Smartphone Pertama dengan Firefox OS

Mozilla sebagai produsen Firefox OS mengumumkan dua smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Firefox OS, yaitu: ZTE Open dan Alcatel One Touch Fire. Namun kedua perangkat tersebut baru tersedia di negara Spanyol tanggal 2 Juli 2013 dan dibanderol sebesar 69 Euro atau sekitar 900 ribuan Rupiah.

Firefox OS yang menjadi pembicaraan hangat di acara Mobile World Congress tahun ini di Barcelona, merupakan sistem operasi berbasis HTML, bersifat opensource yang dapat menjadi alternatif Android khususnya di kelas entry-level. Mozilla berharap bisa menguasai negara-negara Eropa Tengah, Eropa Timur, Asia, dan Amerika Selatan melalui Firefox OS ini. Kebanyakan negara-negara target tersebut saat ini didominasi oleh perangkat Android berharga murah, bahkan di China market share Android mencapai 90%.

sumber gambar: http://wimages.vr-zone.net/2013/07/ZTE-Open-launch-spain-90.jpg

sumber gambar: http://wimages.vr-zone.net/2013/07/ZTE-Open-launch-spain-90.jpg

Sebagai informasi tambahan, ZTE Open ini merupakan smartphone dengan layar 3,5 inchi dengan prosesor Snapdragon 1 GHz, RAM sebesar 256 MB, kamera 3,2 piksel, bluetooth, GPS, dan Wi-Fi. Kemudian Alcatel One Touch Fire memiliki spek yang hampir sama, karena prosesornya saja yang berbeda, yaitu menggunakan prosesor keluaran Qualcomm.

sumber:

http://www.techinasia.com/android-market-share-china-2012/

http://mashable.com/2013/07/01/mozilla-firefox-os-phones

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *