Pengguna Facebook Tak Lagi Bisa Sembunyi

facebook-searchfeaturedFacebook kini telah menghapus fungsi yang bisa membuat penggunanya sembunyi dari hasil pencarian yang dilakukan oleh pengguna lain. Pihak facebook telah resmi merilis pemberitahuan bahwa fitur “Who can look up your Timeline by name?” dihilangkan, fitur inilah yang membuat pengguna facebook menjadi  anonymous dalam fitur pencarian sehingga tidak akan muncul ketika pengguna lain mengetikkan namanya di kotak search.

Sekarang pengguna facebook bisa lari namun tidak bisa bersembunyi, pasalnya penghilangan fitur ini membuat seluruh pengguna facebook akan muncul saat namanya dimasukkan ke dalam kotak search bahkan bila yang melakukan pencarian tersebut adalah seorang stalker sekalipun, sederhananya siapapun yang memasukkan nama Anda ke dalam kotak pencarian di facebook akan menemukan bahwa Anda memiliki akun facebook (bila benar-benar punya).

Alasan pihak facebook mengambil keputusan ini adalah karena fitur keamanan ini membuat facebook terasa aneh bagi banyak penggunanya di saat-saat tertentu.

“Banyak pengguna mengatakan bahwa mereka kebingungan saat mencari orang yang mereka kenal secara personal di kehidupan nyata namun tidak bisa menemukannya di facebook, atau saat ada dua orang yang ada di dalam grup yang sama tidak dapat saling mencari lewat fitur pencarian” jelas seorang juru bicara Facebook. Ditambahkan bahwa pengguna facebook tetap dapat memilah dan memilih kepada siapa konten yang dipost di facebook dapat terlihat, dan tetap dapat membatasi audience yang bisa melihat konten tertentu di timeline-nya.

Dan tentu saja, bila Anda benar-benar ingin tidak ditemukan di facebook, pilihan untuk menghapus akun facebook Anda masih bisa Anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *