Sharing: Cara Saya Handling Calon Agen yang Datang ke Markas Afrakids

Cuma pengen share pengalaman dua bulan terakhir, gimana handling calon-calon agen yg datang ke markas afrakids.
Awalnya mereka semua kecewa krn pendaftaran agen masih ditutup, tp alhamdulillah atas bantuan Allah bisa pulang sumringah dengan penuh semangat menunggu pendaftaran agen dibuka lagi nanti…

Saya gak punya teori bagaimana handling atau memfollow up calon pelanggan, cuma yg saya tau adalah ketika saya berdiskusi dengan orang lain sy akan merasa sangat senang jika semua ide/gagasan yang ada di kepala saya bisa sampai ke lawan bicara dan mendapatkan feedback yg tulus, meski mendapat kontra gagasan.
Itulah yg akhirnya menjadi perhatian utama saya saat berbicara/diskusi dgn orang lain, termasuk para calon agen yang datang ke markas afrakids dua bulan belakangan.

Pertama saya tanya kemudian mendengarkan apa maksud kedatangan mereka. Setelah itu sy tidak langsung merespon, justru kembali bertanya di mana tempat tinggal dan apa yang mereka pikirkan setelah datang dan melihat markas afrakids yg sedang berantakan ini, hehehe…

handling agen afrakids

sumber: https://www.flickr.com/photos/klearchos/

Selanjutnya, saya meminta maaf dengan tulus dan mengatakan bahwa saat ini masih tutup pendaftaran menjadi agen. diteruskan dengan alasan dan menceritakan awal dimulai afrakids dan apa yang ingin dicapai seluruh keluarga besar afrakids kelak.

Di tengah2 diskusi, biasanya setelah menyampaikan sebuah gagasan kecil mengenai afrakids, beberapa kali saya berikan pertanyaan terbuka ke lawan bicara ” bagaimana menurut mbak/bapak/ibu/mas? ”

Selesai saling menyampaikan dan mendengarkan gagasan mengenai afrakids, pembicaraan saya tutup dengan penjelasan teknis singkat bagaimana jika ingin menjadi orang pertama yg mengetahui informasi saat pendaftaran dibuka lagi nanti,
Kemudian memberikan solusi, bahwa sementara belum bisa menjadi agen, silahkan menjadi reseller dahulu, dan memberikan kontak agen-agen terbaik yg lokasinya paling dekat dengan calon agen ini.

Alhamdulillah, raut wajah semangat di awal pembicaraan yang sempat buyar krn ternyata masih tutup kesempatan menjadi agen, kemudian menjadi menyala-nyala kembali sembari optimis berucap “baik mas doni, saya malah jadi makin semangat mau ikutan jd agen, tp beneran belum bisa jadi agen sekarang ya..?? Hahaha… Becanda mas…”

Semoga cerita debu kain hasil potongan pola kaos di atas ada manfaatnya…

@ramadoni
Tukang bersih-bersih afrakids

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *