Tips Membeli Kamera DSLR… ~newbie version~

Berhubung saya memiliki sedikit pengalaman dalam membeli kamera DSLR (Digital Single Lense Reflex), maka di sini saya ingin membagikan sedikit pengalaman itu kepada para pembaca sekalian. Sebelum itu perlu saya pertegas lagi bahwasanya tulisan ini dihasilkan oleh seorang newbie yang hanya berdasarkan pengalaman pribadi penulis, jadi bila Anda ingin mendapatkan tips dari yang pro bukan di sini tempatnya.

sebelum saya memutuskan untuk membeli kamera DSLR, yang pertama saya lakukan adalah mencari di internet kamera DSLR apa saja yang sesuai dengan budget saya waktu itu. Jangan dulu batasi diri Anda dengan salah satu merek kamera, biarkan budget Anda yang menyeleksinya. Nah sekarang Anda sudah mendapatkan beberapa jenis kamera dari beberapa merek yang berbeda dengan harga yang relatif sama.

1. cari kamera sesuai budget

Setelah itu cobalah untuk mencari kekurangan dan kelebihan dari masing-masing merek yang Anda dapatkan, contoh: apabila Anda bandingkan antara Canon dengan Olympus, Anda akan mendapatkan informasi bahwa untuk kamera Canon Anda akan lebih mudah dalam mencari aksesorisnya seperti Lens Hood, Lensa, Filter, dll bila dibandingkan apabila Anda memiliki kamera Olympus, karena di Indonesia memang kamera Canon masih lebih banyak digunakan ketimbang Olympus sehingga wajar bila aksesoris Canon lebih mudah dijumpai ketimbang aksesoris Olympus apalagi aksesoris untuk kamera bermerek Pentax.

2. mulai membaca review tentang produk

dengan cara ini diharapkan sebagai calon pembeli Anda menjadi mengerti spesifikasi kamera yang akan Anda beli, dan dengan cara ini pula Anda dapat membandingkan apa yang Anda bisa dapatkan dengan membeli merek X namun tidak Anda dapatkan bila membeli merek Y. bila ada beberapa istilah teknis yang tidak Anda mengerti langsung tanyakan ke teman atau cari via mbah google arti istilah tersebut.

3. datangi pusat-pusat penjualan kamera digital

janganlah terburu-buru dalam membeli kamera digital, ketika pertama kali Anda mendatangi pusat penjualan kamera cobalah hanya sekedar survey harga, kalau perlu menawar kira2 30-40% dibawah harga yang ditawarkan oleh penjual untuk mengetahui harga “net” yang dapat diberikan oleh masing-masing toko. hal ini perlu Anda lakukan agar Anda tidak keblejok dengan harga yang biasanya dengan seenaknya ditawarkan oleh penjual kamera, apalagi kalau Anda diketahui merupakan orang yang benar-benar baru dalam hal DSLR.

4. Carilah produk dengan Garansi resmi

ini juga merupakan hal yang harus Anda perhatikan dalam membeli kamera DSLR merek apapun, hati-hati bila Anda menemukan toko yang menawarkan produk dengan harga miring. Anda perlu menanyakan lebih jauh tentang garansi produk tersebut, jangan sampai Anda membeli produk yang hanya bergaransi toko karena hanya dapat diklaim di toko tempat Anda membeli kamera, sedangkan bila garansi resmi pabrik, maka Anda dapat mengajukan klaim di seluruh jaringan penjualan resmi produk tersebut.

Itulah beberapa pengalaman saya dalam membeli kamera DSLR Canon EOS 1000D milik saya yang menjadi kawan baru dalam mengarungi hidup…lebay mode=ON hehe…

semoga bermanfaat

15 thoughts on “Tips Membeli Kamera DSLR… ~newbie version~

  1. askum mas..
    slm knal..
    ak ni msi pemula d dunia dslr, ak pgn beli dslr kya pyna mu. tp kta tmen q mending beli body second ntar lensa nya baru beli yg baru..emng klo bwt DSLR Canon EOS 1000D lensa nya sekitar hrga brp?trus klo body secong ny hrga brp??
    thx bung..

    • haduh maap nih baru dibalas, lama banget yak, sekali lagi maap…
      ada benernya juga sih,asal Anda bisa mastiin kalo kualitas body second yg Anda beli itu bagus, saran dari saya coba beli dari hobiis, bukan dari profesional, karena waktu pakai hobiis jelas lebih sedikit dan itu berarti kualitasnnya lebih mulus…
      masalah harga coba cek di pasar baru,… atau kalo via online di ekgadgets.com
      thanks kunjungannya…

  2. salam kenal mas,

    menarik sekali artikel ini.
    saya berencana membeli kamera dslr. Sdh melihat2 bbrp online shop, harganya sama semua. Menurut mas, kalau sy ke toko kamera masih bisa mendapatkan harga di bawah ‘price list’ web site? maksud saya bisa sampai >20% bedanya? (untuk yg bergaransi resmi tentunya)

    Thanks before..

  3. menarik artikelnya….saya juga berencana membeli canon eos 1000D
    hari ini..kebetulan beberapa bulan yang lalu kamera 400D hilang…(angry)

    sebelumnya liat2 di online shop,ada yang dikasih harga “PAKET” sih…terus kemarin saya ke pasar baru buat perbandingan harga antara beli satuan dengan harga ‘PAKET’ yang ditawarkan di online shop..
    lupa nama tempatnya,,tapi setelah itung2, lumayan lah….beda 150ribuan…

    nanti saya kasih rincian semuanya dh kalo dah jd beli…
    doakan saya…(worship)
    semoga bisa kurang lg harganya hr ini…(applause)

  4. salam kenal,

    saya pemula…! kepingin sekali beli kamera yg di bahas ini maklum telat mengikuti, trus minta tolong nih cara belinya saya sendiri tinngal di bontang kaltim yg masih hutan, nah di sisni banyak sekali moment2 yang klo di jepret dg kamera bagus pasti gambarnya lebih bagus

    terima kasih atas perhatiannya

    salam,
    martin

  5. @semuanya : makasih yah dah berkungjung kemari…, nah selanjutnya kalo udah pada jadi beli jangan lupa juga tulis pengalamannya di blog masing2 (jika ada), biar berguna juga buat teman2 lain yang baru mau membeli kamera DSLR… (evil_grin)

  6. artikel yang menarik.lam kenal ya.saya lagi bingung ni mau beli kamera DSLR.bagusan mana ya antara Canon 1000D sama Nikon D3000.mohon infonya ya

  7. artikel yang menarik.lam kenal ya.saya lagi bingung ni mau beli kamera DSLR.bagusan mana ya antara Canon 1000D sama Nikon D3000.mohon infonya ya(worship)(worship)(worship)(worship)(worship)(worship)(worship)(worship)

  8. HAI SAYA JUGA NEWBIE AGK TERTINGGAL NI HEHEE
    seperti foto di atas wkt beli kita dpt itu smua?
    ato wkt bli kamera cuman body doank ,entr br bli lensa nya lg?
    thx hehee agk kurng paham soalnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>