Blog Bisnis yang Sukses

Salah satu hal termudah untuk membuat konten online adalah dengan membuat sebuah blog perusahaan. Blogging merupakan cara dan media yang sangat baik untuk menyampaikan pesan perusahaan dan memberikan konten yang relevan kepada pelanggan Anda saat ini. Selain itu blogging juga bisa mendukung SEO website perusahaan Anda dan menarik pelanggan baru yang potensial. Tapi bagaimanapun, blogging tidak bisa Anda sepelekan, karena Anda harus secara konsisten menghasilkan konten yang segar dan menarik secara kontinyu.

Seperti alat pemasaran yang lain, blogging bertujuan untuk menyebarluaskan pesan atau opini Anda kepada publik. Tujuan akhirnya adalah untuk membangun hubungan antara Anda dan calon pelanggan Anda supaya mereka melihat Anda sebagai sumber yang terpercaya lalu kemudian akan mengenali brand Anda sebagai solusi kebutuhannya di masa mendatang, pun mereka akan merekomendasikan brand Anda kepada orang-orang di sekitarnya saat ada yang membutuhkan.

Seperti yang saya sampaikan di paragraf pertama bahwa blogging itu menantang saat Anda dituntut untuk membuat konten yang segar dan menarik, berikut beberapa langkah yang bisa membuat blog bisnis Anda berjalan sesuai dengan apa yang Anda inginkan yaitu menarik calon pelanggan baru yang potensial bagi bisnis Anda:

Ketahui Pelanggan Anda

Sebelum Anda mulai menulis, ketahui dulu siapa pembaca Anda. Sudah menjadi keharusan bahwa artikel yang Anda tulis mengandung manfaat bagi pelanggan Anda. Mulailah melakukan penelitian dan pencarian keyword yang banyak dicari oleh pelanggan Anda, bisa menggunakan tools SEO yang biasa Anda gunakan atau bisa juga berdasarkan riset pasar yang Anda atau tim Anda lakukan sendiri.

Mengetahui apa yang pelanggan Anda inginkan sangatlah membantu Anda untuk memutuskan tulisan macam apa yang akan Anda buat, namun bila hal di atas tidak juga memberikan petunjuk Anda juga bisa mulai memosisikan diri Anda seolah-olah sebagai pelanggan. Kira-kira pertanyaan apa yang akan mereka tujukan kepada Anda? atau apa yang telah mereka tanyakan kepada Anda selama ini? Jenis tulisan yang muncul dari pertanyaan-pertanyaan di atas kemungkinan besar akan membuat pelanggan Anda tahu bahwa Anda sangat memperhatikan kepentingan mereka dan Anda berusaha keras untuk memenuhinya, inilah yang menjadi bekal kepercayaan yang lebih dalam dari pelanggan terhadap bisnis Anda.

Jadilah “mercusuar”

sumber gambar : http://www.flickr.com/photos/adi_su/7747143590/

sumber gambar : http://www.flickr.com/photos/adi_su/7747143590/

Seni dari kegiatan blogging adalah Anda bisa melakukannya saat ini juga atau yang lebih dikenal dengan istilah realtime. Apabila ada sebuah isu yang cukup besar terjadi di masyarakat dan itu berhubungan dengan pelanggan atau calon pelanggan, Anda bisa memasukkannya ke dalam tulisan blog Anda atau sekedar beropini tentang isu yang ada supaya trafik banyak masuk ke website Anda, karena pada saat itu juga kemungkinan besar banyak orang yang mencari tulisan yang membahas isu hangat tersebut di mesin-mesin pencari seperti google dan yang lain. Sebagai informasi, semua blogger handal akan senantiasa menjadi “mercusuar” dalam topik-topik yang berhubungan dengan blognya, dan mereka akan aktif merespon dengan cepat setiap fenomena yang terjadi.

Manfaatkan Tenaga Ahli

Pembaca blog biasanya lebih menyukai tulisan yang berisi ide-ide aplikatif yang berguna bagi kepentingannya, dan seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa Anda harus menyediakan konten berdasarkan kebutuhan pembaca/pelanggan Anda. Tapi masalahnya adalah kebanyakan orang hanya ahli di bidang-bidang tertentu saja, dan bagaimana bila kebutuhan pembaca/pelanggan Anda di luar bidang yang saat ini Anda kuasai? jawabannya sangat mudah, datangi ahlinya dan minta pendapatnya mengenai hal-hal yang Anda tidak kuasai (bisa dengan pertemuan langsung atau wawancara via email). Anda harus bisa memposisikan diri sebagai separuh jurnalis dan separuh mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir, jangan malu untuk menanyakan hal-hal tertentu kepada ahlinya dan tuliskan kutipan hasil wawancara Anda tersebut dalam tulisan blog Anda.

Penggunaan informasi semacam ini tidak hanya meningkatkan nilai konten yang Anda buat, tapi juga menghadirkan perspektif lain yang menarik kepada pembaca/pelanggan Anda.

Variasikan Topiknya

Sepintas terlihat sebuah blog seharusnya berfokus pada area-area tertentu, namun Anda juga seharusnya tidak terlalu kaku hanya menulis di bidang-bidang tertentu. Anda bisa menuliskan hal lain yang entah bagaimana caranya masih berhubungan dengan fokus utama blog bisnis Anda. Blog yang memiliki spektrum pembahasan lebih luas biasanya juga menarik pembaca lebih banyak, nah karena tujuan utama Anda membuat blog bisnis ini adalah untuk membuat bisnis Anda sebagai pilihan utama saat calon pelanggan membutuhkan sebuah produk, maka cara memvariasikan topik ini akan semakin banyak membuka pintu-pintu yang bisa dimasuki oleh calon-calon pelanggan potensial bagi bisnis Anda.

Berjualanlah di Tempat Lain

Pembaca datang ke blog bisnis Anda untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan tertentu, bukan untuk melihat Anda Hard Selling di blog bisnis Anda. Orang-orang suka untuk membeli tapi mereka sangat benci dijadikan subjek penjualan. Dan di saat yang sama, mereka sangat suka belajar dan diajari, oleh karena itu tempatkan lah penjualan langsung Anda di bagian lain dalam website Anda. Pengunjung website sebenarnya paham maksud dari keberadaan blog bisnis Anda adalah supaya  mereka membeli atau melakukan order kepada Anda, tapi bagaimana pun semua ini adalah permainan yang bernama “taktik dan strategi”. Hal ini harus Anda pahami supaya pembaca konten Anda bersedia untuk terus menyimak konten-konten yang Anda buat hingga tiba waktunya mereka melakukan transaksi bersama bisnis Anda.

 

Blogging merupakan media yang sangat efektif untuk mendapatkan audiens yang banyak dengan cara yang elegan dan cerdas, juga sangat membantu dalam membangun hubungan dengan calon-calon klien potensial dan menarik semakin banyak trafik ke website bisnis Anda. TAPI, memang cukup besar tantangannya untuk membuat konten yang segar juga bermanfaat secara terus menerus dan konsisten. Gunakan seluruh sumber daya dan upaya Anda untuk membuat semacam perpustakaan yang siap dijadikan referensi konten bagi blog bisnis Anda, jangan lupa juga untuk memperluas cakupan bahasan namun tetap on the track pada fokus bidang bisnis Anda dan satu lagi jangan pernah menggunakan cara hardselling di blog bisnis Anda. Maka yakinlah pembaca blog bisnis Anda akan menjatuhkan pilihannya kepada Anda saat waktu berbelanja tiba.

5 thoughts on “Blog Bisnis yang Sukses

  1. kalo di era Soeharto dulu, mercusuar dikaitkan dengan politiknya Soekarno yang megah dari luar tapi isinya kosong. hehehe.

    sori oot, abisnya gak tau mau komentar apa selain manggut-manggut 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *