Mengenal dan Mengetahui Cara Menggunakan RSS di WordPress

Setiap website yang menggunakan WordPress secara otomatis menerbitkan RSS feed, Tahukah Anda apa itu RSS dan bagaimana Anda menggunakannya di WordPress? Dalam tulisan kali ini saya akan mencoba memberikan penjelasan tentang apa itu RSS, keuntungan apa yang kita dapatkan saat menggunakan RSS, bagaimana cara menggunakan RSS pada website WordPress Anda, dan tentunya bagaimana membuat RSS WordPress Anda ke tingkatan selanjutnya.

 

RSS? Rumah Sangat Sederhana? #eh

RSS sendiri merupakan singkatan dari Really Simple Syndication atau ada juga yang menyebut Rich Site Summary, atau banyak juga yang menggunakan istilah feed atau news feed untuk menggantikan istilah RSS. Saya yakin Anda tidak mau melewatkan kabar terbaru dari website favorit Anda dan akhirnya memasukkan website-website favorit tersebut ke dalam bookmark di browser yang kemudian Anda secara manual setiap kali Anda ingin mengetahui kabar terbaru dari website tersebut.

Namun bukankah akan lebih sederhana dan mudah bila Anda bisa meminta ke website favorit tersebut untuk memberi tahu Anda setiap ada tulisan terbaru? Inilah yang dilakukan oleh RSS atau feed, yaitu memungkinkan pengguna untuk terus mendapatkan informasi terbaru tanpa harus secara manual berkunjung ke website tersebut. RSS memungkinkan pemilik website atau penyedia konten untuk melakukan sindikasi otomatis konten mereka sehingga bisa dibuka di e-mail, feed reader, dan/atau perangkat lain.

Tampilan feed ramadoni.com dalam format XML

Tampilan feed ramadoni.com dalam format XML

Pada dasarnya RSS merupakan dokumen XML yang terstruktur meliputi kesimpulan/isi teks lengkap dengan metadata lainnya seperti tanggal tulisan, nama penulis, dan kategori tulisan. Nah RSS yang berupa file XML ini kemudian dapat dibuka oleh “feed reader”, “RSS reader”, ataupun “aggregator” dalam wujud bermacam-macam mulai dari aplikasi web, aplikasi desktop, maupun aplikasi mobile.

 

Keuntungan dari RSS

RSS membuat orang lain lebih mudah untuk berlangganan konten Anda. Dengan menggunakan RSS mereka dapat menerima informasi terkini dari website/blog Anda langsung ke browser (kecuali Google Chrome, yang harus menggunakan ekstensi tambahan), feed readers, aplikasi desktop, dan perangkat lainnya. Orang-orang yang menyukai konten Anda tidak harus mengingat URL web Anda karena mereka bisa membawa konten Anda ke dalam sebuah tempat terpusat yang sering mereka kunjungi dan mereka inginkan, pun konten Anda menjadi portabel bahkan bisa diakses tanpa harus online. RSS juga sangat membantu dalam membangun loyalitas pembaca konten Anda, karena para pelanggan RSS akan lebih suka berbagi kepada orang-orang di sekitarnya tentang konten yang ia terima dari Anda.

Sebagai pembuat konten Anda juga diharuskan banyak membaca, dan dengan menggunakan RSS Anda bisa lebih menghemat waktu Anda untuk menerima konten dari website yang menurut Anda layak dijadikan referensi atas konten yang Anda buat nantinya. Sehingga pada akhirnya juga meningkatkan produktifitas Anda sebagai pembuat konten dan juga membuat konten Anda tidak basi karena selalu mengikuti perkembangan trend yang terjadi saat ini.

 

Cara Menggunakan RSS feeds

Anda bisa berlangganan RSS feeds menggunakan sebuah feed reader, dan saya rekomendasikan Anda untuk menggunakan Feedly. Aplikasi ini tersedia dalam berbagai bentuk seperti  add-on browser serta aplikasi mobile untuk iOS dan Android.

Feedly juga memungkinkan Anda untuk mensinkronisasi RSS langganan Anda di berbagai perangkat yang Anda miliki. Berikut sedikit tampilan dan petunjuk menggunakannya:

berlangganan RSS menggunakan Feedly

berlangganan RSS menggunakan Feedly

langkah memasukkan RSS website favorit Anda

langkah memasukkan RSS website favorit Anda

 

Mempromosikan RSS feed

Sebagai seorang pengguna WordPress, konten Anda sudah otomatis ter-publish RSS feed-nya. Anda pun dapat mengajak pengunjung website Anda untuk berlangganan RSS feed dengan menambahkan icon RSS di sidebar atau di lokasi manapun yang menurut Anda strategis dan pantas. Ini yang saya lakukan di ramadoni.com:

Mengajak pengunjung untuk berlangganan konten.

Mengajak pengunjung untuk berlangganan konten.

Anda juga bisa “membakar” RSS feed Anda menggunakan FeedBurner untuk mendapatkan data statistik tambahan terkait dengan RSS Anda.

Saya berharap pembahasan mengenai RSS ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai RSS dan bagaimana menggunakannya di WordPress. Jangan lupa untuk berlangganan RSS ramadoni.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar WordPress for Business, Web Development, dan Social Media Trend yang bermanfaat untuk bisnis Anda.

26 thoughts on “Mengenal dan Mengetahui Cara Menggunakan RSS di WordPress

    • Hai Fajar, makasih ya sudah mampir..
      coba baca lagi di kalimat pembuka tulisan di atas: “Setiap website yang menggunakan WordPress secara otomatis menerbitkan RSS feed”

      Jadi gak perlu dibikin lagi, krn sudah otomatis dibikinkan oleh WordPress Anda… asik kan? 🙂

  1. bro bro, mau tanya dong.

    gimana caranya supaya postingan lama bisa muncul di rss. ane pake app greader di android. dulu postingan lama bisa muncul begitu subscribe, tapi karena ga sengaja unsubscribe dan langganan lagi, kok yg muncul cuman postingan terbarunya doang. kenapa bisa terjadi?

    mohon pencerahannya

    • hhmmm, setau saya sih RSS selalu akan meng-archive tulisan dari awal. kalopun yang muncul hanya sebagian boleh jadi ada settingan tertentu di reader-nya. pakai reader apa mas? feedly juga?

  2. Mas, mau tanya mas, klu link RSS di web kita agar muncul judul dan foto berita ambil link portal lain macamana cara setingannya mas,.
    Klu saya gunakan skrg yg tampil hanya judul berita saja mas,. Saya mau yang tampil judul berita dan fotonya tampil jg mas.
    Mohon petunjuknya mas ? Ths sebelumnya mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *