, maupun kolom yang menampilkan aktifitas Direct Message kita. Kolom-kolom ini pun dapat kita atur sedemikian rupa posisinya dan dapat juga kita tambahkan untuk akun-akun twitter kita yang lain, jadi kita bisa menampilkan aktifitas semua akun twitter yang kita miliki, selain itu bukan hanya timeline twitter yang bisa kita tampilkan di kolom-kolom tapi juga akun-akun sosial media lain yg kita miliki seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Berikut adalah sedikit tampilan tweetdeck versi terbaru yaitu v.035:

Untuk merasakan fitur penuhnya silahkan install dan cicipi sendiri, cukup kunjungi halaman ini dan pilih versi yang ingin diinstall, lalu ikuti semua petunjuknya. Selamat menikmati..

Semoga Bermanfaat…

11 thoughts on “Tweetdeck : Ngetweet Semau Kamu

  1. Tweetdeck juga cukup membantu mereka-mereka yang “bekerja” di social media..
    Karena kelebihannya dalam memanage lebih dari satu account yg tentu saja sungguh menguntungkan para pekerja di bidang ini.
    Anyway, nice sharing bro :)

  2. Yang saya suka selain multiuser adalah saya bisa mengamati topik-topik yang saya inginkan dari seluruh tweep di dunia tanpa saya harus menjadi follower mereka. Dan Tweetdeck memfasilitasinya dengan cukup membuat kolom baru saja. Juara!

Leave a Reply