Meningkatkan Conversion Rate Website Melalui Gambar/Foto (bagian 2)

Tulisan ini merupakan kelanjutan  dari Meningkatkan Conversion Rate Website Melalui Gambar/Foto (bagian 1). Kali ini saya akan menjelaskan poin-poin penting selanjutnya yang membuat gambar/foto bisa meningkatkan conversion rate website Anda. Sebelumnya saya ingin mengingatkan bahwa jangan pernah ragu untuk menuliskan pertanyaan atau sekedar menuliskan opini Anda mengenai tulisan ini di kolom komentar yang ada di bagian paling bawah tulisan ini.

Mari kita mulai:

 

Hindari Menggunakan Stock Photo Murahan

Stock photo apakah yang dimaksud di sini? yaitu foto-foto manusia yang dibuat penuh dengan rekayasa dengan senyum yang tidak natural, lihat contoh di bawah ini:

handshake

Terlihat palsu dan dibuat-buat bukan?

 

Survey yang dilakukan oleh Jakob Nielsen menunjukkan bahwa pengunjung website sangat tertarik dengan adanya gambar/foto, namun mereka hanya benar-benar tertarik dengan foto-foto manusia yang natural dan tidak dibuat-buat seperti contoh di atas.

 

Zoom

Fitur zoom in, atau fitur lup digital sangat membantu untuk menampilkan detil dari produk Anda, terutama produk-produk handmade yang memiliki ornamen tertentu yang mungkin sangat menarik bila diperlihatkan secara detil ke pengunjung website Anda.

zoom

Klik gambar untuk memperbesar

 

Tarik Perhatian Langsung ke Produk

Gambar/Foto juga bisa digunakan untuk menarik perhatian pengunjung website ke produk atau tulisan marketing Anda, perhatikan perbedaan gambar di bawah ini:

sunsilk

Klik gambar untuk memperbesar

Menurut salah satu penelitian yang terkenal mengenai Eyetracking di atas, perbedaan arah mata si model iklan di atas membuat pengunjung yang tadinya hanya sebanyak 6% menjadi 84% melihat produk dan tulisan marketing yang ada di gambar tersebut.

 

Gambar produk pada bagian “pencarian”

Salah satu retailer online perangkat keamanan brickhousesecurity.com melaporkan bahwa gambar yang muncul di fitur pencarian dalam website mereka telah meningkatkan conversion rate , perhatikan gambar berikut:

search

Klik gambar untuk memperbesar

Sekitar 8% dari pembeli mereka menggunakan fitur pencarian di dalam website, dan 25% di antaranya mengklik hasil pencarian (plus gambarnya) yang otomatis muncul. Sehingga meningkatkan 15% dari seluruh total conversion rate fitur pencarian ini.

 

Menggunakan Gambar di Postingan Blog

Saya memang belum menemukan penelitian tentang conversion rate  mengenai hal ini, namun saya meyakini bahwa menggunakan gambar/foto yang berkualitas di blog maka Anda bisa menjual lebih banyak, mengapa?

Gambar meningkatkan “layak baca” tulisan Anda, juga meningkatkan user experience dari orang yang membaca tulisan Anda. Tulisan tanpa gambar terasa sangat membosankan dan akhirnya tulisan Anda tidak dibaca dengan sempurna hingga akhir.

Semakin banyak orang membaca tulisan Anda,maka semakin mereka menyukai Anda, juga semakin mereka percaya kepada Anda. Hal tersebut membuat para pembaca akan semakin jauh masuk ke dalam jalur sales Anda (tidak peduli bentuk jalurnya). Dan bila boleh memberi saran, gunakanlah selalu minimal sebuah gambar dalam tulisan blog Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *