Lima Hal Super Penting Bagi Seorang Penjual Sukses

sales sukses

sumber gambar: http://blog.connectorsmarketplace.com/

Bagi Anda yang memilih menjadi seorang penjual sebagai bentuk ikhtiar menjemput rizki, haruslah mengoptimalkan ilmu dan pengetahuan mengenai cara yang efektif dan hal-hal penting seputar kegiatan penjualan.

Selain semangat dan keberanian untuk menjual, ada 5 hal super penting yang harus Anda perhatikan dan juga praktikkan dalam kegiatan penjualan Anda. Lima hal ini sebetulnya sudah cukup populer di kalangan teman-teman lain yang bergerak di bidang pemasaran, dan lima hal ini sering disebut dengan 5P, apa itu 5P? yuk kita bahas dari sisi penjualan..

Product

Apakah Anda sudah memahami kelebihan produk yang Anda jual? apakah Anda sudah tahu pesan atau value apa yang terkandung dalam brand produk yang Anda sedang jual saat ini? dan sudahkah Anda memiliki strategi dan cara yang tepat untuk mengkomunikasikan itu semua kepada calon pembeli Anda?

Berarti Anda harus menguasai product knowledge sebelum bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Nah, apabila Anda menemukan kesulitan dalam menghapal semua isi detil product knowledge , tenang saja Anda tidak sendirian.

Begitu banyak penjual yang sukses menjual produk-produknya tanpa menghapal semua product knowledge, Anda cukup fokus pada kelebihan-kelebihan produk, atau hal-hal yang paling sering Anda temukan saat bertemu atau melakukan kontak dengan calon pembeli. Setelah Anda berhasil mengekstrak hal-hal penting yang sering ditanyakan calon pembeli, Anda akan semakin efektif dalam menjelaskan produk kepada calon pembeli.

Price (Harga)

Tidak bisa dipungkiri makin ke sini beban ekonomi yang ditanggung oleh masing-masing individu semakin tinggi, hal ini membuat para calon pembeli semakin selektif soal harga. Tidak sedikit pula di antara mereka yang menjadikan harga sebagai parameter utama sebelum mereka memutuskan melakukan pembelian.

Oleh karenanya sebagai seorang penjual, Anda harus berhasil mengubah persepsi calon pembeli yang semula hanya memikirkan harga saja, menjadi calon pembeli yang sadar akan value dan kualitas produk yang Anda tawarkan.

Targetnya adalah membuat calon pembeli Anda pada akhirnya berkata “Gak nyesel saya beli Afrakids, kualitas, value dan pelayanan penjualnya melebihi harganya”

Place and People (Tempat dan Orang)

Bertemu di lokasi dan dengan orang yang tepat merupakan perpaduan yang sangat indah bagi Anda yang ingin mendapatkan deal dan closing yang cepat dan tepat.

Sebagai penjual, tiap hari Anda perlu memiliki rencana akan ke mana dan siapa yang akan ditemui.

Bila Anda berjualan online, berarti Anda harus punya rencana di platform mana Anda akan bertemu pelanggan Anda? di facebook kah, di email kah, di instagram kah atau medium lain yang tepat untuk menjangkau orang-orang tertentu, karena berbeda orang memiliki preferensi aktifitas online yang berbeda. Anda harus bisa mengidentifikasi platform online mana yang digunakan untuk berinteraksi dengan orang yang mana.

Promotion (Promosi)

Banyak sekali pilihan cara promosi yang bisa Anda gunakan untuk meperkenalkan produk, bisnis, bahkan diri Anda sebagai penjualnya.

Sekali lagi, kenalilah target market Anda, sehingga dengan mudah Anda bisa menentukan cara berpromosi seperti apa yang paling efektif.

Produk dengan target market remaja pastilah berbeda cara promosinya dengan produk yang menargetkan para orangtua muda. Begitupun produk yang penggunanya orang dewasa pastilah berbeda cara berpromosinya dengan produk yang digunakan hanya oleh anak-anak.

 

5P inilah yang bisa membantu Anda melejitkan kualitas ikhtiar penjualan Anda, optimalkan dan selalu evaluasi kegiatan penjualan Anda berdasarkan 5 hal di atas, dalam rangka memantaskan diri agar dipercaya oleh Sang Maha Pemberi Rezeki menjadi salah seorang penyalur rezeki dan penebar manfaat terbaik di muka bumi kepada manusia lainnya.

FR
afrakids.com | bangnanachips.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *