Sekelumit Tentang Inbound Marketing

Tentu saja bagi para pembaca yang merupakan praktisi marketing online, judul tulisan ini begitu ringan dan membuat Anda tersenyum. Namun karena begitu pentingnya pola pikir inbound marketingini bagi para pebisnis yang baru terjun ke dunia internet, membuat saya ingin sekali menulis tentang  inbound marketing ini ke para pembaca yang belum terlalu memahaminya atau bahkan bisa dibilang awam dan belum pernah mendengarnya sama sekali.

Perhatikan gambar berikut:

sumber gambar: hubspot.com

sumber gambar: hubspot.com

 

Bisa Anda lihat di gambar tersebut bagaimana menarik orang yang tadinya asing terhadap brand kita, agar bisa menjadi pelanggan atau bahkan menjadi promotor dari produk/layanan yang kita tawarkan.

Jadi inbound marketing adalah sebuah metodologi di mana manajemen konten menjadi sebuah kunci kesuksesan dari tercapainya tujuan pemasaran yang dilakukan secara online.

Manajemen konten di sini termasuk bagaimana membuat konten yang baik dan bermanfaat bagi pembaca dan menyebarkan konten yang kita buat kepada orang-orang yang tepat, sehingga pesan yang kita sampaikan bisa diserap optimal dan meningkatkan trust yang berujung pada meningkatnya nilai conversion rate Anda, yang juga berarti meningkatkan angka penjualan.

Pada diagram di atas terlihat ada 4 fase dari inbound marketing, yaitu Attract, Convert, Close, dan Delight. Yuk kita bahas satu-satu:

Attract

Saya yakin Anda sepakat bahwa trafik adalah nyawa dari sebuah website. Namun rupanya hanya sekedar trafik saja tidak cukup bagi Anda. Anda harus mencari dan mendapatkan trafik yang tepat, siapakah trafik yang tepat itu? mereka sering disebut sebagai buyer persona, yaitu semacam pemilahan pembeli/pengungjung sesuai dengan kebutuhan dan karakter mereka, misalnya bila Anda adalah seorang manajer marketing sebuah hotel maka Anda boleh jadi memiliki 5 buyer persona, yaitu: seorang pebisnis independen, seorang pengusaha travel, seorang perencana event, keluarga yang sedang berlibur, dan sepasang kekasih yang sedang mencari tempat untuk acara pernikahan mereka.

Beberapa tools yang dapat digunakan untuk melakukan aktifitas ini adalah blog, social media, optimasi mesin pencari (google dll), dan halaman website bisnis yang Anda gunakan.

 

Convert

Langkah selanjutnya adalah mengkonversi pengunjung yang datang ke website Anda menjadi calon pembeli dengan cara mengumpulkan data mereka, paling tidak alamat emailnya. Data kontak ini merupakan hal yang paling berharga bagi para online marketer, jadi supaya pengunjung website Anda mau memberikan datanya Anda harus memberikan sesuatu untuk mereka misalnya ebook gratis atau konten jenis lainnya yang sesuai dengan karakter dan kebutuhannya.

 

Close

Selamat, Anda sudah berada di jalur yang tepat. Sekarang Anda berhasil menarik pengunjung ke website dan Anda telah memiliki data-data calon pelanggan Anda. Tugas Anda selanjutnya adalah bagaimana menjadikan calon pelanggan Anda tersebut benar-benar menjadi pelanggan Anda. Ada beberapa marketing tools yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah newsletter.

Konten kembali menjadi hal yang penting di sini, Anda dituntut untuk bisa menghasilkan konten secara berkala yang bermanfaat dan berhubungan dengan bisnis Anda. Selanjutnya Anda bisa menyelipkan deskripsi produk atau layanan yang Anda ingin perkenalkan kepada calon pelanggan, jangan lupa untuk meninggalkan data kontak Anda untuk memudahkan calon pelanggan Anda untuk menghubungi kembali saat mereka memerlukan produk/layanan Anda.

 

Delight

Metode Inbound Marketing ini berfokus terhadap penyediaan konten yang bermanfaat bagi pelanggan Anda, tak peduli mereka hanya sekedar pengunjung, calon pelanggan, atau bahkan sudah menjadi pelanggan bisnis Anda saat ini. Uang yang Anda terima dari pelanggan bukan berarti akhir dari usaha marketing yang Anda lakukan, karena inbound marketing ini bersifat terus menerus. Anda harus menjaga pelanggan Anda saat ini dan berusahalah untuk menyenangkan mereka, pelanggan yang bahagia karena baiknya kualitas produk/layanan dan terjaganya hubungan baik kemungkinan besar mereka akan ikut mempromosikan bisnis Anda ke orang-orang di sekitarnya.

 

Semoga bermanfaat.

One thought on “Sekelumit Tentang Inbound Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *