Microblogging Versi Indonesia: Koprol.com

Satu lagi karya anak bangsa yang patut kita beri apresiasi, yah walaupun belum bisa memberikan ide orisinil (karena merupakan hasil adaptasi dari beberapa layanan microblogging luar negeri) namun tetap saja, ide untuk mengadaptasi ini bisa dikatakan brilian dan betul-betul tau untuk memenuhi kebutuhan dan mengambil kesempatan yang ada.

Yaitu Koprol.com, sebuah layanan microblogging lokal aseli karya orang Indonesia. Sudah tau donk prinsip dari microblogging yang membatasi jumlah karakter tulisan ini, yup kita sebagai user diperbolehkan untuk memposting tulisan hanya sebatas 140 karakter sejujurnya sampai sekarang saya belum mengetahui kenapa harus dibatasi seperti ini namun asumsi sementara saya adalah inilah cara membedakan antara blog dengan microblogging (kalo blog gak dibatasi jumlah karakter tulisannya kan).

Sementara ini layanan dari koprol.com baru bisa dinikmati oleh orang-orang yang mendapatkan invitation dari pengguna koprol yang terlebih dulu mendaftar (tentunya juga karena menerima invitation dari pengguna lain), kebijakan ini diambil mungkin karena memang saat ini koprol.com masih dalam fase beta dan sangat membutuhkan kritik dan saran dari pengguna yang menaruh minat tinggi terhadap koprol.com ini, dan saya sendiri mendapatkan invitation dari saudara Dito (salah seorang TIM advance-nya deBlogger).

Menurut saya Koprol.com layak untuk dicoba bagi para pembaca yang sangat hobby microblogging, karena produk lokal ini memadukan Plurk (fitur komentar dan kirim-kirim gambar), Twitter (design minimalis namun elegan), dan Brightkite (penunjuk lokasi keberadaan sang user) belum lagi di koprol.com ini juga ada fitur tambahan lho, yaitu kita bisa memberikan ulasan mengenai tempat yang kita kunjungi saat itu.

Kedepannya penulis berharap koprol.com bisa terus maju dan sukses dengan ide briliannya ini, karena memang ide brilian gak harus benar-benar original tapi bisa juga mengadopsi kesuksesan orang lain dan kita ramu ulang dengan berbagai tambahan yang membuat produk kita memiliki nilai lebih.

Update:

10 pengomentar pertama akan saya kasih invitation untuk menjadi pengguna di koprol.com, gunakan dengan optimal yah… =)

9 thoughts on “Microblogging Versi Indonesia: Koprol.com

    • trims banyak,…
      waw sampe dikomentarin sama sang empunya koprol…
      saya udah liat reviewnya…mantap, lengkap, dahsyat…, masih jauh kalo dibandingin sama review ini, mesti banyak belajar nih saya bikin review… Trims Kang Dod…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *