Selalu Ada Pengalaman Pertama untuk Semuanya

Memang benar begitu adanya, segala sesuatu yang kita lakukan hingga hari ini pasti memiliki momen dimana hal tersebut merupakan hal yang pertama kali kita lakukan di dalam hidup kita. Namun untuk hal-hal kecil seperti membuka mata, bersuara, melangkah, dan hal-hal rutinitas lainnya jarang kita mengetahui kapan tepatnya kita melakukan itu semua untuk yang pertama kalinya.

Itulah yang saya rasakan kemarin, Minggu 14 November 2010, yang merupakan pertama kalinya saya datang ke sebuah event bukan sekedar sebagai pengunjung, peserta, atau bahkan panitia… ya kali ini saya datang sebagi sponsor yang ikut mendukung acara yang berwujud perlombaan pramuka yang bernama Gebyar Ekskul ke-6 SMP Negeri 12 Bekasi.

Bagi seorang pengusaha amatir seperti saya ini, sulit rasanya untuk mensponsori sebuah acara lintas provinsi (Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten) dalam bentuk uang, maklum usia bisnis saya baru setahun lebih satu bulan. Namun saya tak menyerah untuk bisa mensponsori acara ini karena Gugus Depan yang menyelenggarakan acara lomba ini merupakan almamater saya sendiri,hehehe… Akhirnya saya memberikan sponsor dalam bentuk hadiah pembuatan website lengkap dengan hosting dan domainnya yang saya berikan gratis selama setahun untuk 3 pangkalan yaitu pangkalan-pangkalan terbaik tingkat SD, SMP, dan SMA yang mengikuti acara lomba tersebut.

Tercatat 200 lebih regu yang mengikuti acara lomba ini yang datang dari berbagai penjuru, peserta terjauh datang dari wilayah Indramayu, Jawa Barat. Masing-masing regu terdiri atas 10-20 orang, sehingga Anda bisa hitung sendiri berapa banyak orang yang hadir di acara tersebut. Saya pun untuk pertama kalinya datang ke acara ini dan sungguh luar biasa membuat saya ingin kembali bergelut dalam dunia kepramukaan, yah walaupun ketangkasan saya dalam tali-temali tidak sedahsyat waktu saya aktif di pramuka dulu tapi saya sangat berharap ilmu saya di bidang kesehatan dan Teknologi Informasi bisa melengkapi ketangkasan kepramukaan yang dimiliki adik-adik saya di gugus depan saya terdahulu.

Selain sebagai sponsor, saya juga datang ke acara ini sebagai salah satu juri di mata lomba TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), kembali ini merupakan pengalaman pertama bagi saya menjadi juri. Alhamdulillah ternyata tidak hanya sebagai juri saya berperan, karena dalam prosesnya panitia acara (khususnya dalam mata lomba TIK) terlihat tidak siap dan akhirnya membuat saya juga ikut menjadi panitia “dadakan”. sempet juga terucap dalam hati “ini kalo bukan almamater sendiri udah gw tinggal nih acara”, haha… karena yang semula ada di pikiran saya adalah yang namanya juri itu udah tinggal siap menilai, dan tidak perlu lagi melakukan persiapan ini-itu yang lebih bersifat teknis acara.

Namun kemudian membatin dalam diri, “mungkin karena ini mata lomba baru, jadi memang jangan-jangan ini adalah pengalaman panitia dalam menyelenggarakn mata lomba ini.” Untunglah pikiran semacam itu juga terlintas sehingga saya lebih bisa menerima kekurangan-kekurangan dari panitia acara yang tidak lain adalah adik-adik kelas saya sendiri (walaupun bedanya jauh banget =D)

Alhasil saya mengambil kesimpulan bahwa selalu ada pengalaman pertama untuk semuanya, dan kita diharuskan belajar darinya agar di pengalaman-pengalaman berikutnya kita bisa berbuat dengan lebih baik lagi. Berikut link foto-foto acara yang sempat saya ambil gambarnya menggunakan EOS tercinta… =)

6 thoughts on “Selalu Ada Pengalaman Pertama untuk Semuanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *