Moeslem Nursing Development , sebuah usaha membangun nilai Islam dalam tubuh Keperawatan

banner-mnd-copyIslam merupakan agama universal yang dapat mengatur segala lingkup kehidupan manusia, tidak hanya dari sisi spiritual Islam juga dapat diterima dalam urusan dunia, itulah mengapa Islam disebut agama yang universal. Namun ternyata konsep ini masih belum merasuk ke dalam jiwa keperawatan di Indonesia, masih terlalu sedikit tindakan-tindakan keperawatan yang memperhatikan nilai-nilai Islam, padahal mayoritas perawat adalah Muslim. Contoh yang paling sederhana adalah bersentuhannya perawat dengan klien lain jenis yang bukan muhrimnya, namun apakah ini menjadi sorotan dan bahasan di tengah-tengah hiruk pikuknya kegiatan akademik perawat??

Mahasiswa FIK UI mencoba untuk kembali mengangkat isu-isu keislaman dalam tindakan keperawatan, ditandai dengan acara-acara keperawatan bernuansa Islam seperti KKI (Kajian Keperawatan Islam) yang dilaksanakan sebanyak 4 kali dalam tiap kepengurusan organisasi FPPI (Forum Pengkajian dan Pengamalan Islam) BEM FIK UI, dengan mendatangkan pembicara-pembicara yang memang ahli dibidangnya.

Selain itu, kegiatan lain yang dilakukan adalah adanya acara simposium yang mendatangkan pembicara-pembicara sesuai tema yang diangkat, dan kali ini (penyelenggaraan MND ke-2) tema yang diangkat adalah “The Power of Herbal” selain itu juga ada acara workshop yang akan mengangkat tema “Deteksi Dini Penyakit sebagai Acuan Pengobatan Herbal”.

Keterangan lebih lanjut silahkan klik di sini

2 thoughts on “Moeslem Nursing Development , sebuah usaha membangun nilai Islam dalam tubuh Keperawatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *