Belajar SEO dari Nol Lagi

Jadi ceritanya mulai dua pekan kemarin saya lagi agak-agak serius untuk belajar tentang SEO lagi dari awal.

Kelihatannya dulu sempat jago gitu ya kalau baca kalimat di atas? padahal gak pernah jago untuk urusan SEO, ya dulu sih emang pernah belajar dikit tentang SEO namun karena sesuatu dan lain hal jadi terhenti aktifitas tersebut. Tapi sejak dua pekan lalu saya coba belajar lagi tentang SEO dari awal, belajar lagi pengertian apa itu backlink, anchor text, page authority, dll.

belajar seo

Yang membuat saya takjub adalah, rupanya SEO sudah berubah jauh dari apa yang saya pelajari terakhir kali beberapa tahun lalu. Apalagi di era hummingbird sekarang, rupanya konten sangat berperan penting bagi mesin pencari google untuk memetakan apakah website tertentu layak ditampilkan di halaman satu.

Sangat terasa memang era hummingbird ini, seingat saya beberapa tahun lalu blog ramadoni.com ini tidak pernah yang namanya nangkring di halaman satu google, karena memang saya gak pernah memperhatikan urusan SEO baik onpage maupun offpage nya. Yang saya lakukan waktu itu hanya mengisi konten terus menerus yang menurut saya menarik dan bisa sedikit memberi manfaat kepada para pembaca blog ini ataupun hanya sekedar mencatat ilmu-ilmu baru yang saya dapatkan tanpa mengharapkan posisi di halaman satu google. Namun setelah era hummingbird rupanya blog saya ini setelah saya perhatikan statistiknya di google analytics, banyak mendapatkan trafik baru dari google.

Saya heran karena sudah dua tahun belakangan saya agak jarang meng-update blog ini, bagaimana mungkin kedatangan trafik baru dan banyak datang dari google. Setelah saya membuat akun webmaster tools di Google Webmaster Tools , barulah saya tahu bahwa ada beberapa tulisan saya yang nangkring di halaman satu untuk katakunci yang ramai pengunjung.

Yuk menulis dan membuat konten positif yang bermanfaat bagi seluruh pembaca blog kita. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *