Pengaruh Blog dalam Pemilu 2009 dan Sebaliknya

Pemilu 2009 begitu berpengaruh terhadap berbagai bidang hidupan, namun siapa sangka bahwa ternyata Blog dan Pemilu saling mempengaruhi.

dengan adanya blog, semakin banyak caleg-caleg maupun capres-capres yang aktif mempropagandakan dirinya lewat dunia maya ini yah caranya mungkin mirip sama teman-teman blogger kita yang suka pasang iklan di blognya, yaitu meningkatkan trafik dengan harapan semakin banyak orang yang membaca blognya dan akhirnya terbangun lah image positif, seperti pintar, baik hati, visoner, dan lain-lain.

Blog mulai dilirik oleh kalangan politisi mungkin karena akhir-akhir ini timbul fenomena banyak di beberapa pilkada partai-partai besar kalah oleh partai kecil karena yang menjadi daya tarik masyarakat adalah bukan lagi besarnya atau masifnya propaganda sebuah parpol tapi ke arah sejauh mana calon yang dijagokan parpol itu menari-nari di hati masyarakat luas.

sedangkan pengaruh Pemilu di Blogosphere Indonesia adalah semakin banyaknya blog-blog yang bermunculan dan membawa pesan-pesan politik plus dengan ajakan-ajakan ala politisi, nah tinggal kita lihat saja bersama-sama berapa lama mereka akan tetap ngeblog, semoga gak hanya di masa-masa kampanye saja mereka ngeblog, Istilahnya Habis manis sepah dibuang,… kasihan blog…

tapi semua itu membuktikan bahwa blog telah dipandang sebagai media yang sangat penting untuk menyebarkan informasi, dan mudah-mudahan semakin banyak pula blog-blog yang menyampaikan informasi-informasi berguna dan positif…

2 thoughts on “Pengaruh Blog dalam Pemilu 2009 dan Sebaliknya

  1. Saya sih yakin ga terlalu signifikan terhadap perolehan suara. Karena masyarakat kita yang familier dengan blog prosentasenya sangat kecil. Dan yang saya yakin juga, orang-orang yang biasa nge-blog, relatif orang-orang terdidik, yang 90% saya meyakini sudah punya pilihan. Kecuali anak-anak ABG pendatang baru di dunia maya. Dan mereka pun lebih suka fesbukan dibanding blog.
    Artinya….habis manis sepah dibuang benar-benar akan terjadi, karena memang pengaruhnya tidak signifikan. Kasihan blog ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *