Siapa, Apa, Kapan, dan Bagaimana itu Cinta?? (part 1)

Lagi-lagi sebuah postingan yang sifatnya sentimentil, yah memang itulah yang saat ini sedang terlintas di benak gw yang sempit ini. Entah karena umur yang semakin berkurang atau hanya karena bisikan syetan yang selalu saja membuat manusia terlena, naudzubilahiminzalik…

Oh iya sampe lupa belum gw buka postingannya…

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah SWT, Tiada Dzat pula yang patut kita imani selain Allah SWT…
Salawat Serta Salam senantiasa tercurah pada orang yang paling berpengaruh se-dunia, Rosulullah, Muhammad SAW bin Abdullah yang paling kita cintai dan sayangi


Ditemani oleh lagu-lagu lawasnya Dewa di album Bintang Lima (tau donk how powerfull lirik-lirik cintanya) jadi teringat kisah-kisah cinta masa lalu yang lebih banyak disebut orang-orang sebagai cinta monyet, cintanya anak-anak mau gede yang masih seumur jagung, tapi sumpe deh kisah-kisah lucu nan indah itu gak pernah mati dan pergi dari otak gw.

Tapi di usia yang menuju kepala dua ini, tiba-tiba terbesit pertanyaan yang sama persis dengan judul postingan ini. Oke, mari kita coba bahas satu-persatu yang ngebuat gw selalu bertanya-tanya mengenai sosok sang cinta ini.

SIAPA, ini mungkin pertanyaan yang paling aneh. Masa sih ada pertanyaan “Cinta itu siapa”? Emangnya Cinta itu manusia? Tapi emang karakteristik cinta sebenarnya mirip sama kita manusia. Pertama, cinta itu dilahirkan sama seperti kita tapi bedanya gw gak tau siapa bapak-ibunya “si cinta itu”. Kedua, cinta perlu nutrisi sama kayak manusia perlu makanan yang menghasilkan energi untuk beraktifitas begitu juga cinta memerlukan nutrisi yang menghasilkan komitmen supaya cinta tersebut senantiasa hadir di hati-hati kita, bedanya makanan pada manusia bersifat materil namun nutrisi bagi cinta bersifat ruhaniah dan tak kasat mata. Ketiga, cinta memiliki kecenderungan negatif bila tidak dikendalikan dan itupun yang terdapat pada manusia yang tidak memiliki norma-norma dalam hidupnya. Selanjutnya dapat pembaca temukan sendiri persamaan antara cinta dan manusia berdasarkan pengalaman yang pembaca rasakan masing-masing, agar kita dapat mengetahui siapakah Cinta itu sebenarnya?

APA, sampai sekarang pun gw belum tau persis apa itu yang disebut cinta, sebuah barangkah, sepiring makanankah, ataukah kumpulan perilaku-perilaku aneh yang sering dilakukan manusia pada kondisi yang sering disebut dengan “mabuk cinta”. Ada sebuah artikel ilmiah yang mengatakan bahwa cinta adalah gejala pematangan hormon seksual yang sejalan dengan pertambahan usia manusia, tapi tetep aja gw masih belum yakin apa sih cinta itu sebenarnya.

KAPAN, nah akhirnya sampai juga pertanyaan yang bener-bener biking gw makin bingung, karena gw gak pernah tau kapan gw mulai mencintai seseorang, sejak pandangan pertamakah? Atau pada saat sms balasan pertama,hehehe…. Yang jelas gw masih yakin gak ada seorang pun yang bisa benar-benar sadar ketika cinta datang pada dirinya, sehingga dy bisa tau bahwa cinta telah datang pada dirinya.

BAGAIMANA, sebuah pertanyaan terakhir mengenai cinta yang selalu ada di dalam kepala gw. Akan banyak kalimat pertanyaan yang lahir dari kata “bagaimana”, yang paling sering dipertanyakan adalah, “bagaimana cinta itu bisa datang?”atau “bagaimana mungkin gw bisa cinta sama dia?” dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan seputar cinta yang menggunakan kata “bagaimana”. Mungkin pertanyaan ini begitu popular karena memang cinta adalah sebuah hal yang rumit dan masih terlalu banyak misteri yang belum terungkap mengenai cinta.

Gw sendiri mengenal tiga jenis cinta, dan disusun sesuai prioritas(no.1=prioritas utama) di dalam hidup gw saat ini:
1. Cinta Hakiki/ cinta Ilahi (Unsubstitute)
2. Cinta Keluarga (bapak, ibu, dan adik gw)
3. Cinta lawan jenis (so sweet, but “sometimes” so painful)

Nah yang gw ceritain di atas masih dalam konteks cinta terhadap lawan jenis, lain kali (lebih tepatnya postingan yang akan datang) akan gw coba tulis mengenai jenis cinta yang paling jelas dan gak perlu kita pertanyakan apalagi kita bingungkan kayak gini, dah tau donk cinta apa yang gw maksud…

semoga dapat memberikan manfaat, dan tunggu postingan selanjutnya…=p

Wassalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatuh

Leave a Reply