Berpromosi Online ala Bhinneka[dot]com

frontpageAda yang tidak tahu tentang Bhinneka.com?? Yup Bhinneka.com merupakan salah satu toko online terbesar Indonesia yang menjual komputer dan aksesorisnya, tulisan ini saya buat untuk melihat bagaimana bhinneka.com mempromosikan produk-produk yang dijualnya dan bagaimana kita bisa menirunya sesuai dengan kebutuhan produk yang ingin kita jual secara online.

Pertanyaan pertama yang paling sering ditanyakan adalah mengapa harus berpromosi secara online, apa sih untungnya?? Pertama adalah, Anda sama seperti berpromosi 24 jam nonstop. Kedua, Anda layaknya superhero yang dapat berada di tempat yang berbeda di waktu yang sama, dan dengan ini efektifitas promosi Anda akan meningkat dengan tajam. Ketiga, Anda tidak perlu menyewa tempat untuk penjualan yang relatif mahal sekarang ini,karena Anda bisa mulai berpromosi online dengan 0 Rupiah (menggunakan blog gratisan). Dan masih banyak lagi, bisa dilihat di sini

Nah sekarang mari kita melihat bagaimana Bhinneka.com berpromosi di media online (website):

Tampilan Situs

bila kita lihat sepintas bhinneka.com tidak terlihat seperti situs penjualan komputer lainnya, di background yang dominan warna hijau terdapat semacam ornamen yang mengingatkan kita kepada batik yang sangat khas menggambarkan Indonesia. Terdapat menu navigasi yang lengkap dengan sub-menu memudahkan pengunjung untuk mengetahui produk mana yang diinginkannya. Selain itu bhinneka.com juga menyediakan pilihan untuk ngebrowse produk yang mereka tawarkan berdasarkan merek dan kategori sehingga lagi-lagi memudahkan pengunjung untuk menentukan barang mana yang mereka butuhkan. Namun ada satu yang menurut penulis agak mengganggu yaitu gambar topeng di sebelah kiri atas, karena membuat header yang berwarna hijau ciamik menjadi terpotong.

secara umum tampilan bhinneka.com tidak mengecewakan dan bahkan cenderung lebih mudah untuk mencari barang yang diinginkan dan tidak membuat bingung seperti yang sering tampak pada toko online.

Fitur yang Cukup Lengkap

Kelengkapan fitur merupakan syarat mutlak bagi sebuah situs toko online untuk meningkatkan pelayanan yang menjadikan sebuah nilai tambah dari situs sejenis. Bila kita lihat di bhinneka.com terdapat fitur-fitur yang cukup membantu pengunjung seperti

  1. Fitur pencari, memudahkan pengunjung untuk menemukan produk yang dibutuhkan (fitur wajib)
  2. Fitur keranjang belanja, yang memperlihatkan produk apa saja yang kita beli di bhinneka.com (fitur wajib)
  3. Fitur chatting, memudahkan untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan sebagai media untuk saling negosiasi harga (fitur tambahan yg sangat berguna)
  4. Fitur Konversi mata uang, sangat berguna untuk menentukan harga produk dalam mata uang asing. (fitur tambahan)

namun satu fitur yang kurang dari bhinneka.com dari situs toko online lainnya yaitu, fitur simulasi yang membuat calon pembeli menjadi lebih mudah mengetahui harga komputer rakitan yang ingin dibeli.

Bahasa Campuran

bila kita perhatikan deskripsi produk di bhinneka.com masih menggunakan dual bahasa, padahal akan lebih baik bila bhinneka.com tersedia dalam dua versi bahasa, dan banyak lho situs yang dual mode bahasanya tapi tidak nyampur jadi satu. Bahasa yang dicampur ini akan membuat pengunjung kurang nyaman, dan membuat beberapa dari mereka kurang mengerti (asumsi tidak semua pengunjung dapat berbahasa Inggris dengan baik) apabila spesifikasi produk hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.

URL yang kurang ramah mesin pencari

nah ini yang perlu kita perhatikan dari bhinneka.com, karena ternyata URL yang digunakan oleh bhinneka.com belum “ramah” kepada mesin pencari seperti google, yahoo, dll. karena URL yang digunakan tidak berdasarkan jenis produk atau kategori produk, sehingga bila kita mencari di google dengan menggunakan nama-nama produk praktis URL dari bhinneka.com tidak akan terindex. JAdi bila pembaca pada suatu saat nanti ingin membuat situs toko online, maka gunakanlah URL yang ‘ramah’ mesin pencari supaya calon pembeli lebih cepat menemukan situs Anda.

Kesimpulan Penulis

Bhinneka.com memang salah satu situs toko online yang perlu dicontoh dalam banyak hal, dan tentu saja masih memiliki beberapa kelemahan yang perlu kita perhatikan di saat kita ingin membangun sebuah situs toko online. Namun di luar itu semua yang lebih penting adalah pemanfaatan kepercayaan pembeli yang datang kepada kita sebagai penjual, karena sebagus apapun situsnya bila pelayanan Anda dalam menindaklanjuti pembelian dan mungkin dalam menanggapi keluhan pembeli di kemudian hari kurang memuaskan, maka jangan salahkan bila tidak ada satu orang pun yang kembali ke tempat Anda, atau bahkan mungkin menyebarkan ketidakpuasannya berurusan dengan usaha Anda.

untuk informasi sejenis Anda dapat mengunjungi situs berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *