Pengetahuan Dasar Halaman Admin WordPress

Bila Anda termasuk orang yang familiar dengan wordpress (selanjutnya akan disebut WP), maka saya sarankan untuk berhenti melanjutkan membaca tulisan ini dan boleh membaca artikel saya lainnya di blog ini, itupun bila masih berkenan. Karena kali ini saya akan mencoba untuk membahas dasar-dasar mengenai wp, yaitu penjelasan singkat mengenai menu-menu yang ada di wp dan sub-sub menunya, dan di postingan ini yang saya bahas adalah wp yang berbahasa Inggris tapi bahasannya pake bahasa Indonesia lho =).

Pertama adalah Dashboard, apa itu dashboard? merupakan tempat sang empunya mengelola website wp-nya, atau bahasa daerahnya itu “back-end”, dan di dashboard ini lah semua pilihan tersedia, mulai dari memasukkan konten baru, editing themes, hingga pengaturan plug-in. Bagaimana kah cara mengaksesnya?? cukup mengetikkan URL www.namadomainanda.com/wp-admin pada browser Anda, lalu masukkan username dan password yang sudah Anda buat sebelumnya di instalasi fantastico maupun softaculous.

Kedua adalah Posts, ini merupakan menu yang berfungsi untuk mengelola konten barupa tulisan yang kita akan atau sudah kita buat. Kita bisa membuat tulisan di submenu “Add New”, dan dapat menambahkan tag baru di “Post Tag”, serta juga dapat menambah kategori untuk mengelompokan tulisan kita di sub menu “Categories”. dan submenu “Edit” untuk mengatur postingan yang sudah kita buat sebelumnya.

Ketiga adalah Media, Menu ini digunakan ketika kita ingin menambahkan file suara, gambar, maupun video. submenu “Library” digunakan untuk mengelola fie-file media yang sebelumnya sudah kita upload, sedangkan submenu “Add New” digunakan untuk meng-upload media yang ingin kita gunakan di website.

Keempat adalah Links, digunakan untuk menambahkan link website atau blog teman Anda yang nanti akan mucul di blogroll dalam website/blog wp Anda. Sama seperti submenu “Add new” dan “Edit” di menu-menu sebelumnya, kedua submenu tersebut juga ada di dalam Menu Links ini dan memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengelola link-link yang sudah ada (untuk submenu edit) dan untuk menambahkan link baru (untuk submenu Add New). Bedanya adalah di Menu ini terdapat Link Category yang digunakan untuk menambahkan atau menghilangkan kategori/kelompok link-link nantinya, sangat berguna untuk memisahkan link-link sesuai dengan kelompoknya.

Kelima adalah Pages, yaitu menu yang digunakan untuk menambah atau menghilangkan halaman statis yang ingin ditampilkan di website/blog Anda. submenunya pun masih memiliki fungsi yang sama dengan menu-menu sebelumnya, yaitu untuk menambahkan dan mengelola halaman yang sudah ada.

Keenam adalah Appearance, menu ini secara umum digunakan untuk mengatur tampilan website yang akan dilihat oleh pengunjung website Anda. Terdiri atas beberapa submenu yaitu:

  • Themes, untuk memilih dan mengaktifkan tema tampilan website/blog yang ingin Anda gunakan.
  • Widgets, untuk menambahkan dan mengatur fitur-fitur yang ingin Anda tampilkan di sidebar (ada di samping kiri atau kanan dari isi website/blog) Anda
  • Editor, untuk mengedit kode .php maupun .css dari themes yang sudah terinstall di dalam website/blog Anda. Saya sarankan bagi para pemula yang tidak menguasai bahasa pemrogaraman web  untuk tidak merubah suatu apapun dalam submenu ini, karena akan sangat mempengaruhi tampilan website/blog Anda.
  • Add New Themes, untuk menambahkan tema ke dalam website/blog Anda. Akan ada dua pilihan untuk menginstal tema disini yaitu install langsung dari direktori themes yang ada di situs wordpress.org atau juga bisa menginstall dengan cara mengupload file .zip themesnya (biasanya didapatkan dengan mendownload dari situs2 penyedia themes wp gratisan)

Ketujuh adalah Plugins, berfungsi untuk mengelola plugins. terdiri dari submenu “Installed” untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan plugins yang terinstal dalam wp Anda, kemudian ada “”Add New” untuk menambahkan plugin baru, dan ada submenu “editor” untuk mengedit kode plugin (butuh pengetahuan mendalam tentang bahasa pemrograman web).

Kedelapan adalah Users, menu ini berfungsi untuk mengelola pengguna website/blog Anda, jadi wp Anda bisa dikelola oleh lebih dari satu orang. Submenu “Authors and Users” akan menampilkan daftar pengguna yang terdaftar di dalam sistem wp Anda, dan sebagai admin Anda dapat mengatur tingkat kewenangan dari pengguna, apakah sebagai Admin, editor, ataupun hanya sebagai kontributor. selain itu ada submenu “Add New” untuk menambahkan pengguna, dan juga ada submenu “Your Profile” untuk meng-edit data-data akun kita sebagai pengguna di dalam website/blog tersebut.

kesembilan adalah Tools, didalamnya terdapat submenu “export” yang sangat berguna bila kita ingin memindahkan isi website/blog yang satu ke instalasi website/blog yang lain, asal keduanya masih berpaltform sama yaitu wp maka submenu ini akan berguna sekali. Selain itu juga ada submenu “import” yang memungkinkan untuk mengimpor database blog kita yang lama. Dan yang terkhir adalah submenu “Upgrade” sangat berguna untuk menjaga instalasi wp Anda tetap uptodate karena di submenu ini kita mengupgrade instalasi wp ke versi yang paling baru secara otomatis, slain itu kita juga bisa mengupgrade versi plugin bila rilis versi terbarunya telah muncul.

yang terakhir adalah menu Setting, di menu ini bannyak sekali pilihannya karena menu ini digunakan untuk mengkonfigurasi keseluruhan website kita, mulai dari pengaturan nama website/blog kita hingga pengaturan teknis plugin yang terinstall di dalam website/blog Anda. Sehingga saya pikir postingan ini akan terlalu panjang bila kita membahasnya detil satu persatu, jadi saya berniat akan membahasnya di tulisan yang berbeda di luar postingan ini.

Mudah-mudahan penjelasan dasar di atas membuat para pembaca justru malah tidak puas dan berusaha mencari informasi lebih dalam lagi, baik di tulisan-tulisan lain dalam blog ini maupun di sumber-sumber lainnya. Dan doakan saya untuk bisa membahas menu-menu di atas satu persatu secara lebih mendetil, terutama bagian menu “Setting” karena di sanalah kunci berhasil tidaknya Anda mengelola website/blog wordpress Anda tercinta..=)

Semoga bermanfaat

Take2hosting.com

6 thoughts on “Pengetahuan Dasar Halaman Admin WordPress

  1. ehehehe… iya pertamax… etapi upgrade2 versi WP kan sebetulnya lewat tool, cuman gak kerasa aja karena biasanya nongol di bgian atas notofikasi untuk upgrade ke versi WP teranyar (glasses)

Leave a Reply