iPOS 4.0, Solusi Murah dan Mudah Pencatatan Proses Bisnis untuk UKM

Bisnis yang baik adalah bisnis yang terukur, semakin banyak elemen dalam bisnis kita yang bisa terukur maka akan semakin baik. Mengapa saya bilang baik? karena dengan terukurnya setiap elemen dalam bisnis kita maka akan semakin mudah saat kita melakukan evaluasi bisnis kita sebelum mengambil keputusan yang penting.

Terukurnya sebuah bisnis sangat tergantung dari pencatatan yang dilakukan oleh si pelaku bisnis itu sendiri. Setiap kegiatan atau tahapan proses yang dilakukan harus jelas tercatat, mulai dari proses pembelian, produksi, jumlah stok, sampai ke penjualan dan pengeluaran operasionalnya.

Nah, di era informasi seperti sekarang ini proses pencatatan bisnis menjadi begitu mudah karena banyak sekali software atau sistem yang bisa kita dapatkan (bahkan gratis) untuk membantu kita melakukan pencatatan di setiap tahapan proses bisnis kita. Salah satu software yang masih saya gunakan sejak Afrakids mulai beroperasi adalah iPOS 4.0.

Software iPOS 4.0 ini saya gunakan untuk mencatat kondisi stok, list member/agen penjualan, dan proses penjualan yang dilakukan oleh Afrakids. Software ini memiliki fitur yang cukup lengkap bagi saya yang menggunakan sistem penjualan keagenan, walau belum sempurna dan tidak semua kebutuhan saya bisa diakomodir oleh software ini tapi dengan harga yang relatif murah menjadi sangat pantas bagi Anda untuk dipertimbangkan sebagai salah satu solusi pencatatan bisnis Anda, terutama untuk mencatat proses penjualan Anda.

ipos 4.0 create product

menambahkan produk baru di iPOS 4.0

Fitur yang paling saya suka dalam software ini adalah kemampuannya untuk digunakan di banyak komputer namun tetap menggunakan satu database, hal ini penting bagi Anda yang memiliki lebih dari satu orang admin yang bertugas melayani penjualan ke pelanggan Anda. Selain itu kekuatan software ini menghandle banyak produk juga cukup baik, sebagai gambaran saja saat ini Afrakids memiliki 40 desain dengan 5 variasi ukuran, jadi total ada 200 item.

Kelemahan software ini ada pada ketidakmampuannya menghitung diskon bagi Anda yang berjualan dengan sistem diskon untuk setiap nilai invoice tertentu secara otomatis, karena iPOS 4.0 ini hanya memiliki fitur diskon per item dan per kelompok pelanggan. Namun hal ini menjadi kelebihan jika bisnis Anda menggunakan sistem diskon tetap untuk level pelanggan tertentu, atau jika Anda ingin memberikan diskon lebih untuk item-item tertentu saja.

Saya membeli program ini di teman saya, beliau cukup kooperatif menjawab bila ada yang saya kurang paham di software ini dan dengan cepat merespon bila ada kesulitan-kesulitan yang saya hadapi di awal-awal menggunakan software ini.

Saran saya, bagi Anda pemilik UKM yang memiliki budget agak terbatas untuk urusan pencatatan bisa mulai mempertimbangkan menggunakan software murah meriah ini, bayangkan saja hanya cukup dengan Rp. 300.000 rupiah saja Anda sudah bisa menggunakan software ini di tiga komputer yang berbeda.

Semoga bermanfaat untuk bisnis Anda. ­čÖé

One thought on “iPOS 4.0, Solusi Murah dan Mudah Pencatatan Proses Bisnis untuk UKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *