Sharing: Kapan Saat Kita Menambah Pasukan dalam Bisnis Kita?

Dulu saat afrakids pertama beroperasi, departemen sales isinya cuma satu yaitu tukang bersih-bersih…
Hingga jumlah pcs tertentu masih kuat handle sendirian, namun saat sampai di xxx pcs mulai kewalahan, lalu ada dua pilihan..

Pertama adalah tambah eksekutor sales, biar si tukang bersih-bersih ada yg bantuin. Atau, kedua, yaitu mengevaluasi sistem kerja yg selama ini digunakan.

Kemudian dipilihlah opsi yang kedua, yaitu evaluasi lalu memperbaiki sistem kerjanya, alhamdulillah masih bisa kuat ngelayanin sendirian sampai bertambah sekian pcs perharinya.
Namun rupanya order terus bertambah,sampai akhirnya kewalahan lagi, sampai di sini pertama yg disebut adalah hamdalah kemudian mengevaluasi sekali lagi sistem kerja yg dipakai ternyata sudah tidak ada lagi yg bisa dioptimasi.

kapan menambah pasukan bisnis

source: https://www.flickr.com/photos/lord_dane/

Akhirnya pilihan yang kedua diambil, yaitu menambah pasukan untuk membantu si tukang bersih-bersih melayani order. Di akhir bulan dievaluasi, rupanya kemampuan melayani meningkat menjadi tiga kali lipat. Kok bisa? Nanti akan dibahas di status berikutnya…

Inti dari status ini adalah, sebelum menambah pasukan di dalam bisnismu, evaluasi dulu sistem kerja yg sudah ada, jika sudah optimal sistemnya tp masih kewalahan berarti sudah waktunya menambah pasukan, tp jangan lupa harus disertai dengan target peningkatan kekuatan layanan dr sebelumnya.

@ramadoni
Tukang bersih-bersih afrakids

2 thoughts on “Sharing: Kapan Saat Kita Menambah Pasukan dalam Bisnis Kita?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *