Hati-hati ketika Upgrade ke WP 2.8

wp-logoAlhamdulillah akhirnya blog ini bisa berjalan dengan baik dan semestinya,  karena beberapa saat yang lalu setelah blog ini diupgrade ke wordpress versi 2.8 tiba-tiba blog ini tidak memiliki tombol “publish” dan semua fasilitas yang ada di kolom sebelah kanan pada halaman dashboard. saya sempat kaget dan panik, namun untungnya masih tetap memiliki inisiatif untuk konsultasi ke orang yang saya anggap memiliki pengetahuan yang lebih baik mengenai wordpress daripada saya.

orang yang pertama saya hubungi dan kebetulan sedang online YM-nya adalah Ilman, kemudian saya memberikan akses masuk ke dashboard blog saya untuk melihat situasi dan kondisi yang ada pada blog saya. Namun ternyata saudara Ilman belum mengetahui persis penyebab masalah ini dan belum dapat membantu memecahkannya karena kebetulan dia juga belum pernah menggunakan WP 2.8 yang masih merupakan barang baru.

tidak menyerah begitu saja, saya mencoba menghubungi senior saya Mas Valent Mustamin yang jauh lebih berpengalaman mengenai wordpress. dan menurut beliau ini merupakan kasus yang aneh karena secara umum upgrade dari WP 2.7 ke WP 2.8 tidak mengalami masalah apapun. Lalu tidak lama setelah itu Mas Valent mengatakan bahwa masalah ini mungkin ditentukan oleh beberapa hal yaitu:

  1. theme yang tidak kompatibel
  2. masalah dibagian core yang tidak sempurna terdownload ke blog ini
  3. plug in yang belum kompatibel terhadap WP 2.8

lalu setelah was valent memberikan sebuah link yang kurang lebih menceritakan tentang prosedur untuk mengetahui sumber masalah dalam proses upgrade ke WP 2.8, saya langsung menuju bagian plugin dan men”deactivate” semua plug in yang ada, dan Alhamdulliah kolom kanan yang tadinya sempat hilang kini sudah kembali sehingga saya dapat mempublish tulisan ini dengan mengklik tombol “publish” yang sebelumnya juga ikut menghilang.

2 thoughts on “Hati-hati ketika Upgrade ke WP 2.8

  1. Berarti point terpenting sebelum melakukan upgrade ke versi terbaru adalah cek dan ricek apakah theme dan plugin yang kita gunakan sudah kompatible atau belum ya?
    Thx u untuk infonya 😉

    • betul sekali mas Dito…
      dan info tambahan, plug-in yg bermasalah di blog saya ini adalah “myadsense” akhirnya pkai plug in alternatif lain untuk nempel adsense…
      sama2 mas, senang bisa memberikan info yg sedikit berguna untuk orang lain…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *