Semangat Baru dari #wcjog

Sejak kemarin malam, perhelatan tahunan para pengguna dan pecinta WordPress di Indonesia -WordCamp Indonesia 2013- resmi ditutup. Terhitung 2 hari sejak tanggal 18 Oktober 2013 acara yang bertagar #wcjog ini diselenggarakan dengan jumlah peserta tak kurang dari 200 orang dari penjuru Indonesia.

BW1QO-6IQAA052P

Ini adalah kali ke-4 saya hadir dalam acara WordCamp Indonesia, dan kesemuanya Alhamdulillah menjadikan saya sebagai pelayan bagi para pecinta WordPress yang hadir di acara ini. Entah kenapa saya begitu menggandrungi platform publikasi online ini, dan bagi saya 3-4 hari saya diambil demi terselenggaranya acara ini bukanlah masalah berarti, selama acara ini membawa manfaat yang baik bagi pesertanya yang tidak lain adalah pengguna WordPress juga, sama dengan saya, meski kemungkinan besar ada di tingkat kemahiran yang berbeda dengan saya yang hanya seorang user. Kalaupun ada yang menyebut saya developer, saya pastikan hal tersebut hanya dalam konteks hobi, bukan profesi karena memang saya tidak memiliki kemampuan pemrograman web yang cukup.

Sesi demi sesi terlewati, dan saya menyaksikan sendiri para peserta terlihat begitu antusias menyimak materi-materi dari para pembicara, mulai dari yang bersifat sangat teknis tentang pengembangan WordPress sampai dengan materi yang bahkan agak jauh dari WordPress itu sendiri.

Dari sini saya melihat dan kemudian meyakini bahwa WordPress bukan sekedar tools yang digunakan sebagai platform publikasi online, namun juga memiliki nilai kepedulian yang tinggi untuk saling berbagi dan menyelesaikan persoalan yang ada di masyarakat. Hal ini salahsatunya bisa terlihat dari keseriusan tim Digital Media Development Binus University yang berjuang mati-matian untuk meyakinkan stakeholder kampus supaya binus secara resmi menggunakan platform WordPress di ratusan website kampusnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan konten/informasi yang merupakan “nyawa” dari proses pendidikan itu sendiri.

Banyak juga contoh-contoh lain yang begitu mencerminkan semangat berbagi yang luar biasa dari para pengguna WordPress ini. Jujur saja, pengalaman saya di #wcjog ini membuat saya ingin sekali menularkan semangat berbagi konten, informasi, dan ilmu melalui komunitas WordPress ini ke wilayah kota tempat saya tinggal sejak 2006 silam, Kota Depok. Saya yakin cukup banyak teman-teman di Depok yang menggunakan WordPress sebagai solusi publikasi konten milik mereka, ada yang menggunakan WordPress untuk blog, menyimpan foto-foto hasil jepretan sendiri, hingga untuk memperkenalkan bisnis kecilnya kepada dunia.

Siapapun kamu, entah pengguna pemula WordPress atau bahkan developer brutal WordPress yang tinggal atau punya keterikatan batin khusus dengan Kota Depok dan ingin sama-sama membangun semangat berbagi melalui WordPress, mohon untuk mengisi form berikut untuk selanjutnya kita diskusikan bersama mengenai tujuan berbagi kita ini:

2 thoughts on “Semangat Baru dari #wcjog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *