Pantaskah Kamu Masuk Surga ??!!

Pertanyaan ini saya dapatkan dari guru ngaji saya kemarin,

pertanyaan yang menurut saya yang susah-susah gampang jawabnya (perhatikan “susah-susah gampang”, yang berarti lebih banyak susahnya daripada gampangnya). susah karena kalo diinget-inget perbuatan-perbuatan yang udah saya lakuin, kayaknya kok banyakan yang gak benernya dibandingin sama kelakuan baiknya, jadi susah banget dapetin pembenaran bahwa saya sudah “pantas” masuk surga. nah bisa dibilang gampang ngejawabnya kalo saya gak nyari2 pembenaran dan dengan pahit menyatakan bahwa saya belum “pantas” masuk surga (dikira-kira dengan menghisab sendiri track record yang udah dibuat selama hidup).

namun ketika proses berpikir mengenai pantas atau tidaknya saya masuk surga, ternyata ada pertanyaan berikutnya yang semakin seru, yaitu apa sudah benar kalo kita berbuat sesuatu itu didasarkan pada keinginan untuk masuk surga semata?? jjiiiaahhh….. pertanyaan apa lagi ini… dalam hati saya sempat menjawab “yaiyalah, masa berbuat baik mengharap neraka??” dan tanpa sadar perkataan hati itu keluar juga melalui lisan saya yang emang sulit banget ngejaganya, dan sang guru ngaji mendengarnya dan kemudian beliau tersenyum….  hhhmmm, makin bingung lagi, kenapa pula nih orang tersenyum??

beliau mulai memaparkan jawaban yang seharusnya kita katakan sebagai orang muslim bila mendapatkan pertanyaan itu, begini jawaban beliau “sangat aneh kalo kita berbuat baik hanya untuk masuk surga, karena itu merupakan tanda bahwa sebetulnya kita tidak yakin dan percaya sepenuhnya bahwa Allah itu maha adil dan maha bijaksana, dan berarti akan tercipta sebuah sebuah tawar-menawar bila kita berbuat baik hanya karena menginginkan surganya begini contoh tawar menawarnya (Ya Allah berikanlah aku surgaMu, maka akan kuberikan solatku, zakatku, dan puasaku padaMu) masih pantaskah kita disebut orang beriman kalo seperti itu??” wah bener juga perkataan beliau -pikir saya-

maka sudah seyogyanya kita berbuat baik dan menjalankan ibadah bukanlah hanya untuk surga semata, namun kita berbuat apapun di muka bumi ini semata-mata untuk mendapatkan ridho-Nya karena dengan Allah tidak akan mungkin salah menilai apakah kita akan menjadi penghuni surga ataupun neraka bila Dia sudah Ridho dengan semua perbuatan kita. dengan ridho-Nya kita akan mendapatkan yang terbaik untuk diri kita di dunia dan akhirat

-dari yang fakir-

semoga bermanfaat

One thought on “Pantaskah Kamu Masuk Surga ??!!

  1. tapi….bukankah surga juga dah dijanjikan oleh Alloh Mas? Kalo menurutku sih…boleh saja kita berharap sorga, karena memang itu dah dijanjikan. hanya saja memang….kualitas kita ya sebatas itu. Lain kalau yang kita cari adalah keridloan Nya….ya itu kualitas tertinggi dari seorang muslim. Makanya kemudian mengapa Alloh menciptakan Surga tidak satu kelas. tapi bertingkat……..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *